Bab X.KEGIATAN SETELAH PENSIUN.

mama bapak

Setelah melaksanakan tugas di Pos dan Telegrap pada Jawatan PTT mulai 01-10-1960, akhirnya saya menjalani bebas tugas pada tanggal 31 Maret 1992 dan selanjutnya menikmati masa pensiun mulai tanggal 1 September 1992. dari Perusahaan UmumPos dan Giro [Pusdiklatpos]  di Bandung,

        Dengan surat Keputusan Direksi Perusahaan Umum Pos dan Giro tanggal 12 Juli 1992 No  20866/Peg/Dirutpos/1992 terhitung mulai tanggal 1 September 1992 saya diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Perusahaan dengan hak mendapat pensiun.

       Dengan surat Keputusan Direksi Perusahaan Umum Pos dan Giro tanggal 4 Januari l993 no 362/Peg/Dirutpos/1993 ditetapkan bahwa : Kpada Abbas Abdullah Hamid K. Bc.Ap. SH , terhitung mulai bulan September 1982 diberikan pensiun pokok sebesar Rp 444.000,- sebulan ditambah dengan  tunjangan dan penghasilan menurut peraturan yang berlaku dan dikurangi dengan potongan yang dikenakan terhadapnya.
Pada keputusan tersebut disertakan pula Daftar riwayat pekerjaan singkat, khusus yang berkaitan dengan masa kerja dan kepangkatan serta data tentang diri dan keluarga sbb :

    Daftar riwayat pekerjaan singkat dari :
H.Abbas A.H.Kertamuda Bc.Ap.SH [ Nippos 936001197], Pembina-Utama muda Perusahaan pada Kantor Pusat Perusahaan Umum Pos dan Giro [ Pusdiklatpos] di Bandung.

1.Nama Dan Nama kecil : H.Abbas Abdullah Hamid Kertamuda, Bc.Ap., Sh, Drs.

2.Tampat dan tanggal Lahir : Palembang 10-08-1936.

3.Tempat dan tanggal menikah: Lahat 31-05-1964.

4.Nama Isteri: Ny.Hj. Wartini binti Keman.

5.Tempat dan tanggal Lahir isteri : Lahati 24-02-1944.

6.Anak-anak dibawah umur 25 tahun :

  1. Fatchiah Ekowati Kertamuda. Lahir 20-03-1968.
  2. Marten Shali Kertamuda. Lahir 10-03-1973.
  3. Fitriansyah Kertamuda. Lahir 21-09-1976.

7.Pangkat terakhir  :  Pembina –Utama-muda Perusahaan golongan IV/c. [Skep Direksipos 10-06-92 no 16504/Peg/Dirutpos]

8.Masa kerja bertugas di Perum Pos dan Giro : 31 Tahun 10 bulan dan 30 hari.

          Pada waktu aku bertugas sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pos dan Giro; tugas utama yang dibebankan padaku oleh Direksi dan Departemen Parpostel ialah:

A.Dalam waktu yang singkat segera menyiapkan kepindahan kampus dan kantor Pusdiklatpos dari jalan Ambon 15 ke Sarijadi , kampus baru.Persiapan yang dilakukan hanya kurang lebih 2 bulan. Kepindahan kampus dari Jalan Ambon ke Sari jadi dilaksanakan bulan September 1990. dengan cukup memuaskan tidak ada hal-hal yang menghalanginya.

B.Untuk selanjutnya harus mengusahakan agar permintaan Departemen Parpostel tentang penyediaan tenaga yang lulus S-1 harus terlaksana dalam waktu 5 tahun. Pada saat aku menjadi Kpusdiklatpos, tenaga yang lulusan S-1 kurang dari 0,6 %. Tenaga lulusan S-1 ini ditargetkan 5 tahun sudah terpenuhi sebesar 2 % mulai tahun 1990 s/d tahun 1995.
Departemen menginstruksikan agar lulusan S-1 minimal 2 % bagi Pos dan Giro sedangkan untuk Telekomunikasi  7 %. Pada waktu itu tenaga lulusan S-1 di Pos dan giro kurang dari 0,6 % sedangkan di Telekomunikasi sudah mencapai 5 %.
      Aku telah memprogramkan untuk memenuhi target 2 % itu melalui 3 jalur:

Pertama : mendidik para lulusan S-1 dari luar dengan dididik selama 1 tahun untuk pengetahuan Postal dan keuangan. Diterimalah para alulusan sarjana dari berbagai jurusan dan dididik selama 1 tahun kemudian diterima dan disesuaikan pangkatnya sebagai lulusan S-1.

Kedua: Memberikan pendidikan lanjutan bagi para lulusan Dikti agar mendapat gelar S-1 dari perguruan tinggi. Oleh sebab itulah kami mengadakan kerjasama dengan Universitas terbuka untuk mendidik para lulusan Dikti  khususnya jurusan ekonomi.

Ketiga: Menyesuaikan pangkat para pegawai yang teah lulus S-1 dengan usaha sendiri di perguruan-perguruan tinggi. Mereka yang sudah lulus S-1 ini diuji dan dididik selama 6 bulan di Pusdiklatpos baru kemudian disesuaikan pangjatnya.

Pada waktu aku meninggalkan Pusdiklatpos karena Pensiun , tenaga lulusan S-1 sudah lebih dari 1,3 %. Dan target selama 5 tahun untuk mencapai 2 % insya- Allah bisa tercapai.
         Pada tahun 1990 telah diadakan rapat untuk kelulusan Dikti Sarjana Angkatan Pertama:
Dalam rapat tersebut dibahas sbb:

        1.Setelah menyelesaikan tugasku sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perum Pos dan Giro tahun 1992. Aku terus diminta untuk menjadi Widiya Iswara di Pusat pendidikan tersebut. Mengajar Hukum , Keuangan dan  Peraturan Dinas lainnya.

       2.Disamping itu sebelum pensiun aku memang telah menyiapkan kegiatan bisnis yaitu membuka mini market di Komplek Sanggar Hurip SK V no 6. Rumah itu khusus kubuat untuk kegiatan usaha setelah habis masa bakti di Pos dan Giro.
 Anakku yang bungsu meminta agar uang biaya kuliahnya dan berbagai keperluan sekolah dibiayai dari hasil usaha tersebut. Katanya kalau dibiayai dari hasil toko itu nilai-nilai ujian jauh lebih baik dari yang lain.

       3.Kegiatan ku dibidang keagamaan dan Dakwa setelah aku pensiun lebih kutekuni lagi, menjadi khotib tetap dibeberapa masjid di Pusdiklatpos Kampus Sarijadi; di Kantor Pusat Pos dan Giro jalan Banda; di tempat kediamanku di Sekejati II , serta dibeberapa Masjid lainnya antara lain masjid Ad-Darur rohmah, masjid di Margahayu Raya, Masjid di Turangga.
         Disamping memberi ceramah di perbagai tempat, akupun terus menulis khususnya yang berkaitan dengan keagamaan dan kisah hidupku sendiri..

          Menjadi Ketua umum Perhimpunan Haji Pos dan Giro tahun 1999 s/d 2002.
Penasehat Perhaji Pos mulai Tahun 2003 s/d kisah ini ditulis tahun 2006.

Pembentukan Perhajipos ini berjalan cukup lama; mulai dirintis pada pertengahan tahun 1995, beberapa kali pertemuan telah diadakan oleh Pemerakasrsa  dan akhirnya terbentuklah  Formatur dengan tugas membentuk calon Pengurus . Pormatur terdiri dari 3 orang yakni: Bapak H.Thoha Sutarman. 2. Bapak H.M.Moechjidin Effendi. Dan 3. K.Subditpegpos , saat itu dipegang oleh Bapak Hendromeseno.

         Pada tanggal 9 april 1996 diadakanlah pertemuan dengan Direksi P.T.Pos Indonesia.
Pada tanggal 4 Juni 1996 diadakanlah musyawarah antara Pemerakarsa dengan para

Jemaah Haji P.T,.Pos Indonesia yang dapat dihubungi. Dalam musyawarah itu berhasil membentuk suatu wadah bersama dengan nama : “Persaudaraan  Haji P.T.Pos Indonesia disingkat Perhajipos, yang wilayah kerjanya meliputi Bandung Raya.Pada waktu itu dibentuklah susunan pengurus PerhajiPos tersebut dengan susunan pengurusnya sbb :

                             I.Penasehat: 1.H.Thoha Soetarman.
                                                 2.H.Muchjidin Effendi.
                                                 3.H.Soewardjo.
                             
                             2.Ketua Umum: H.Abbas AH Kertamuda.
                                               Ketua I.          H.Moch Cholid.
                                               Ketua II         H.M.Ma’mun.

                                             
                             3.. Sekretaris : H.Suwanto.

                             4..Bendahara: H.Soekmana.

                              5.Seksi Dakwa:H.A.Hamid Yusuf.

                              6.Seksi Sosial: H.Burhan dkk.

 

                             TENTANG SAKITKU SESUDAH PENSIUN.

           1. Sejak Januari 2006 aku telah merasakan kurang enak makan, perut agak mual dan rasanya seperti orang ngidam. Keadaan seperti ini berlangsung terus, hingga badanku menyusut.
Aku terus ke dokter Poliklenik Pos Giro di Jalan Jakarta maupun ke poliklinik “Kiara Sehat” di Jln Kiara condong dekat rumahku . Sebab yang kurasakan bukan hanya tidak mau makan dan mau muntah saja, tetapi pinggang sakit, seluruh badanku merasa sakit-dan pegal dan disamping itu aku selalu ingin kencing dan tetapi kencingnya sedikit.

         Bulan juni 2006 nampaknyaa penyakitku tambah parah hampir tiap minggu aku ke Poliklenik Pos Giro di jalan Jakarta.Tapi penyakitku tidak berkurang, Dokter mengatakan penyakitku mungkin batu disaluran kencing. Aku disuruh rontgen BNO di R.S.Islam, setelah di rontgen  tidak nampak adanya batu disaluran kemih.
Menurut hasil pemeriksaan Radiologi BNO di RS Al Islam, pada tanggal 14-06-06, dinyatakan tidak tanpak urolithiasis densitas radioopaq. Dan disarankan agar di USG ginjal, tetapi saran itu kurang diperhatikan oleh Dr Dadang, aku terus saja disuruh meminum obat”KALKURENAL” penghancur batu; keadaanku makin parah.
         Akhirnya isteriku menyuruh, supaya aku diperisksa secara lengkap dirumah sakit yang baik untuk mengetahui apa penyakit yang sebenarnya.

         2.Pada tanggal 16 Agustus 2006, kami pergi ke rumah sakit Santosa di jalan Kebun kawung untuk memeriksakan diri. Aku dinyatakan menderita prostat. Hari itu juga dipasang kateter untuk melanjarkan kencing yang tersendat-sendat.

Tanggal 18/08-06, aku mulai di opname di RS BIH Santosa.
Tanggal 20-08-06 operasi HERNIA, karena ususku terjepit, hingga tidak bisa berak selama 3 hari. Operasi ini merupakan operasai dadakan [ Ceto] karena memang operasi ini tidak direncanakan. Karena yang akan dioperasi adalah prostat, setelah pemeriksaan lengkap dilakukan.
Tanggal 26/08-06 aku diperkenankan pulang ke rumah setelah operasi.
Tanggal 06-09-06 aku diperiksa Beofsi di RS Hasan sadikin, untuk mengetahui apakah pembesaran prostat aku disebabkan oleh tumor ganas atau tidak. Agar langkah-langkah pada operasi prostat nanti tepat.

Tanggal 08-09-06 aku diopname lagi di RS Santosa untuk persiapan operasi Prostat.
Tanggal 09-09-06 aku dioperasi prostat.
Tanggal 12-09-06. aku diperkenankan pulang setelah operasi prostat. 
Tanggal 19-09-06 aku kontrol operas Hernia, hasilnya baik. Tidak ada kelainan apa apa ; kondisi baik.

Tanggal 9-10-06, kontrol pertama untuk operasi prostat, hasilnya baik tetapi PSA –ku masih tinggi yakni 90,9 seharusnya dibawah 4. Hasil yang lain-lain menurut Lab sbb; Ureum 57.  Creatinine. 1,90. Uric Acid    7,4. Leucocyte  100.  Wb Cs 44.  Rb Cs 2.

Tanggal 14-11-06, kontrol kedua untuk operasi kedua, hasilnya, lebih baik dari sebelumnya. PSA 18,25. Sebelumnya 90,9. Hasil selengkapnya  sbb: Leucocyte banyak, seharusnya  1-4/lpb; Cholestrol total  224 seharusnya 200 mks; Ureum 65,5 seharusnya =44 mks; PSA total 18,25 seharusnya ibawah 4.

Tanggal 19-12-06, kontrol ketiga operasi kedua, hasilnya lebih baik lagi; PSA 9,61, sebelumnya 18,25. Termasuk kontrol jantung juga hasilnya lumayan baik tetapi masih tetap meminum obat melebarkan saluran darah, obat mencairkan darah dan pemacu jantung?. Hasil selengkapnya: Leucocyte banyak, seharusnya  1-4/lpb; Cholestrol total  203 seharusnya 200 mks; Ureum 59,9 seharusnya =44 mks; PSA total 9,61 seharusnya ibawah 4. Creatinine 2,0 seharusnya mks 1,3; Uric Acid 7,2 normalnya 7,2;

Tanggal 14-03 2007 Kontrol keempat 3 bulan setelah kontreol ketiga, hasilnya lebih baik lagi; PSA 4,98, sebelumnya 9,61. Termasuk kontrol jantung juga hasil dari ECG : Irama  : sinus; Axis : 33 Atrial Rate : 60 x/mnt; Ventricular Rate : 60 x /mnt. ; P-R Interval : 150 ms; Qrs Interval 74 ms; Q-t Interval 394.  Kesan : Old anterosepto wall infark.
Hasil lengkap pemeriksaan Lab: Leucocyte 14-16, seharusnya  1-4/lpb; Cholestrol total  297 seharusnya 200 mks; Ureum 62,3 seharusnya =44 mks; PSA total 4,98 seharusnya ibawah 4. Creatinine 1,9 seharusnya mks 1,3; Uric Acid 6,6 normalnya 7,2;
         3.Biaya yang dihabiskan untuk operasi pertama sbb:
a. 16-08-06. Biaya pemeriksaan dokter dan Laboraturium.                           Rp  971.152.-
b. 20-08-06. Biaya Rawat jalan.                                                                     Rp  285.000.-
c. Pembelian obat di apotheek.                                                                       Rp.   88.000,-
                                              Jumlah                                                      ———————–
                                                                                                                       Rp 1.344.152,- 
d.Biaya operasi dll mulai 18-08-06 s/d 26-08-06                                             26.197.200,-
                                                                                                                ———————–
                                             Jumlah                                                            Rp  27.541.352,
         4.Biaya operasi kedua sbb:
a.Tanggal 04-9-06. Biaya rawat jalan persiapan operasi ke-II                 Rp        368.200,-
b.Tanggal 06-09-06 Biaya ambulan untuk pemeriksaan ke RSHS                       130.000,-
c. Biaya pemeriksaan Beofsi di RSHS                                                                  750.000,-
                                                                                                              ————————
                                           Jumlah                                                                      1.268.200,-

d.Biaya operasi ke II + Rawat inap mulai 08-09-06 s/d 12-09-06              Rp 17.638.894,-
e.Tanggal 19-09-06. Biaya Kontrol setelah operasi ke II
    Biaya yang dihabiskan untuk operasi kedua ialah sebesar                       Rp.    323.900,-

f. Tanggal 09-10-06. Biaya kontrol ke II setelah opersi ke II.                      Rp 1.083.000,-

g.Tanggal 19-11-06. Biaya kontrol ke III setelah operasi ke II.                   Rp    458.000,-

h. Tanggal 19-12-06.Biaya kontrol ke IV setelah operasi ke II.                  Rp    707.100,-

i.Tanggal  14-03-07. Pemeriksaan Lab dan tanggal; Biaya Lab dibayar
Perusahaan  20-03-07; Pemeriksaan ke Dr RS Santosa  dengan biaya

                           ————————***————————-

 

4 Responses to “Bab X Masa Pensiun”

  1. dodledo Says:

    waduh pak, kok berentetan begitu.
    saya orang bandung yang sedang mencari tahu juga mengenai biaya operasi hernia, karena sedang mencari yang murah (paradigma yang salah tetapi ini karena kepepet).

    setelah lihat biografi bapak, saya takjub. ketika saya mengisi cv yang akan saya kirimkan ke perusahaan selepas saya lulus nanti, saya hanya bisa menunduk.

    sukses selalu pak biografy-nya


  2. Nakanda Dodledo di Bandung.
    Terimaksih telah mengomentari Blog ini, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi anda,
    Wassalam.

  3. sukardi Says:

    aku bace hampir semua kisah pak haji di blog ini sekali lagi aku bilang hebat salud
    aku jeme Prabumenang kecamatan merapi
    SD di Banjarsari sampai Kls IV
    melanjutkan ke Dusun Prabumenang sampai tamat SD tahun 1986
    MTs Merinim Tamat Tahun 1989
    MA Pondok Pesantren Saka Tiga Indralaya OKI Tamat 1994
    IAIN Raden Fatah Tamat 2002
    sekarang Tinggal di Palembang Jl. Di. Panjaitan Lr. Sunia RT. 35 RW 13 Kelurahan Plaju Ulu Kecamatan Plaju HP. 081368609001

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s