XIV. Pindah ke Kota Bandung ke III [1989- sekarang].

Setelah aku bertugas di Semarang selama lebih dari 3 tahun oleh dinas aku dipindahkan ke Kantor Posat Pos dan Giro di Banudng untuk menjabat salah satu Kepala Sub Diroktorat di Kantor Pusat. Kepindahanku ke Bandung ini merupakan kepindahanku yang ke ti kali di Kota bandung.

Berdasarkan Keputusan Direksi Perusahaan Umum Pos dan Giro di Bandung tanggal 20 Juli 1989 No 84/Dirutpos/1989 saya dipindahkan dari Semarang ke Kantor Pusat Perum Pos dan Giro dan ditunjuk sebagai Kepla Sub Diroktorat Operasi Pelayanan Jasa Pos [ K.Subditpos]

Serah terima Jabatan Kepala Daerah Pos dan Giro II di Semarang dilakukan di Kantor Gubernor Jawa Tengah di Jalan Imam Barjo pada tanggal 9 Sepetember 1989. Disaksika oleh Gubernur Jawa Tengah H.Ismail dan Dirupos Ir.Marsudi MP.

Dalam memeri Timbang terima antara aku dengan Bapak Dikdik Suwarya telah kujelaskan bahwa Wilayah kerja Kdpos II Semarang ini meliputi 2 Propensi yakni. Peropinsi Daerah Tingkat I Jawa Tengah dengan ibu kotanya Semarang dan Propinsi Daerah Tingkat I Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ibu kotanya Yogyakarta.

Hampir seluruh kecamatan yang ada di Jawa Tengah yang jumlahnya pada waktu itu 502 buah dan 29 Kabupaten serta 6 kota telah kukunjungi dan bahkan di kota-kota Kabupaten dan kotamadiya aku dan isteri telah menginap diktoa tersebut.

Begitu pula dengan di Daerah istimewa Yogyakarta yang terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 kotamadiya dengan 73 kecamatan telah kukunjungi semua bersama isteri. Dan Di ibu kota kabupaten dan kota saya telah menghianp ditempat tersebut. Hal ini kulaksanakan agar aku dapat memantau dengan baik kebutuhan masyarakt ditempat itu dengan pelayanan Pos dan Giro.

Alahamdulillah selama bertugas di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta tudasku berjalan dengan baik dan boleh dikatakan sangat memuaskan. Pernah pada suatu hari oleh Menteri Parpostel yakni Bapak Soesilo dibuka sebanyak 4o kantor Pos di Seliruh Jawa tengah dan diopusatkan di Patebon [Kendal]Jawa tengah pada tahun 1988. Pembukaan kantor tersebut di[pusdatkan di Patebon karena dekat dengan semarang.

 

Jabatnaku yang baru di Bandung yakni sebagai K.Subditpos ini membawahi 4 kepala bagain yaitu Kepala bagian Surat-suratpos, Kepala bagian Paketpos, Kepala Bagian Giro pos dan Kepala Bagian Weselpos..

Serah terima dilakukan pada tanggal 25 September 1989 dari Pejabat Lama pak H.Kalake kepada saya dan disaksikan oleh Direktur Operasi Pos dan Giro Bapak H.Tho ha Sutarman Bc.Ap./

 

Selama aku menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Jasa Pos yang kalau waktu Kisah ini kutulis disebut General manager Pelayanan Pos, aka cukup sibuk karena disamping tugasku untuk mengkoordiner 4 kepala bagian yang harus sinkrun satu sama lain serta memelihara kelancarannya; juga aku disibukkan dengan berbagai rapat baik di Bandung, Jakarta baik dalam membantu menyusun kebijaksanaan Perusahaan dibidang Jasa Pos maupun dalam menyusn peraturan pelaksaannya. Kami sering rapat dengan Direktur Utama dan para Derektur lainnya sampai malam , bahkan pada hari liburpun kami sering masuk. Pada waktu itu Direktur Utamanya ialah Ir.H.Marsudi MP. Direktur Operasinya Bapak Tho Soetarman. Aku sering sekali sholat diruangan pak Marsudi. Kadang-kadang mulai dari sholat Z

ohor, Ashar, maghrib dan Isya’. Ini berarti bergitu lamanya kami rapat di ruangan rapat Dirut itu. Tetapi alhamdulillah semuanya dapat dijalani dengan baik.

 

Kegiatan bidang pendidikan dan penataran pada waktu aku bertugas di K.Subdit Jasa hampir tidak ada, karena disampingkatnya aku di tempat itu kurang lebih sembilan bulan. Juga karena kesibukan dalam pekerjaanku.

 

Begitu juga dengan kegiatan bidang usaha hampir tidak pernah dilaksanakan karen tidaak ada waktu serta memang tidak diperkenankan bagi Pejabat yang memegang posisi penting.

Tambahan penghasilan memang cukup banyak yakni baik sebagai panitia yang begitu banyak bidangnya, juga karena sering berpergian ke Jakarta dan ke beberapa tempat dengan mendapat uang Jalan dari Perusahaan. Alhamdulillah penghasilan cukup memuaskan.

Pada waktu aku bertugas di Bandung untuk ketigakalinya ini anak-anakku pada umumnya sudah menduduki bangu Perguruan tinggi dan dan yang paling bungsu di SMA

Kalau dulu ketika anaka-anak masui\ih kecil masih di TK-SD dan SMP, hampir semua urusan sekolah ditangani oleh isteri saya sedang saya hanya mendorong dari belakang. Baik yang berkenaan dengan tempat sekolah, mencari kan sekolah dan lain-lain umumnya isteri saya yang menghubungkannya dengan para guru yang bersangkutan, disamping itu anak-anaku mencari sendiri tempat sekolah yang bisa dimasuki dan cocok bagi dirinya.

Sekali lagi aku sangat bersukur pada isteriku yang sangat membantu dan memperhatikan perkembangan anak-anak.

Disamping itu semua anak-anakku disamping belajar secara formal di sekolah-sekloah yang sesuai dengan tingkatannya, seperti di SMP, SMA dan perguruan Tinggi; juga diberika pelajaran Les khususnya mata pelajaran yang akan mendudungnya dalam mencari pekerjaan. Seperti Les Bahasa Inggris, Les Kumputer. Khusus di bindang agama selalu ada guru yang kami undung untuk private les atau guru ngaji. Ini semua yang menanganinya ialah isteri saya.

 

**Kemasyarakatn dan Dakwah.

Kegiatan dakwah pada umunnya mulai kugiatankan pada waktu aku telah menjadi Kepala Pusat Pendidikan danPelatihan di Sari Jadi, karena aku telah dapat mengatur sendiri kebijaksaan dilingkungan tempatku memimpin. Aku mendapat jadwak tetap dalm pembinaan Rohani dan Khotbah di Pusdiklatpos. Semua khotbah dan ceramahku kebuat tertulis sehinga kini tersusun dengan baik apa yang pernah kukhotbahkan tersebut.

Juga kegianatan keagamaan dan kemasyarakatan dilakungan dilingkunganku tinggal, kami membangun masjid bersama-sama sejak aku tinggal di Sekejati dan menjadi penceramah dan pengkhotbah rutin di Masjid tersebut .

 

** Lain-lain.

1.** Menunaikan Ibadah Haji ke –II. Bersama Armina reka Perdana.

[2 Juni 1992 s/d 28 Juni 1992].

 

Pada musim Haji tahun 1992 , setelah aku bebas tugas sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Perum Pos dan Giro, kami sekeluarga menunaikan ibadah haji bagiku dan isteriku ini Z

iarah yang kedua kalinya. Kami melaksanakan ibadah haji kali terdiri dari ibunda Hj.Rakyah binti Wamad, Aku dan isteriku serta anakku Fatchiah.

Memang niak kami berdua dengan isteri kalau aku sudah bebas tugas dari pekerjaanku menjelang pensiun, kami akan menunaikan ibadaha haji dan mengajak serta ibunda kami Rakyah binti Wamad yang belum pernah menunaikan ibadah haji.

Karena ibu kami sudah lanjut usia dan rasanya tidak mungkin untuk melaksanakan ibadah haji dengan ONH biasa karena baik tempat tinggal di Makkah untuk ke Masjidil Haram maupun di Mina untuk melontar di Jumarat cukup jauh dari tempat tinggal. Oleh sebab itulah maka kami pilih ONH Plus.

Kamipun mengajak anak kami Fatchiah E,Kertamuda ikut serta menunaikan ibadah Haji, karena kami telah berniat untuk melanjutkan sekolahnya di Amerika untuk mengabil S-2-nya. Bila telah menunaikan ibadah haji diharapkan keimanannya akan lebih mantap serta akidahnya akan lebih kokoh dan tidak akan mudah tergoyahkan oleh lingkungannya di Amerika.

 

Rombongan kami ikut Bimbingan Haji ONH plus dari Armina Reka Perdana yang beralamat di Jln Penataran no 6 Menteng, Jakarta Pusat. Dan Di Bandung ada perwakilannya yakni di Masjid Istiqomah.

 

Bimbingan Haji Onh plus ini dibawah pimpinan Drs H.Guril Muzakar puteranya Kahar Muzakar dari Sulawisi selatan.Serta Penasehatnya adalah Solihin G.P. mantan Pangdam Siliwangi Jabar. Sedang pembimbing ibadah Haji kami ialah :Drs. H.Alifuddin El Islami dan Dr.H.M.Subki Abdul Kadir. Beliau ini dibantu oleh Team Dr yang terdiri dari. Dr.H.M.Subki Abdul Kadir; Dr.H.Raden Prasaja M.Sc dan istirinya Dr.Anizar Sofian. Sedang rombongan dari Bandung dibantu dipimpin oleh H.Syafullah R. puteranya Bapak K.H. dibantu oleh Ibunya H. Rudiaty Binti Adoeng dan Drs.H.UU Saifuddin ASM sebagai pembimbing ibadah haji.

Rombongan kami sebanyak 204 orang terdiri dari rombongan yang berangkat dari Bandung dan Jakarta. Kedua kelompok rombongan ini berkumpul bersama di Bandara Soekarno Hatta pada hari keberangkatan. Rombongasn kami dari Bandung antara lain ialah Bapak H.Abdullah Himendra beserta isterinya Hj.Maria Suwulan, yang pada waktu Kisah ini ditulis beliau menjabat Rekto Universitas Pajajaran; Keluarga besar Sam Bimbo; Iin Parlina dgn suminya Ir.H.Syahril Anwar, Hj.Lente Melane; Drs.H.Syamsuddin beserta isterinya Hj.Rubaah Samsuddin. H.Sidik Ali beserta isterinya Hj.Nurhainah., Bapak H.Sunaryo Dahlan beserta isterinya; Hj.Ir.Muhammad Burdan M.Sc beserta isterinya. Bapak H.Mas Soelaeman beserta isterinya mantan Kepala Derektorat Pos di Ditjen Postel; Hj.Yani Haryani Solihin Gp; Bapak H.Soemateri ; Bapak H.R.Sowarno Darso Prayitno beserta isterinya Hj.Sri Soemarni yang sangat aktif menghubungi para alumni Haji ONH PLUS PT ARMINA REKA PERDANA ini dan sekali gus sebagai pengurus persatuan mantan Jamaah Haji Armina tahun1992.

Kami berangkat dari Halim Perdana Kusuma Jakarta dengan pesawat Garuda Air Ways, menggunakan berbadan lebar yang memuat 450 orang penumpang pada tanggal 3 Juni 1992 jam 9.30 pagi. Dan kami tiba di King Abdel Aziz Jeddah menjelang fajar tanggal 4 Juni 1992. Kami diantar ke Hotel di Jeddah yakni Hotel Al Alamudy Center and Hotel atau Pondok Alamudi. Setelah beberapa saat kami istirahat di Lobi kami mendapat kamar masing-masing. Soere harinya kami berangkat menuju Makkah untuk tawaf Umroh.

Setelah kami selesai Tawaf kami rencananya akan berangkat lagi ke Jeddah karena kami memang nginapnya di Jeddah, tetapi keberangkatan kami ke Jeddah tertunda disebabkan Ibu Hj.Rodaty binti Adoeng tidak diketemukan, padahal dia adalah salah seorang pembantu pembimbing ibadah haji untuk ibu-ibu. Setelah beberapa lami kami tuggu tidak juga muncul maka kami tinggalkan dan yang menunggunya ialah anakkanya sendiri yakni H.Syaifullah R.

Kami menunggu di Jeddah sampai tanggal 8 Z

ulhijjah yakni waktu untuk berangkat ke Minah. Kesempatan menunggu di Jedah itulah kami menghubungi sanak keluarga yang ada di jedah. Kami bertemu dengan keluarga besar Ibnu Hajar pamankau adik ibuku beserta anak dan cucunya. Juga bertemu dengan keluarga besar Hj.Fauziah anak Arafah adik ibuku; Bertemu pula dengan kakak Fauziah H.Abdul Kadir.

Pada tanggal 8 Zulhijjah bertepatan dengan tanggal 9 Juni 1992 , kami meninggalkan Jeddah mennuju Minah. Kami mendapat pemondokan di Mina demkkat dengan tempat pelemparan Jumroh. Setelah melaksankan ibadah sholat zuhur dan ashar di Mina diteruskan dengan sholat Maghrib dan isa’ di Masjid Khaif kami istirahat. Dan pagi hari tanggal 9 Z

ulhijjah kami berangkat ke Arafah. Sampai di Arafah kurang lebih jam 11.00 waktu setempat. Setelah melaksanakan segala keperluan kami kamipun bersiap siap untuk sholat zuhur dan ashar serta wukuf.

 

Kami memang telah disediakan tenda ber AC oleh Panitia dan kami bercengkarama setelah menunaikan ibadah Sholat maghrib dan isak sambil menikmati makan malam. Bisa tidur-tiduran sejenak di dalam tenda yang tersedia bantal dan ambal yang cukup tebal. Waktu itu tepat tanggal 10 Juni 1992.

Waktu kami akan berangkat dari Arafah kurang lebih jam 21.00 waktu setempat, salah seorang rombongan kami yakni Bpk. Mas Soelaiman atasanku di Pos Giro dulu hilang tidak diketahui rimbanya. Kami tunggu hampar 2 jam, setelah itu kami tinggalkan dengan meninggal petugas untuk mencarinya.

 

Kami berangkat ke Musdalifah, mengabil batu di jalan serta istirahat disana , setelah menunaikan Sholat shubuh kami bersiap-siap berangkat ke Mina. Sesampainya di Mina kami menuju tempat pengipan dulu, setelah itu baru kami melontar Jumrah Aqabah.

Karena waktu sesudah melontar dengan kegiatan lainnya , waktu kugunakan untuk keliling di Madinah ke masjid Khaif, melihat sekelilingnya serta mencukur rambutku di Mina tersebut. Sore harinya kami bertemu dengan Pak Mas Soelaiman di tempat penginapan kami, katanya dia telah melaksanakan tawaf dan Sai di Makkah pada hari pertama dan telah pula melontar Jumrahtul Aqobah pada hari yang sama. Kami merasa bingung dan dia menjelaskan dia ditemani oleh orang yang tingii besar dan gagah hingga mudah kemana-mana.

Setelah selesai kami lelaksanakan tugas di Minah pada hari kedua dan ketiga, kamipun menuju Makkah. Kami di Makkah menginap di Hotel yang dekat dengan Masjidil Haram.Setelah selesai menempatkan barang-barang dihotel kami terus melaksankan tawaf Ifadah dan sa’i. dilanjutkan dengan tahalullah akhir.

Kami menunggu di Makkah untuk meneruskan perjalanan ke Madinah, kegiatan diisi dengan ibadah di Masjidil Haram. Tetapi pada waktu itu anakku Fatchiah merasa saki perut, sakit sekali , maka aku mmanggil dokter untuk mengatasi kesulitan kami itu. Hal ini disebabkan karena anakku memakan obat peahan haid. Kwesulitan itu bertambah lagi ketika kami mau ke madinah , karen disepanjang jalan menuju Mad9nah ankku merasa sangat kesakitan dan tadinya sebelum berangkt ke Madinah dia mau tinggal saja di makkah.

Setelah sampai di Madinah kamipun disulitkan pula oleh tempat penginapan, karena hotel yang panitia telah pesna rupanya telah diisi oleh orang lain. Sedang anakku merasa sangat kesakitan. Tetapi syukur alhamdlillah kesakitan yang diderita ankku berakhir setelah dia keluar mint. Dan kamipun mendapat hotel yang nyaman berhadapan dengan Makam Baqi’ namanya Hotel Al Koger. {Pada waktu ini hotel tersebut tidak ada lagi karena telah diganti dengan Hotel yang sangat bagus.

Kegiatan kami di Madinah selain mengerjakan sholat Arbain, kamipun ziarah ketempat-tempat yang bersejarah seperti ke Masjid Qubah, Jabal Uhud, Kuburan para Z

uhada, Masjid Qiblatain, dll. Serta belanja kurma di pasar kurma dan ditempat-tempat yang menarik lainnya.

Setelah selesai menunaikan ibadah di Madinah kami menuju Jeddah un5tuk kembali ketanah air.

Akhirnya Alhamdulillah tbalah kami di tanah air di Bandung dengan selamat dan penuh kegembiraan.

 

2.** Berkunjung ke Japan-Korea-Hongkong-Singapura.[13/10-92 s/d 29/10-92]

Setelah kami sekeluarga menunaikan ibadah Haji bersama Arminah Reka Perdana, saya bersama isteripun m3engadakan tour wista ke negera Gingseng dan negara sakura serta beberapa negara lainnya. Sedang anak saya Fatchiah telah berangkat ke Amerikan beberapa bulan yang lalu untuk melanjutkan sekolah di San Diego dan Los Angeles.

Perjalan ke luar negeri atau tempat-tempat wisata, jauh lebih efisient dan nyaman jika mengikuti “Biro Perjalanan” jika dibandingkan kita merencanakan sendiri atau melalu Fasilitas dinas atau negara, karena waktu dipergunakan apabila mengikuti Biro Perjalanan sangat ketat serta terarah. Semuanya telah terjadwalkan dengan baik Mana perlu dilihat mana yang tidak perlu telah direncanakan serta berapa lama kita berada disuatu tempat itu agar semua tempat yang penting dapat kita lihat dan kita kunjungi.

Pada bulan Oktober tahun 1992 saya bersama Isteri ikut Tour selama 17 hari ke 4 Negara di Asia yakni Korea, Japan, Hongkong dan Singapura.Dalam perjalan itu walau agak capek tapi sangat puas dan mengesankan.

 

Hari Pertama : 13 Oktober 92 . [Bandung-Jakarta- Singapure].

Rombongan kami hanya berempat dari Bandung , saya berdua dengan isteri serta pak Peter [tuinggal di Hegar manah] dengan isteri. Kami diantar dengan mobil oleh Biro Perjalanan menuju Cengkaren [Soekarno Airport] Jakarta. Kami berangkat dengan pesawat Silk Air Mi.-185, anak pesawat Singapore Airline. Sampai di Changi Airpor kami telah dijemput untuk bergabung dengan rombongan dari Singapura dan Malaysia. 0 % dari rombongan kami itu adalah Chines.

Pesawat kami dari jakarta berangkat jam 16.00- tiba di Changgi Airport jam 18.00.

Kami beristirahat di Airport dan makan malam disana sambil menunggu pesawat yang akan membawa kami ke Seoul.

 

Hari Kedeua: Singapore-Seoul.

Pada jam 23.30 kami berangkat ke Seoul deng pesawat Korean Air KE 629. Tiba diKimpo International Airport pada jam 06.35 pagi waktu Seoul.

Kami beristirahat sejenak di Kimpo Airport, sambil minum kopi di kantin Bandara. Tetapi harganya selangit, kopi secangkir harganya USD$3. Memang kami belum diesiakan saarapan pagi karena dipesawat sudah disediakan sarapan pagi.

 

Hari Ketiga: Seoul –Tokyo.

Setelah beristirahat sejenak di Kimpo International Airport Seoul, kami meneruskan perjalanan menuju Tokyo. Pesawatkami berangkat menuju Narita Airport dengan pesawat Korean Air no penerbangan K.E.702. jam 09.30 waktu Seoul. Tiba di Narita jam 11.40 waktu Tokyo.[ Dua jam penerbangan]. Setibanya di Airport kami telah dijemput oleh Guide dari Japan dan langsung diantar ke Restoran untuk makan siang. Setelah makan siang kami diajak untuk mengunjungi Asakusa Kannon Temple dan terus ke pusat Cindra mata yang sangat terkenal Nakamise Shooping Street. Sore harinya kami diantar ke hotel untuk beristirahat.

Tapi waktu itu kugunakan untuk melihat Tokyo diwaktu malam. Hotel-hotel di Jepang self service mulai dari memasukkan bagasi ke kamar s/d pelayann apa saja yang ada disitu seperti minoman telah disediakan dikamar self service. Tidak ada pengeluaran extra selama di hotel dan tida aka tips.

 

Hari Keempat. Tokyo-Disneyland-Lake Kawaguchi.[ 16-10-92].

Setelah sarapan pagi di Hotel, kami diajak mengunjungi Tokyo Disneyland, dimana terdapat, Adventureland, Westernland, Tommorrowland. Fantacyland, dan World Bazaar. Dan kami juga menyaksikan Disney Parade yang menampilkan Cinderella, Mickey Mouse, the theree Pigs dll [ Kayak Semar, bagong dan cakil].

 

Setelah itu kami menuju Gunung Fuji untuk bermalam disitu melalui Tomei Highway.

 

Hari kelima: Mt.Fuji-Shiraito-Osaka.

Kami menginap di hotel yang dekat gunung Fuji, udaranya memang sangat dingin dalam kamar disamping disediakan pakaian panas dan kimono khusus yang semuanya boleh dibawa kalau mau diberikan sebagai Gift, juga dalam kamar disediakan alat pemanas dari listeri. Yakni yang berfungsi dua bisa swebagai AC dan bisa sebaga pemanas ruangan.

Pada malam itu di hotel kami disediakan makanan khas jepang dengan bermacam ikan termasuk ikan mentah dsb.

 

Sehabis makan pagi , kami diajak menimati keindahan gunung Fuji, yakni gunung yang tertinggi di Jepang. Kami diajak melihat sampai ke Stasiun 5 untuk menyaksikan pemandangan Fuji-Z

u hakone National Park. Setelah itu kami menuju Air terjun Shiraito. Setelah makan siang kami mengunjungi danau Hamana, salah satu dana yang terbesar di Jepang. Kemudian kami menuju ke Stasiun Toyhashi untuk berangkat ke Osaka dengan Bullet Train.Tiba di Osaka kami langsung diantar ke hotel untuk istirahat. Dan kami makan malam di hotel.

 

Hari keenam:Osaka-Kobe-Tazaki-Takarazuka-Osaka. [18 Oktober 92].

 

Setelah sarapan pagi kami diantar menuju kota Kobe melalui keramana kota Osaka. Setibanyd I Kobe kami meliwati Gunung Roko yang iondah yang tingginga 932m; juga terus ke Port Towe dengan ketinggian 108 m yang berbentuk seperti Tsuzumi [gendang] dan melihat tempat penyulingan Sake. Setelah itu kami mengunjungi Tazaki Pear Gallary unuk melihat-lihat cara pembuatan mutiara yang sangat terkenal di Jepang. Tempat itu merupakan sebuah pula yang khusus mengelola mutiara, semua jenis mutiara mulai dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar diperlihatkan kepada dari hasil pula uitu.

Sore harinya kami menyaksikan 300 gadis di Takarazuka Grand Thatre.

Dalam perjalana kembali kami ke Osaka kami menaiki Kerata api di bawah tanah yang sangat modern untuk menuju ke Shinsaibashi. [Daerah shooping Center yang terkenal].

Kami kembali ke hotel dan jstirahat.

Hari ketujuh: Osaka –Nara-Kyoto-Nagoya.

 

Sehabis sarapan pagi, kami menuju ke Nara, sbenarnya Nara ini adalah ibukota Jepang yang lama dan tertua.

Kami di nara mengunjugi Kelenteng Todaiji, dimana terletak patung Patung Budha yang terbesar di Asia. Kemudian kami menikmati keindahan Nara National Park. Setelah makan siang kami menuju Kyoto yaitu ibu Kota Jepang yang bersejarah sesudah nara, untuk mengunjungi Klenteng Kiyemizu dan Hein Shrine.

Setelah itu kami menuju kota Nagoya, kota Industri yang sangat terkenal di jepang, kami ke agoya melalui Meisin Highway. Dan menginap di Nagayo.

 

Hari:Kedelapan: Nagoya – Seoul . [20-Oktober 92].

 

Kota Nagoya adalah kota Industeri yang sangat terkenal. Oleh sebab itu dihotel-hotal Nagoya disediakan semacam promosi barang hasil pabrik disanan. Kita memang diseakan hadiah untuk dibawa pulang mulai dari keperluan mandi, sikat, handuk, sabun, pakainan tidur dll.

Setelah sarapan pagi di hotel kami diantar ke nagoya International Airport untuk penerbangan mnuju Kimpo International di Seoul.

Setibanya di Kimpo International AirPort kami langsung diantar ke restoran untuk makan siang. Dilanjutkan dengan acara keliling kota antara lain mengunjungi: Kyongbok Palace- Istana terbesar di Korea, yang merupakan tempat kediaman keluarga Raja dari Dynasti Yi. Kemudian di lanjutkan Bubuk Highway sebelum menuju ke Hotel untuk istirahat.

Kmi makan malam di Seoul dengan makann khusus Korea Nasi dalam periok dibumbui dengan gengseng yang unik dan sedap. Setiap orang menadapat satu periun nasi tersebut, seperti kita makan dogan [kelapa muda]

 

Hari kesembilan:Seoul-Cheyu .

Setelah menginap semalam di Seoul, kami meneruskan perjalanan ke Cheju. Pada pagi hari kami diantar kembali ke Kimpo Airport untuk diterbangkan ke pulau ChejuSuatu pula yang terkenal di Asia dimana manten-manten baru ber bulan madu ditempat ini. Oleh sebab itu pula ini tidak pernah sepi karena selalu dikunjungi oleh pasangan-pasangan baru yang baru menikah dinegaranya atau di kore sendiri. Setelah kami tiba di Cheyu Airport kami langsung diajak untuk mengelilingi kita antara lain mengunungi Dragon Head rock, batu karang yang bentuknya menyerupai kepala naga yang menjulur kelaut. Kemudian kami menuju suatu tempat yang mesteri yang dikenal “Mysterius road, dimana kita dapat menyaksikan sendiri dalam mobil yang kita tumpangi bergerak sendiri tanpa menghidupkan mesinnya, bahkan naik tebing. Mobil kami terlebih dahulu menuruni tebing yang agak landai, setelah sampai dibawa mesin mobil kami dimatikan. Kemudian mobil itu bergerak naik sendiri cukup jauh yang dinaikinya.. Setelah itu kami menuju ke Songsan ilchul-Bong. Gunung berapi ajaib yang berbentuk seperti kerucut. Setelah itu kami meneruskan perjalanan ke Chong Bang Waterfall- suatu tempat dimana air terjun dengan ketinggian 75 kaki jatuh ke laut.

 

Hari Kesepuluh. Cheju-Pusan-Kyongju . [ 22 Oktober-92].

Sehabis makan pagi di hotel, kami diantar ke Airport untuk penerbangan ke Pusan. Pusan sangat terkenal pada waktu perang Dunia ke-II karena tempat ini merupakan tempat pemusatan tentera Jepang di Kore dan banyak perlengkapan dan logistik yang ditempatkan di Pusan ini. Di pusan pula terdapat teowongan yang cukup panjang barangkali kurang lebih 3 Km menembus pergunungan yang tenggi.Setelah Jepang kalah dalam PD-II daerah ini dikuasai oleh tentera sekutu terutama Amerika serikat, hingga kini masih banyak tentera Amerika yang berada di Pusan ini. Kami mendarat di pusan pagi hari, kabut masih menyelubung bandara Pusan dan kami agak berputar-putar tapi cukup menyenangkan.

Setibanya di Pusan kami langsung diajak keliling kota antara kami mengunjungi Kyongyu, kota yang terkenal dengan Museum Tanpa Tembok. Kemudian mengunjungi kelenteng Pulkuksa-Wihara Budha yang terbesar di Kyongyu. Kamipun diajak menaiki perahu di danauBomum sambil menikmati keindahan danau yang sangat r9omantis itu.

 

Hari kesebelas: Kyongyu-Pusan-Seoul- Mt Sorak.

 

Kami malam itu menginap di Hotel Kyongyu yang bagus dan mengesankan, pagi hari setelah sarapan pagi kami diantar lagi ke Airport untuk penerbangan menuju Seoul dan selanjutnya kami meneruskan perjalan dengan Bis Wisata ke Gunung Sorak. Dalam perjalanan ke gunung sorak seperti meliwati kami menelusi lembah endikat menuju ke Pagar Alam Lahat Sumatera Selatan, jalannnya berkelok-kelok serta didapati tebing- tebing yang curam. Pada waktu itu isteriku mual-mual, lalu ditempatkan kami didepan berjejeran dengan sopir. Malam itu kami menginap di hotal dikaki gunung Sorak yang cukup dingin. Setelah makan malam kami bebas untuk keluar hotel menghirup udara sejuk tetapi begitu banyak para turis yang berada diluar sambil menikmati jajanan setempat, termasuk jagung bakar ubi dll.

 

Hari keduabelas: Mt.Sorak- Seoul . [24 Oktober 1992]

 

Hari ini kami mengunjungi Sorak National Park, dan Kwon Kum Seong Castle. Ketika kami menuju gunung yang pada waktu salju sedang turun aku sangat khawatir karena kereta gantung yang membawa kami kepuncak pertama-tama jalannya mendatar, kemudian kereta gantung kami itu mendaki yang cukup tinggi dengan bunyi yang berdetak-detak. Diatas bukit memang nyaman ada restoran dan tempat istirahat serta kami bisa melihat pemandangan yang sangat ini seperti berada diatas dunia. Sangat jauh pemandangan bisa kami lihat, kamipun bisa berjalan-jalan diatas gunung yang banyak tumbuh pepohonan, tetapi bersalju itu. Udara sangat mengigit. Setelah puas berada dipuncak gunung dan menyaksikan bermacam-macam keindahan pemenadangan, kamipun lelu kembali lagi turun menggunakan kereta gantung yang mula-mula menukik tajam kebawah kemudian berjalan mendatar, berlawanan dengan waktu kami naik tadi. Rasanya sangat lega setelah turun dari Kereta gantung yang bobotnya sangat berat itu.

Selanjutnya kami menuju Seoul melalui Han Gyer yang sangat indah itu , jalannya berkelok-kelok. Setelah tiba diSeoul kami bebas untuk kemana-mana pergi belanja dipasar dll, karena kami di didrop di pasar Itewon, tempat penjualan souvenr yang memang disediakan oleh emerintah Seoul. Kami bebas kemana-mana dan nanti pada jam 18.30 kami sudah harus berkumpul disuatu tempat yang sudah ditentukan untuk makan malam dan dari sana kami baru menuju Hotel kami. Udara sa’at itu cukup dingin bagiku yakni –2 derajat C.

 

Hari Ketigabelas: Seoul-Hongkong.

 

Pagi-pagi benar morning Call telah berdering yang menandakan kami harus bangun pagi itu dan menyiapkan segala sesuatu sebelum sarapan pagi sebab sesudah sarapan pagi semua bagasi kami telah diangkut oleh petugas ke bandahara. Karena kami pada jam 09.00 telah take off ke hongkong. Setibanya di Hongkong kami telah dijemput oleh gaide dari Hongkong, sebab saya dan isteri saya saja yang singgah di Hongkong, yang lainnya terus ke Singapure. Pada jam 11.45 pesawat kami mendara di Airport Hongkong. Kami menggunakan pesawat Korean Air Lain no penerbangan K.E. 617.

Hari pertama di Hongkong kami acara bebas, saya pergunakan waktu itu untuk berjalan-jalan di pasar tradisional Kow Loon masuk gang keluar ganga, masuk pasar keluar pasar serta melihat apa-apa yang ada disekeliling tempat tinggal kami. Begitu juga dengan malamnya aku gunakan untuk berkomunikasi dengan masyarakat pedagang disana. Walaupun bahasa Inggris mereka agak aneh namu saya bisa mengerti dan diapun sangat memahami apa yang kukakatakan. Banyak juga aku berbelanja baik makanan maupun souvenir di pasar tradisonal tersebut. Kota Hongkong terkenal kota bebas, segala ada tembermaksiat yang memang legal disediakan dan diizinkan oleh Pemerintah Hongkong dalam rang menarik Touris. Semua kejadian itu kuperhatikan . Aku berjalan dengan isteriku serta memasuki toko-toko. Satu hal yang dipesankan oleh orang, jang meraba barang atau menawar barang kalau kita tidak bermaksud membeli, tapi cukup mengamati dan melihat-lihat saja. Sebab kalau kita sudah memegang atau menanyakan harga maka pelayan toko akan secara serius melayani kita dan kalau kita tidak jadi beli dia akan menggerutu.

 

Hari Keempat belas.: Di Hongkong . [26/10-92]

Pagi-pagi setelah kami sudah sarapan di Hotel, gaide kami datang untuk mengantar kami keliling Hongkong dan Kow Loon serta pulau-pulau yang ada disekeliling Hongkong. Kami mengunjungi Victoria Peak, Repulse Bau, Ocean Park dan Aberdeen Floating Villige. Kami makan direstoran trapung ditengah laut yang sangat terkenal itu. Melihat-lihat Taman Laut yang didalamnya terdapat bermacam-macam ikan buas yang dapat kita lihat dari jarak yang sangat dekat.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Midle Kingdom- dimana kita dapat memahami sejarah cina selama 13 dinasty. Ditempat ini pula disajikan pertunjukan seperti akrobatik, Kung Fu, tarian dan lain-lainnya.

 

Hari Kelima belas:Hongkong – Singapore.

 

Setelah sarapan pagi kamipun acara bebas. Sekali lagi kesempatan ini kami gunakan untuk melihat-lihat kota hong dan Kow Lon dengan bebas seperti memasuki pasar-pasar melihat tingkah laku insan Hongkong yang sangat sibuk dalam mencari duit. Banyak kesan yang dapat kita petik di Hongkong ini. Hongkong memang kota dagang dan tempat bernelanja, apa saja ada disi harganyapun cukup menarik jika dibandingkan di Singapura. Kehidupan masyarakatnya sangat sibuk, semua hampir dilai dengan uang. Kalau punya uang medahlah segala kehidupan. Buktibnnya ketika kami kemukakan kepada toko souvnir bahwa kami hanya ingin melihat-lihat saja karena kami tidak banyak uang. Merekapun melayani kami ala kadarnya. Tetapi ketika saya bermaksud membeli jam baik untuk diriku dan isteriku, setelah jadi harga yang ditetapkan aku perlihatkan kartu keridit VISA Card gold. Maka mata mereka terbelalak dan merak langsung melayani kami dengan penuh sopan santun dan senag hati menjaeab semua pertanyaan kami. Rum\panya kartu credir gold itulah yang menyebabkan gairah dia bangkit. Sebab kalau karto gold setidak-tidak orang ini orang kaya.

Pada sore hari sekira jam 17.00 kami telah dianta ke Kai Tak Air port Hongkong untuk melanjutkan penerbangan ke Singapure dengan pesawat Singapore Air lain no penerbangan SQ 851.. Kami tiba di Singapura jam 21.25waktu Singapore. Dalam penerbangan Hongkong-Singapore cuaca kurang enak pesawat agak terbantuing-bating apalagi ketika meliwati Telok Vitnam terasa sekali pesawatnya anjlok karena hampa udara. Setiba di Singapura kami dijemputoleh petugas di Singapura dan terus diantarke Hotel untuk istirahat. Makam malam telah disedikan di pesawat tadi.

Hari keenam belas: Singapore- Jakarta. [28 Oktober 1992].

 

Setelah sarapan pagi kami bebas untuk berbelanja di Singapore danberjalan-jalan [City Tour] setengah hari. Sambil kami nanti diantar ke Changgi Air port. Pesawat take off dari Changgi Air Port jam 14.30.

Jam 15.30 pesawat kami mendarat di Cengkaren. Karena perbedaan waktu antara Singapore dengan WIB adalah satu jam.

Kami terus ke Bandung. Selesailah Tour kami .

—————-++++———————–

 

 

3.** Berkunjung ke Singapore, Philipina, Hawai dan Amerika Malaysia ke –I .

[19 Juni s/d 08Juli 1993].

 

Dalam rangka liburan menjelang tahun ajaran baru sekolah-sekolah maupun Universitas, kami mengikuti Tour ke Amerika.bersama anakku yang bungsu yakni Fitriansyah Kertamuda.

Kunjungan kami ke Amerika ini disamping mengikuti Tour melalui Biro Perjalanan…. yang berkantor di Jalan Sudirman Bandung; juga untuk mengunjungi anak saya yang kuliah di Amerika Serikat dan tinggal di Los Angeles. Pada tahap pertama kamii mengikuti acara-acara perjalan Tour baik ke Anahem, San Diego, Tijuhuana, Las Vegas, Holywood dll, setelah abcara tersebut kami memisahkan diri , rombongan melanjutkan ke San Fransisco sedang kami di jemput di Anahem oleh anakku dan dibawa ke tempat tinggalnya di Tarzana Los Angeles.

 

Kunjungan kami ke Amerika ini untuk pertama kalinya, kami berangkat dari Jakarta menuju Singarapura, kami tinggal di Singapore satu hari satu malam Kami sempat tour kota di kota Singapore. Hari kedua kami meneruskan perjalan ke Manilla di Filipina dan sempat tinggal dan melancong beberapa saat di Filipina serta melihat tempat-tempat wisata dalam kota Manila. Kami menggunakan pesawat Phillipine Air Lines menuju ke Hawai. Perjalanan dari Manila ke Honolulu memakan waktu lebih kurang 12 Jam. Di Honolulu kami bermalam 2 malam dan menikmati pemandangan dan tempat-tempat wisata dan tempat-tempat yang besejarah di pulau tersebut. Termasuk tempat ditenggelamnya kapal-kapal Amerika di pulau tersebut oleh tentera Jepang.

Setelah 3 hari dua malam kami tionggal di pulau itu kami meneruskan perjalan ke Los Angeles, Perjalanan dari Honolulu ke Los Angeles ditempuh selama kurang lebuh 6 jam. Penerbangan merupakan penerbangan dalam negeri Amerika, oleh sebab itu semua ketentuan dalam pesawat telah tunduk denmgan ketentuan Amerikan , termasuk tidak boleh merokok sama sekali dalam pesdawat, serta para penumpang yang di Los Angeles tidak perlu lagi repot-repot mencapkan paspornya dio loket-loket. Kami dianggappenumpang domestik Amerika. Setiba di iNTERNATIONALAirport Los ,Angeles kami istirahat sebentar lalu menuju Anahem dengan Bis dan beristirahat di Hotel di Anahem. Setelah istirahat sebentar kami menuju Disney land di kota tersebut.

Pada malam keduanya kami bertiga aku, isteriku dan anakku Rian jalan-jalan di kota Anahem. Melihat-lihat pertokooan yang ada disitu, masuk keluar toko dan sambil santai berjalan dijana yang tidak begitu ramai tersebut sambil menikmati udara malam di Anahem. Ketiga itu sekira jam 21.30 wktu setempat kami sempat disapa oleh polisi disitu, dan menanyakan kepada kami : Hei, You can you speak English??. Aku jawab: Yes, Sir,

Setelah itu dia berkata lagi: Thank you. Dikiranya kami kesasar dan tidak bisa bahasa inggris. Maklumlah kota itu adalh kota wisata, karena di kota itu terletak Diney Land yang sangat terkenal itu.

 

Keesokan harinya kami meninjau Universal Stusdio untuk pembuatan Film; Kami menyaksikanbeberapa atraksi disitu termasuk tempat pembuatan film The wild, wild, wilf, West Stut Show yang merupakan Action Packed Days. Kami juga menyaksikan Back to the Future the ride; The Flint stone’s Show; King King atraction; Kids Rule; dan lain-lainnya yang ada di dalam Universal srudios. Kamipun sempat berjalan-jalan di kota Holy Wood dan tempat yang mengesankan disitu dimana banyak sekali tertera tanda tangan para bintang film yang kenamaan..

Keesakon garinya kami diajak menyeberang negara Mexico menuju kota Tihuana. Yakni kota wisata yang terdekat dengan perbatasan dengan Amerikan. Kami memanfaatkan kunjungan kami itu dengan berfota diatas bendi khusus dihiasi ala Maxico serta kamipun berbelanja berbagai cinderamata dari Mixico.

Kemuadian keesokian haronya kami ke LasVagas dan kota-kota yang ada disekita itu. Kota L:as Vegas adalah kota yang sangat terkenal dengan kota judi diseluruh dunia. Penghasil negara bagian itu hanya bergantung pada judi. Jadi tidak mengheranklan jika disetiap hotal ada tempat untuk berjudi.

Setelah kami dijemput oleh anak kami Fatchiah di Anahem kami tinggal di Tarzana ,L.A. Sewaktu kami ditempat tersebut kamipun sempat tour sendiri ke San Fransico dan Grand Canyon, meliwati berbagai kota kecil dan besar serta ke perkebunan-perkebuan apel dan anggur selama di perjalanan.Anak pengalaman yang menyeramkan waktu kami me.liwati hutan yang tidak jauh dari Fresno, waktu itu sudah kira-kira jam 19.00 waktu setempat, isteriku muntah-muntah karena mabok dalam perjalanan. Lalu aku membuka pintu mobil , tiba-tiba ada anjing hutang yang mau menerkam kami; cepat=vepat kutup pintunya dan kami pun tidak jadi berhenti disitu dan mencari tempat yang lebih aman. Ketika kami itu kami pun befrpapasan dengan mobil lain, melihat keadaan kami itu lalu dia bertanya kepada kami: Something any trouble??, kami jawab no thank”. Setelah itu kami meneruskan perjalan dan lalu menginap disuat8u kota kecil yang nyaman dan aman yakni Baleno.

 

 

 

4.** Berkunjung ke Amerika ke-II.

[28Mei s/d 27 Juni 1995].

 

Dalam rangka petrnikahan putrikuFatchiah Ekowaty Kertamuda dengan Husen Balfas, aku bersama isteriku dan kakaku H.Muhammad berangkat ke Amerika. Tapi sebelumnya pada tahun 1993 akau memang telah berkunjung ke Amerika dalam Rangka Tour ke West Coast of Amerika.

Kami menumpang pesawat Garuda Air Lain dari jakarta berangkat dari jakarta tanggal 28 Mai 1995 dan tiba di Los Anggeles tanggal 28 Juga , karena ada perbedaan waktu satu hari. Perjalan kami ke Los Anggeles itu memakan waktu lebih dari 20 Jam dan berhenti mengisiahan bakar di Honololo. Sesampainya kami di Los Anggeles kami menelpon Jusen untuk minta dijemput, kemudian datanglah beberapa kawan Husen dan akhirnya Husen sendiri datang ke Airport untuk menjemput kami.. Kami menginap di Apertement no2772 West 12th St. Apart 2, Los Angeles, Ca 90006.

Hari sabtu tanggal 3 Juni dilaksanakan pernikah resminmenurut adat Indonesia di Apart 2773 West 12t h St, Los Angeles Ca. 900006, Yang menikahkannya adalah wali kandungnya sendiri yakni aku sedang khotbah nikah oleh kanda H.Muhammad, saksi adalah Hamud Muksin Balfas dan Luthfi Saleh blfas serta H.Muhammad Abdullah Kertamuda dan Najib Dja’far Balgohom.

Pernikah menurut ketentuan di Amerika di lakukan di The Islamic Faoudation of Southern California pada tanggal 4 juni 1995 hari ahad jam11.00 waktu setempat. Dan mendapat Marrriage Certificate dari Islamic Foundation of Souther California serta License and Certificate of Marriage Los Angeles.

Pelaksanaan pernikahannya berjalan dengan lancar. Sedang pesta pernikahannya diadakan minggu malam di Restorat Bali Hollywood Restoran Los Angeles. Dihadiri oleh para kawan-kawan Husen dan Fatchia serta masyarakat perkumpulan pengaj Majelis Taklim Al Ikhlas Los Angeles california.ian .

Setelah selesai pernikahan Saaya beserta isteri serta kanda H.Muhammad dan Ibu Elly ikut Tour 2 jurusan yakni yang pertama kami Tour keLas Vagas dan Grand Canyon of Collorado dengan biaya per orang USD$ 125. Dan tour ke II ke San francisco dengan biaya sama Usd$125 per orang.

Pada tanggal 7 Juni 95 kami telah berkumpul di 112 East Garvey Av Montrey Park untuk berangkat bersama-sama rombongan baik dari Amerika, asia dll. Dalam perjalan menuju San Fransico kami meliwati City of Santa Clarita, San Fernando, Magic Mounttain Burbank. Dalam perjalanan kami mengionap di hotel.

Di San Fransico kami melihat Golden Gate Bridge Cruise. Angel Island; Alcatraz Island, Tour San Franco City ; Triburon; Angles Island dan Muir Wood. Kami makan di Chinatown serta melihat lihat pemandangan malam di San Fransisco

Dan ketika tour ke Las vecas dan Grand Canyon kami menginap di MGM Hotel yang kamarnya lebih dari 5000 kamar. Las Vegas adalah kota judi yang sangat terkenal diseluruh dunia. Semua hotel di lobynya ada perjudian baik roolet dll. Di Gand Canyon kami melihat pemandangan alam yang begitu menakjubkan, pemandangan yang masihasli yang beribu-ribu tahun lamanya tetap terpelihara dan membekas yang sangat sulit untuk digambarkan, pokoknya disamping menkjubkan juga menyenangkan.

 

Setelah beberapa minggu kami tinggal di Los Angeles kami mengunjungi tempat Fatchiah kulia di East Taxas.

Pada tanggal 17 Juni 1995 kami berangkat ke Taxas dengan pesawat American Air Line, perjalanan ke Taxas dari Los nglese kurang lebih 5 jam penerbangan. Rombongan kami terdiri dari Husen dan Fatchiah, Saaya dan Wartuiny , Kanda H,Muhammad K dan Ibu Elly. Jarak antara Dalas dengan tempat Fatchia Kuliah di Commerce kurang lebih 150 Km. Hari pertama tiba di Commerce kami berjalan-jalan disekitar kampus Universitas ETSU, kemudian kami sholat Jum’at di sebuah rumah yang dijadikan Masjid di rumah Amir orang Pakistan. Setelah itu kami diundang makan oleh kawan Fatchiah yang kuliah di ETSu juga bernama M.Ali Mesir. Dan malamnya kami berkunjung kerumah Abu Ibrahim untuk makan malam disanan.

Selanjutnya pada hari-hari berikutnya di East Taxas {Commerce] kami tour ke Dallas, tempat dimana Presiden Kennedy terbunuh dan juga ke Kota Forth Worth serta berkeliling ketempat-tempat yang ada di dallas juga kami mengunjungi kota Huston, San Antonio, Austine pulangnya kami liwat Green ville. Hari berikutnya kami Tour keberbagai negara bagian yang dekat dengan Taxas seperti Arkansas kota Presiden Ckinton, waktu di menjadi Gubernur Arkansas, Oklahoma,Lousiana, Mississippi dan beberapa kota lainnya.

Hari berikutnya kami diundang makan teman Fatchiyah sekolah di ETSu , orang Amerika asli. Dan banyak lagi kawan Fatchiah yang kuliah di ETSU mengundang makan khususnya dari Lebanon dll. Banyak pemandangan didaerah ini yang cukup mengaumkan , padang rumput yang menghijau terkenal dari dulu coy Boy Taxasnya, danau yang indah dan kebun yang terawat dengan baik.

Setelah seminggu kami di Commerce kami kembali lagi ke Los Angeles.. Selama di Amerika saya bersama kanda H.Muhammad sempat jalan-jalan sampai jauh dari rumah , apa lagi hari jum;at kami mencari Masjid untuk tempat sholat jum’at.Kami Sholat di masjid Umar, masjid Bilal dan beberapa masjid lainnya yang adai Los Angekles. Pernah suatu hari saya berjalan dengan kanda H, Muhammad disapa oleh seorang perempuan dia berkat : “ Are you from Fillipines, aku jawab , No Madame, we are from Indonesia”, Juga kami bertanya pada salah seorang Scurity dari suatu kantor untuk menanyakan dimana Masjid bilal, dia menjawab dengan rama : Over there not soo far from here, yu take this way and the you turn right, you can see the big Mosque.”.

Pada tanggal 27 Juni kami mendarat kembali di Soekarno Hatta jakarta. Perjalanan yang cukup lama dan menyenengkan.

 

 

**. Berkunjung ke Thailand, Singapura dan Malaysia ke III.

[14 Juli 1997 s/d 21 Juli 1997]

 

Saya dengan anak saya marten Shaly Kertamuda ikut Tour dengan Abadi Tour & Travels Ke Thailand, Singapura dan Malaysia. Kami berangkat dari Bandung tanggal 13 July tahun 1997. Dari Jakarta kami menggunaikan Thai Air line menuju Bangkok, dipandu oleh gaide dari Abadi Tour hingga ke Bangkok International Airport.

 

Hari Pertama: 14 Juli 1997.

Sesampainya di Airpor Bangkok kami telah dijemput oleh pemandu Wisatadari Thailand dan diantar ke Hotel. Selama di Bangkok kami menginap di The Alexander Hotel, 3303 Ramkhamhaeng Rd. Bangkok.

 

Hari kedua di Bangkok.

Setelah sarapan pagi di hotel kami diajak menuju sungai Chau phraya dengan memakai motor boat dan melihat Floating Market [Pasar Trapung] dan singgah di Wat Arun [Temple of Down], melihat-lihat Grand Palace dan Emerald Budha Temple, Reclining Budha Temple,. Kemudian kami makan siang di restoran ditempat itu sambil menikmati makanan khas Thailand yaitu Tom yoan Khung dll. Setelah makan siangkami melihat-lahat pabrik Pembuatan Kulit. Terus ke Pattaya sambil menonton bermacam-macam show seperti show Alcazar yaitu pertunjukan bertaraf International yang dimainkan oleh Waria cantik.

 

Hari Ke tiga. Kami menginap di Pattaya di Hotel Maountain Beach .

Kami mengunjungi Corald Island dengan speed boat. Kami kembali untuk makan siang setelah itu meneruskan kunjungan ke Taman Kebudayaan Nong Noach Village untuk nnton show gajah, Thai Boxing, Mini Siam dan Window of the W orld. setelah itu makan malam di restoran.

 

Hari ke empat, setelah makan pagi di Hotel kami menuju Bangkok .

Dalam perjalanan kami mengunjungi Corocodile Farm untuk melihat peternakan Buaya juga Vimarnmek Palace. Sore harinya kami tiba di bangkok. Dan kami makan malam di restoran yang semua pelayanannya memakai sepatu roda sambil menghidangkan makanan.

 

Hari keempat: Dari Bangkok kami menuju Singapura .

Setelah makan pagi di hotel, kami masih sempat untuk belanja ke Paratunan sampai tiba waktunya meninggalkan bangkok menuju Singa pura.

Di Changgi Airport kami telah dijemput oleh pemandu Wisata dari Singapura, dan kami diantar ke hotel Grand Sentral . Kami tiba di Singapura tanggal 21 July jam 16.50 waktu setempat.

 

Hari Pertama di Singapura .

Setelah sarapan pagi kami mengunjungi Pulau Santosa dan Under Water World. Setelah itu kami bebas untuk shopping.

Kami ikut Tour Naight Tor yang diselenggarakan RMG Tour PTE.LTDdengan harga 43 dollar Sin per orang. Kami diperlihatkan keindaha Singapura di waktu malam, baik kotanya maupun sekelilingnya.

 

Hari kedua di Singapura .

Kami berkunjung ke Johor Baru Malaysia.

Meliwati perbatasan antara Singapura dan Malaysia, melalui jambatan kami diperikasa diPabean Malaysia di Johor Baru. Di Johor baru diperlihatkan alamkehidupan penduduk Malayu, perkebunan karena dan bermacama-macam kerajinan rakyat disana. Kami sempat sholat di Masjid Johor Baru serta beristirahat sejenak di Masjid tersebut; kami disunguhi makanan has penduduk Johor baru. Sore harinya kami menyeberang lagi kie Singa pura.

Dan sebelum makan malam kami tourSunset di pantai dan sesudah itu kami makan malam.

 

Hari Ke ketiga di Singapura.

Setelah sarapan pagi kami berbelanja seharian penuh di pasar-pasar Singapura. Dan malamnya kami iku Tour Bnight Safarai, dimana dipertontonkanSegala jenis binatang yang ada di taman safari itu. Kami berangkat dari Tram Station I kemudian menelusuri seluruh Aere tersebut, disepanjang perjalan kami melihat binatang seperti harimau, Kambing hutan. Beruang, Giraffe zebra, singa, rusa, gajah dll.

 

Hari Kedelapan Tour. Singapura- Jakarta .Terus ke Bandung dgn Mobil Abadi Tour.

 

Setelah sarapan pagi di Hotel, kami masih bisa jalan=jalan sebentar selanjutnya kami dibawa ke airport Changgi untuk kembali ketanah air. Biaya tour yang kami bayar pada waktu itu USD 799 +200.[Menmabah waktu disuingapura]. Biaya tersebut belum termasuk PPN, FISKAL. AIRPORT TAX dan TIPS serta pengeluaran pribadi.

Pada waktu itu kurs dollar baru menjapai 2250 per US.

———————————————————

 

 

** Berkunjung ke Mesir dan umroh.[ 31 Juli 2004 s/d 10 Agustus 2004.]

Kami ikut Tour dan Umroh bersama Megacitra yang biasa menyelenggarakan Umroh.

Pada tanggal 30 Juli 2004 Jam 23.00 kami berangkat dari Jalan Cimandiri 29 Bandung dengan bis Wisata menuju Cengkareng Airport. [Soekarno Hatta Airport]. Rombongan kami terdiri dari 15 orang. Termasuk didalamnya aku dan isteriku. Setelah sholet shubu di Air Port, kami sarapan pagi dengan penyediaan sarapan dalam kotak yang diesidakan oleh Penyelenggara Tour.

Hari pertama perjalan. Jakarta-Bangkok.

Kami sudah harus berkumpul di Bandara Soekarno Hatta jam 04.00 di terminal II pintu 2.E tanggal 31 Jly 2004.

Pada jam 7.45 tanggal 31 Juli 2004 pesawat kami take off menuju Bangkok dengan pesawat Garuda, Kami tiba di Bangkok Airport jam 12.40. Kami transit dan menginap di Bangkok Airport yang telah disediakan oleh Penyelenggara Tour.

 

Hari Kedua: Bangkok-Cairo.

Pada Tanggal 1 Agustus jam 00.45 waktu bangkok [ sama dengan waktu Indonesia bagian Barat], kami berangkat menuju Cairo dengan pesawat MS 865 [Egypt Air] dan tiba di Cairo jam 06.45 waktu Cairo. Di Air port kami telah dijemput oleh Leader Tour dari Egypt dan terus dibawa menuju hotel. Kami menginap di Hotel Conrad dekat sungai Nil. Hotelnya cukup mewah bintang lima serta makannannya sangat cocok dengan seleraku.

Setelah sarapan pagi kami dibawa kedesa Pharaonic dan melihat terbenamnya matahari di Felicca.

 

Hari ketiga : di Cairo.

Setelah sarapan pagi di Hotel, kami berziarah ke El Emam, Masjid Asy Syafe’i.,Masjid Sayedah Z

ainab, Masjid Al Husein., dan Masjid Al Azhar. Diterusken belanja di pasar dekat masjid Husen. Sorenya kami berlayar di Sungai Nil dengan perahu tradisional Mesir yang dikemudikan oleh penduduk asli Mesir.

 

Hari keempat: Cairo.

Berkunjung ke Pyramids, [Giza Pyramids], sphinx, Citadel komplek Masjid yang unik], Musieum Nasional Cairo dan Basar Al Khalil . Pada malam harinya kami pesiar di sungai Nil dengan kapal pesiar khusus disediakan untuk tourist.

 

Hari Kelima :Cairo-Jedah-Madinah.

Pagi hari kami meninggalkan hotel Conrad, dengan begitu banyak makanan yang dibawa untuk sarapan pagi di Airport, padahal di pesawat nanti kamupun akan mendapat makanan pula. Kami meninggalkan cairo dengan pesawat Egypt Air no MS 661 jam 08.30. menuju Jeddah. Tiba di Bandara King Abdul Aziz jam 10.30 waktu Jeddah,. Kami dijemput oleh Team Leader dari Saudi Arabia. Kami diantar ke Madinah dengan Bus ber AC. Setiba di Madinah kami dibawa ke Hotel. Di Madinah kami menginap di Hotel Movich bintang 5.

 

Hari keenam: di Madinah.

Setelah sarapan pagi di Hotel kami ziarah ke Masjid Quba, Jabal Uhud, Masjid Qiblatain, Khandaq dan singgah sebentar dikebun Kurba dan sekaligus pasar kurma. Kemudian kami kembali ke Madinah untuk sholat fardhu di Masjid nabawi. Kamipun sempat bersholat di Raudhah dan melihat sekeliling Masjid Nabawi.

 

Hari ketujuh: Madinah –Makkah.

Pagi hari, setelah sholat shubuh di Masjid nabawi dan setelah sarapan pagi kami Z

iarah ke Makam Rasulullah Saw, dan makam dua sahabatnya dan terus ke makam Baqi’. Setelah sholat Jum’at [karena hari itu kebetulan hari Jum’at] kami bersiap-siap untuk meninggalkan kota Madinah menuju Makkah. Mengambil miqad di Bir Ali. Tiba di Makkah langsung dulu ke hotel untuk menyimpan bagasi masing-masing dikamr hotel. Kami menginap di Hotel Dar Es Saalam dekat hotel Hilton . Hotelnya dan makannya lumayan enak.

Setelah istirahat sejenak kami bersama-sama ke Masjidil Haram untuk melakukan Umroh.

 

Hari Kedelapan: Makkah .

Setelah sarapan padi kami ziarah ke Maulid Nabi, Masjid Jin, Jamarat, ke Padang Arafah, Jabal Rahmah, Jabal Nur, Tsur, Muzdalifah, Mina dan berakhir di Jaranah.

Setelah itu melakukan ibadah di Masjidl haram. Baik sholat fardhu maupun tawaf serta membaca al Qur’an dan diwaktu subuh berzikir hingga kami meninggalkan kota Makkah esok harinya menuju Jeddah.

 

Hari Kesembilan. Makkah-Jedah .

Setelah sarapan pagi kami membereskan bagasi masing-masing, melaksanakan thawaf wada. Kemudian meninggalkan kota Makkah menuju kota Jeddah. Di Jedah kami melihat Makam Siti Hawa dan tempat executie hukuman mati setlah keliling kota Jedah serta pantai Laut merah dan kemudian siapa yang mau belanja dan melihat pasar Balad diantar dengan mobil tersendiri. Dan bagi yang tidak mau bisa instirahat di hotel.

Di Jaddah kami menginap di Hottel bintang lima.

 

Hari kesepuluh: Jaddah- Jakarta .

Kami bersiap-siap untuk meninggalkan Jaddah menuju Jakarta, tapi pagi hari itu kami masih bisa berbelanja dan berkeliling di sekitar hotel karena kami berangkat ke Airport sore hari. Pesawat Jeddah ke Jakarta bertolak dari Jeddah pada pokul 22,05.

 

Hari Kesebelas: Jakarta –Bandung .

Pesawat kami tiba di Bandara Soekarno Hata jam 11.35. setelah mengurus bagasi, kami berangkat menuju Bandung dengan bis ber AC yang telah disediakan penyelangga Tour. Sesampai di Jalan Cimandiri, kami baru mengurus barang-barang kami serta air zam-zam yang memang telah disediakan oleh penyelenggara Umroh.

3 Responses to “I4. Bandung (3)”

  1. kurnia lirahmat Says:

    bapak ini kurnia yang tinggal di masjid. betapa saya mengagumi bapak, terima kasih bapak atas segala kebaikan bapak. mudah-mudahan Allah SWT membalas segala kebaikan bapak. Amin


  2. Array of water sports can be enjoyed in Pattaya such as windsurfing, scuba diving, water skiing, snorkeling, sailing, parasailing and gamefishing.


  3. I like it. Smoga ja aq msk ry bagian dr kluarga ni. Amin…

    Law kenal & salam ukhuwa islamiah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s