V.Tinggal di Bandung ke I. [1957-1960]

Pada tanggal 18 Desember 1956, saya diberitahu oleh Kdpos II Yogyakarta bahwa saya dinyatakan lulus ujian masuk Akademi P.T.T. dan pelajaran akan dimulai pada tanggal 7 Januari dan saya harus sudah berangkat ke Bandung pada tanggal 2 Januari l957.
Tinggal di Asrama Pusat Pendidikan P.T.T. dan mendapat tambahan tunjangan sebesar Rp260,- sebulan.
Pada hari Kamis tanggal 3 Januari l957 pagi kami telah berkumpul di Pusat Pendidikan PTT jalan Ambon 15 Banung.
Aku tinggal di Bandung di Asrama Akademi PTT di Jalan Malabar 50 mulai dari masuk sampai tamat tinggal disitu.Setelah ujian Kwartal pertama, kami menerima hasil ujian masing-masing. Alhamdulillah hasil ujian kwartal pertama ini cukup baik.

Tetapi banyak diantara kawan-kawan kami yang terpaksa di[pulangkan karena hasil kwartal pertama kurang memuaskan.
Selanjutnya pada tanggal 15/4- s/d 5/5/1957 aku pulang ke Lahat , karena sekolah libur setelah menyelesaikan kwartal pertama di Akademi PTT.
Selama liburan ini, aku habiskan untuk berlibur di Lahat dan dikampung Arahan dan sekitanya, Kawan-kawanku yang dulu ketika aku masih di SMP nampaknya sudah banyak yang sudah berkeluarga dan aku hampir tidak mempunyai kawan akrab yang sebaya denganku lagi yang masih membujang atau masih gadis . Jadi aku agak asing tinggal di Kampung.

Ketika aku akan pulan ke Bandung aku diberi ayahku uang sebanyak Rp 500,- Rp 300 untuk ongkos pulang ke Bandung dan yang 200 rupiah lagi untuk berbagai keperluan termasuk uang jajan. Pada kesempatan inilah aku terakhir kalinya bertemu dengan ayahku dan berbincang-bincang dengan lama. Nampaknya sesudah ini beliau akan meninggalkan aku. Sebab beliau wafat tanggal 12 April l958, kurang dari setahun setelah perjumpaanku terakhir dengan beliau.

Pada tanggal 5 Mei 1957 itu juga ketika hari keberangkatanku ke Bandung kanda Muchtar memberiku uang sebesar Rp 25,- dan sehelai kain sarung yang kunilai berharga Rp 7,-. Begitu juga kanda H.Muhammad pada hari itu memberiku uang Rp 40,- dan dia membuatkan bekal makananku untuk dijalan.

Selama mengikuti pendidikan di Akademi PTT, banyak kegiatan diluar yang kuikuti seperti aktif di Perkumpulan Mahasiswa Islam yang terkenal dengan singkatan HMI [Himpunan Mahasiswa Islam ] yang berkantor di Jalan Sabang 17 Bandung.
Juga mengikuti Latihan Kemeliteran selama 5 bulan mulai tanggal 13 Juni 1959 s/d 14 Nopember 1959.Dalam latihan kemeliteran itu kami betul-betul dididik sebagai seorang perajurit yang sanggup menggunakan sendjata dan mampu bertahan di dalam kesulitan.
Surat tanda selesai pendidikan ditanda tangani oleh Kolenel R.A Kosasih Panglima Tentera & Teritorium III Jawa Barat. Tergabung dalam Kompi V.

Selama mengikuti Pendidikan di Akademi PTT saya dua kali perektek kerja untuk memantapkan ilmu yang didapat dengan pekerjaan yang akan dipangku sesudah lulus pendidikan nanti.
1.Setelah kurang lebih tiga semester kulia saya praktek kerja ke Kantor Pos dan Telegrap solo atau Surakarta selama tiga bulan .Mulai 1 Oktober 1958 s/d 4 Januari 1959. Surat peintah Jalan ditanda tangani oleh Direktur Akademi PTT R.Noto Soeseno tanggal 24 September 1958 no 6984/D-6/Pdd. . Selama kami berada di Solo kami bertempat tinggal di Jemara Jajar di Perumahan PJKA dekat stasiun Purwosari?. Dekat dengan pasar Legi yang terkenal dengan Tape ayunya. Kota solo pada waktu itu terkenal dengan kota yang tidak pernah tidur karena malam siang terus ada kegiatan perdagangan dll. Aku Kos dirumah Priayi Solo yang bekerja di PJKA dan panngkatnya lumayan hingga dapat rumah yang cukup bagus.
Kawan-kawanku yang praktek kerja di Solo ialah : Muhahammad Asrul dari Padang, Rusli Keling dari Medan dan Avipuddin Ahmad dari Makassar Sulawesi. Pada waktu praktek pertama semangat kami sangatlah menggebu-gebu baik urusan pelajaran maupun yang lain-lain, maklum usia masih muda belia, punya uang yang cukup serta masa depan yang cukup menjanjikan.

Sekolah di Akademi PTT merupakan sekolah yang termasuk elite baik waktu sekolahnya maupun setelah lulusnya. Mangkanya banyak yang melirik kami yang sedang peraktek kerja. Masa tiga bulan dilalu dengan sukses dengan kesan yang sangat indah.

Setlah pelajaran hampir berakhir kami praktek kerja lagi , kali ini aku peraktek kerja di Kota Purwokerto.
Aku mendapat Surat Perintah jalan untuk mengadakan Praktek selama Satu setengah bulan mulai dengan 4 Januari s/d 13 Pebruari l960. Surat perintah itu dibuat tanggal 18 Desember 1959. Dengan No 12975/c2/29/Pdd
Aku sendiri yang kos di Tempat Kepala Kantor dirumah R.Subagio, yang kelak menjadi Direktur utama PN Pos dan Giro di Bandung. Selama kost di rumah Bpk Soebagyo saya merasa sangat dimanjakan oleh Ibu Bagyo, karena saya termasuk yang penurut dan tidak banyak tingkah. Apa yang disediakan aka terima de gan segala senang hati.

 

Dikota inipun tidak kalah indah kenangannya, karena memang kami hampir mengakhiri masa sekolah, juga karena ka mi sudah mulai lebih dewasa. Saya masih ingat hampir setiap minggu aku diajak oleh gadis Tionghowa, yang ayahnya punya foto studio, piknik keluar kota Purwokerte , ke Bobot sari, Cilaacap, Banyumas dan lain-lain. Aku selalu ditemani oleh seorang pegawai pos yang bernama Hadi Bringos [karena dia pakai kumis] . Pangkatnya Pjpos [I-C. lulusan Smp baru tiga tahun masuk pegawai Pos] Hadi ini merupakan body guard saya, kemana saya pergi dikawalnya. Dia juga sangat senang mengalku, karena disamping banyak makanan yang teredia juga ikut piknik geratis.
Saya juga tidak habis pikir mengapa gadis Tianghoa itu tertarik padaku, sehingga banyak mengeluarkan uang untuk keperluanku baik untuk biaya piknik, belanja makanan dan lainlain. Apakah karena mataku sipit??. Aku kenal dengan dia ketika dia berurusan di kantor pos dan aku disuruh oleh pengawas loket untuk melayaninya serta memberikan beberapa penjelasan ke[padanya.Pada saat itulah dia mengajak untuk datang ketempat ayahnya membuka usaha dan sore itu aku dengan Hadi Beringos ketempatnya.
Prekatek di Purwokerto pun berakhir, kenangan manis saya tinggalkan di Purwokerto, biar dia hanyut mengikuti sungat yang mengalir di Purwokerto hingga kelaut.

3.Pada akhir masa Kuliah-ku di Akademi PTT, aku sekali lagi berlibur ke kota Lahat kampung halamanku. Yakni pada tangga- 13 Maret 1960 s/d 5 April 1960.
Aku pulang ke Sumatera bersama Masyhur Hasyim, kami dari jakarta tidak melalui jalan biasanya yakni dari merak ke Panjang, tetapi kami melalui pasar ikan Jakarta. Pada waktu itu bulan puasa, Dalam perjalan kami menuju Prabu mulih kami menginap di Rumah Kepala Kantor Pos Besar Tanjung Karang yakni Rumah Bapak Soekarno Gendut, kelak belliau menjadi atasanku di Kantor Pos Besar Kls I Palembang sedang aku sendiri sebagai Wakil Kepala, kantro Pos Besar Palembang.
Setelah pagi hari kami diantar oleh Pegawa kantor Pos Tanjung karang ke Kerta Api menuju Palembang. Aku berpisah dengan Masyhur Hasim di Prabumulih, karena Masyhur Hasyim akan ke palembang sedang saya akan menuju ke Lahat. Aku masih ingat waktu menginap di rumah KKPB Tanjung karang beliau makan sahur, sedangkan kami tidak dibangunkannya, karena kami musyafir yang pagi harinya akan melanjutkan perjalanan ketempat tujuan. Pagi-pagi benar kami telah dibangunkannya dan duisuruhnya sarapan pagi dulu.

Pada tanggal 15 Agustus s/d 14 September 1960 diadakan ujian akhir Akademi Ptt jurusan Administrasi Pos dan Telehrap angkatan 1957/1960, dengan hasil sbb:
a.Yang lulus serta nomor urutnya sbb:
1.Muhammad Rusli Nasution. Kls E.
2.Abdul Haq K.A kls E.
3.Abbas Abdullah Hamid Kls F.
4.Muhammad Asrul kls F.
5.Soedomo T. Kls F.
6.Wilmar Kls F.
7.Hasbullah Zainuddin. Kls F.
8-27………..
28.Nuryanto.

 

b.Yanng tidak lulus sebanyak 7 orang , diberi kesempatan untuk mengulangi ujian penghabisan. Yang lulus no 1 s/d 3 di bolehkan memilih tempat kerja asalka ditemapt itu dibutuhkan tenaganya.
Karena aku lulus nomor urut 3, maka aku boleh memilih tempat bekerja untuk pertama kalinya.
Kupilihlah kota Tegal untuk tempatku bekerja pertama kalinya, Kota Tegal kupilih karena pada waktu itu Kota Besar Tegal terkenal kota terbersih diseluruh Jawa Tengah.

 

2 Responses to “5. Bandung (1)”

  1. Alexander Says:

    Echt ein spitze Blog, werde bestimmt noch das ein oder andere mal hier reinschauen! Deine Artikel sind auch echt klasse! Lieben Gruss


  2. thank you for your visit at our father’s blog, this blog is actually his biography that he wrote by himself for about 2 yrs.
    I hope this can be useful for you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s