Bab XI.PENUTUP..

1.Alhamdulillah Kisah anak desa ini akhirnya dapat juga kuselesaikan pada bulan Pebruari 2007, walaupun terlambat lebih dari 4 bulan dari perkiraan ku semula. Hal ini disebabkan karena sejak bulan Agustus 2006 sampai dengan Nopember 2006’, aku menderita sakit dan tulisan  ini tidak pernah kusentuh lagi.      
 Aku dioperasi 2 kali yakni **tanggal 18 Agustus 2006 dioperasi Hernia dan **Tanggal 9 September 2006 dioperasi Prostat. Disamping itu kesehatanku pada beberapa bulan sesudah operasi belum pulih benar.  Kisah ini mulai kutulis kembali pada bulan Januari 2007.

2. Mudah-mudahan kisah yang kutulis ini akan ada manfaatnya terutama bagi anak cucuku serta dapat memberikan gambaran tentang nenek moyangnya dimasa lalu. Disamping itu kisah ini akan dapat pula memacu dan memotivasi anak cucuku untuk terus giat belajar dan berusaha dengan lebih baik, rajin dan tekun karena dizaman mereka nanti persaingan akan semakin ketat dan tajam. Bagi mereka yang tidak mempunyai ilmu, kurang giat dan kurang gigih  dalam bekerja dan berusaha akan tersisihkan. Kita tidak boleh bermalas-malas.

              Ada Filsafat Jepang yang kiranya patut untuk direnungkan:

        ** Orang hidup itu harus makan.
** Untuk dapat makan haruslah bekerja.
       ** Kalau bekerja haruslah menghasilkan.[ jangan asal-asalan]
** Hasil dari kerja itu haruslah lebih besar dari yang diperlukan untuk makan.
       ** Yang makan itu bukan hanya mulut saja, tetapi seluruh Panca Indera kita.
**Mata  ** Telinga. ** Hidung. ** Mulut. ** dan alat perasa dan peraba.

        Sejalan dengan Filsafat orang Jepang ini Filsafat orang Jawapun demikian:

 ** Wong urip harus mangan.
            ** Tapi juga butuh,
                   ** Wismo.[ tempat kediaman, seperti rumah]
                   ** Wanito.[ pendamping hidup.
                   ** Turonggo.[ kendaraan seperti kuda , alat angkutan dll]
                   ** Kukilo. [ hiburang, burung dll]
                   ** Curigo. [ Sebangsa keris untuk keamanan dan keselamatan].
           
3.Setelah Kisah ini selesai kutulis, jika terdapat hal-hal yang penting pada sisa hidup kami akan kucatat pada bagian kegiatan sesudah pensiun atau pada cerita tersendiri.

6 Responses to “Bab XI Penutup”


  1. Khusus untuk anakku Fitriansyah Kertamuda.

    Setahun setelah diluncurkannya Website “The 8th Generations of Kertamuda”, yakni pada tanggal 31 Juli 2006 yang lalu. Alhamdulillah saat ini telah lebih dari 6000 orang yang meng-akses Website tersebut, serta telah berpuluh-puluh tanggapan , komentar serta saran baik dari para sahabat, kenalan dan kawan-kawan maupun dari keturunan Kertamuda sendiri, bahkan ada pula yang tertarik karena dilatar belakangi oleh “ kesamaan daerah, dan kesamaan bahasa” atau karena pernah bertempat tinggal di Kabupaten Lahat atau Kabupaten Muaraenim.
    Mudah-mudahan Website “Kertamuda” ini akan menjadi sarana komunikasi dan sarana silaturahmi, khususnya bagi keturunan Kertamuda khususnya dan umumnya mereka yang berasal dari daerah yang sama, baik yang saat ini sedang berada diperantawan maupun yang masih bermukim di Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara enim dan Sumatera Bagian Selatan pada umumnya.
    Karena Web site ini sifatnya terbuka dan dapat diberi komentar oleh siapa saja yang sempat mampir di pondok “Kertamuda ini”; Insya Allah Website ini akan memberikan manfaat.
    Karena kelompok atau pages dari Website Kertamuda ini dibagi dalam bermacam-macam judul hingga masing-masing judul dapat menjadi sarana komunikasi sesuai dengan materi dari judul tersebut, umpamanya Judul “Desa Pinang belarik”, marga Ujanmas, Kabupaten Muara Enim telah menarik perhatian orang yang pernah tinggal di Desa tersebut atau pernah berasal dari desa tersebut. Demikian pula dengan Desa Arahan, Marga Puntang Suku Merapi, Kabupaten Lahat; cukup menarik bagi kawan-kawan anak-anak yang berasal dan dilahirkan di desa ini yang saat ini telah tersebuar di seluruh Indonesia; hingga mereka membuat bermacam komentar dan tanggapan. Lebih meluas lagi bagian yang memuat Kisah Lahat [1] dan Lahat [2]; banyak yang memberi komentar tentang keindahan Alam Kabupaten Lahat, dengan air terjun sungai lematang, bukit serelo dengan tempat pelatihan gajah, jambatan kebur yang membelah sungai lematang sebelum memasuki kota Lahat, semua itu menjadi bahan tanggapan dan komentar para pengakses Website Kertamuda ini. Begitu pula dengan Sub Thema “Dakwah”, mereka tertarik ingin mengetahui sesuatu tentang yang pernah dibahas dalam salah satu judul dakwah yang kucantumkan. Alhamdulillah.
    .
    Oleh sebab itu pada kesempatan yang baik ini “Bapak ingin mengucapkan terimakasih secara khusus kepada anakku Fitriansyah Kertamuda; karena anandalah yang telah menggagas, merencanakan dan memilih judul “The 8th Generations of Kertamuda” ini serta memasukkan “Kisah Anak Desa ini” pada Website Kertamuda. Alhamdulillah, semuanya telah terlaksana dengan baik, bahkan telah dilengkapi dengan berbagai foto sesuai dengan kisah yang dimuat dalam masing-masing Sub Judul atau pages dari Website Kertamuda tersebut. Dan tanggapan dari para Pengakses Website ini baik melalui telepon atau tulisan telah memuji dan mengagumi dimasukkannya “Kisah anak Desa” ini dalam Website. Sekali lagi Bapak mengucapkan Terimaksih kepada ananda Fitriansyah; Semoga hasil karya ananda ini akan menjadi amal kebaikan bagi ananda, Amiiin”.
    Mudah-mudahan Website “The 8th Generations of Kertamuda ini akan bermanfaat, dan menjadi sarana komunikasi dan silaturahmi yang tepat dan baik.

    Dari Bapak dan Mama.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  2. Fatchiah Kertamuda Says:

    Untuk adinda Fitriansyah Kertamuda,
    Selamat ya..atas kerja yang luar biasa, sehingga web Kertamuda ini menjadi jauh berkembang…dan ternyata sudah dibaca oleh ribuan orang…insyaallah apa yang sudah dilakukan ini menjadi amal ibadah…untuk adinda ryan.
    web ini menjadi tidak hanya menjadi kebanggaan kita sekeluarga tetapi sudah menjadi kebanggaan orang-orang yang merasa kenal dan dekat dengan semua yang ada di web ini. dan insyaallah kita semua mengambil makna dan pelajaran yang berharga dari semua ini. amin

    Dari Fatchiah Kertamuda

  3. Marten Shally Kertamuda Says:

    Untuk adinda Fitriansyah Kertamuda,

    Kami mengucapkan terimakasih yang luar biasa kepada adinda,banyak sekali kemajuan yang telah dicapai dari blog ini.mudah-mudahan isi dari semua ini bisa menjadikan inspirasi buat kita untuk dapat terus berkarya…dan harapan kita semua semoga blog ini menjadi ajang silaturahim kita dengan saudara2 kita yang dekat maupun yang jauh …selamat

    Marten Shally Kertamuda
    Email: marshall_kertamuda@yahoo.com
    Hp : 0811218770


  4. Assww,
    Selamat pagi pak Abbas, smoga Bapak & kel sehat2 selalu. Saya Hakim Mulyono dulu anak buah Bapak, saya wkt itu sbg Kep Ktr pos Pangkalpinang wkt Bapak Kawilpos di Palembang. Saya udh pensiun 2 thn yl, dan CBS th 2005, terakhir sbg Sekertaris Perusahaan (Gol IV/e). Cucu saya udah 3 Pak.
    Riwayat Bapak cukup menarik dan bagus sekali utk jadi pelajaran generasi muda khususnya dilingkungan PT Pos Indonesia, kental dgn hal2 yg survive & loyalitas dan disiplin kerja yg tinggi.
    Semoga Bapk & kel tetap sehat selalu, amin.
    Salam,
    (Hakim Mulyono)


  5. Untuk Sd Hakim Mulyono.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Selamat datang di Blog ini dan terimakasih telah mampir dipondok kami the 8th Generations of Kertamuda. Saya masih ingat sekali dengan pak Hakim Mulyono,karena aku pernah memberi saran pada anda mengenai kehidupan berumah tangga. Alhamdulillah saran saya itu sebagian besar telah dilaksanakan. Semoga kita dipenghujung kehidupan kita selalu mendapat perlindung, taufiq dan hidayah dari Allah Swt. Dan akhir hidup kita mendapatkan Khusnul Khotimah. Amiin.
    Wassalam.

    1. hakim mulyono Says:

      Assww…..Yth Pak Abbas …apakabar Pak ? semoga Bapak sehat selalu…saya beberapa kali pernah lihat bapak jalan pagi disekitar daerah Sekejati Kiaracondong Bandung ya Pak…. SEmoga Bpk tetapsehat…amin…Wass. Hakim Mulyono (anak buah Bpk dulu waktu saya jdi Kkp di Pangkapinang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s