II. Pindah ke Desa Arahan. [1940-1948]

Arahan
Peresmian Kantor Pos dan Giro “ARAHAN”
13 Agustus 1985

Lematang
Desa ARAHAN, Pinggir Lematang di Pulau Manggis
Desember 1964

Kurang lebih sekitar umur 4 tahun aku tinggal di desa Pinang belarik, yakni sejak kelahiranku hingga usiaku menjelang usia 4 tahun. Kemudian kami pindah dari dusun Pinang Belari kedusun Arahan, karena ayah dan ibuku pindah kembali ke Arahan.

Desa Arahan adalah desa nenek moyangku, yang dulunya terletak diseberang sungai Lematang, dekat dengan Muara sungai Puntang. Akan tetapi karena desa itu hubungan dengan desa lainnya agak sulit karena terletak diseberang sungai Lematang, sedang dusun-dusun lainnya seperti, Gunung Kembang, Prabu Menang, Banjar Sari dan Gedung Agung; berada ditepi jalan raya yang menghubungkan kota Lahat dengan Kota Muara Enim semuanya berada diseberang sunga Lematang. Maka desa Arahan lama akhirnya dipindahkan kesebrang sungai mendekati jalan raya bersebelah dengan desa Banjarsari.

Desa ini termasuk Marga Puntang suku Merapi, kecamatan Merapi Kabupaten Lahat. Desa baru ini terletak dipinggir jalan raya Muara enim- Lahat. Jarak dengan Kota Muara enim 14 Km dan dengan Kota Lahat 31 Km.
Didesa inilah aku dibesarkan hingga menamatkan sekolah Rakyat V tahun.
.Rumah kami terletak dipinggir jalan raya. Rumah ini dibeli oleh ayahku dari orang desa Banjarsari yang bernama Basip anaknya kawanku juga yakni Ahmad Syofyan, dan Marfu’ah. Pak Basip ini adalah pegawai BPM.[Maskapai perminyakan kepunyaan Belanda].
Banyak kenangan masa kecil yang sulit dilupakan di desa ini walaupun akau telah berpindah-pindah tempat tinggal kebanyak daerah. Maklumlah kenangan diwaktu kecil ini sangatlah berkesan jika dibandungkan masa-masa lainnya bagiku.

Kenangan yang utama sebagaimana anak-anak yang tinggal dikampung yang suasana masih sangat tradiisional belum banyak pengaruh modern yang dialami anak anak desa Kegiatan sehari-harinya, mandi-mandi di sungai, bermain, mengadu ayam jago, main layangan, main gasing, selantai biji balam, main ikar dll.

 

Tetapi ada suatu kegemaranku yang tidak biasa dilakukan oleh anak-anak desa ialah menimba ikan di sungai langkuh. Setaip lubuk yang ada di sungai langkuh yang berada didesa kami itu telah aku timba bersama kakakku Muchtar. mulai dari hulu sungan sampai kemuara. Yang paling berkesan waktu kami menimba di bawah got Jalan raya dekat tanah Samin dan tanah sawah Zubir, tidak jauh dari rumahku. Aku dengan kakakku Mukhtar menimbanya , mulai jam 06.00 pagi hingga jam 20.00 malam . mendapat ikan yang sangat banyak . ikan sampahnya saja [seperti sepat , betok dll] lebih dari satu kinjau, ikan kalangnya lebih dari 360 ekor, belum lagi jenis ikan besar lainnya seperti anaan, anak gantal keli serta beberapa jenis ikan besar lainnya.
Dalam menangkapi ikan kami dibantu oleh ayah kami H.Abdullah dan lain-lain dengan memakai lampu petromak..

Kesan lain waktu tinggal di dusun Arahan ialah bunyi kokok ayam kampung pada waktu aku tidur disiang hari [tengah hari]. Bunyi kokok ayam itu terasa sangat mengharukan dan jauh hayalanku keseberang lautan jauh, hingga usia lanjutku, kokok ayam itu selalu membawa kenangan yang mengesankan.

Sama halnya dengan bunyi penutupan Radio Republik Indonesia ketika aku bersekolah di Yogyakarta. Aku selalu terkenang bunyi itu karena setiap kali aku baru mau istirahat setelah makan siang sepulang sekolah jam 14.30 bunyi itu kedengar sambil meletakkan kepalaku keatas bantul karena antara sekolahku dengan tempat kostku cukup jauh yakni dua setengah km aku tinggal di Jetis kidul Tugu dan sekolahku berada di Bintaran Kulon.

Begitu pula dengan bunyi gending jawa disiang hari, kalau mendengar gending jawa aku selalu terkenang ketika aku dan kawanku Thamrin Koni sedang menunggu makan siang waktu kami kost di Jln Bausasran DN 6/129 Yogyakarta. Rasanya lama benar selesainya gending itu dan lama opula aku dan kawanku menunggu hidangan makan siang.

Pada usia 6 tahun aku mulai masuk sekolah, tepatnya pada tanggal 1 Agustus tahun 1942 aku masuk sekolah Rakyak kelas I . Tempat sekolah cukup jauh kurang lebih 2 km dari rumah, sekolah tersebut terletak diujung desa Banjar sari.
Oleh ibuku aku selalu harus menyelesaikan segala tugas pagiku sebelum aku berangkat ke sekolah, hingga aku selalu ketinggalan dari kawan-klawan lainnya dari desa Arahan yang telah lebih dahulu berangkat ke sekolah di Banjarsari.

Pada suatu pagi aku sendiri yang ketinggalan pergi kesekolah menuju desa Banjarsari, meliwati jalan raya kurang lebih 2 Km ,dan meliwati hutan sesudah jambatan yang disebut dan terkenal dengan nama rendingan yang banyak sekali kera dan binatang lainnya disitu. Kera-kerapun ada nakal dan kadang kadang ada beruangnya. Pada waktu aku meliwati hutan kecil yang disebut rendingan yang kurang lebih ditengah-tengah antara desa Arahan dan desa Banjar sari aku bertemu dengan seseorang yang memang jenaka yang selalu menakut-nakuti anak-anak sekolah. Akupun ditakut-takutinya dengan berbagai caranya, dengan gerakan tangan, mata dan kata-kata; Lalu aku berlari cepat-cepat dengan tidak menghiraukannya, sampai aku bertemu dengan orang lain di jalan dekat desa Banjarsari. Kisah ini kuceritakan pada ibuku, semenjak itulah ibuku selalu menyuruhkan kalau pergi kesekolah agak cepat dan hendaklah bersama-sama dengan anak-anak yang lainnya.

 

Teman-teman akrabku dari dusun Arahan pada waktu itu cukup banyak, antara lain Syamsudin. M.Abbas Nawawi, Suhibin, Syamsudin KO dll. Kalau perempuannya ialah Djamilah anak H.Nawawi, Rojamah kakaknya Abasumi, dan Idah anaknya H.Mustofa. kami sering kalau pulang sekolah merujak dipinggir Lematang sehabis ;pulang sekolah, karena kalau pulang sekolah kami bisa liwat kebon menuju lematang. Sebelum menuju sungai lematang bahkan dipinggir sungai Lematang yang kami liwati banyak sekali tanam-tanaman seperti jambu Bol, kedondong dll, sengaja dari rumah kami telah membawa garam untuk bikin rujak sedang cebenya tinggal ngambil dikebon yang kami liwati. Setelah merujak kamipun mandi-mandi di kali Lematang.

Setelah kurang lebih satu tahun sekolah di Desa Banjar sari sekolah kami dipindahkan kedesa Arahan dekat dengan rumah; karena sekolah di desa banjarsari sering kerawangan.[Kebanjiran].
Pada waktu sekolah kami sekolah didesa Arahan [tetapi nama sekolahnya tetap saja SR Banjarsari], tentera jepang telah menguasa kota Lahat serta tempat-tempat strategis yang ada disekitar Lahat Muaraenim, seperti tempat pengebboran minyak, tambang batu bara dll dan disamping itu hampir seluruh Indonesia telah pula dikuasai oleh Tentera Dai Nippon..
Kami setiap pagi dilatih berbaris dan mengadakan upacara untuk menghormati Tenno Heika; menyanyikan lagu kebagsaan jepang kimigayo. Dilatih menyanyi jepang , menari serta berbahasa jepang.

Sebelum tentara Jepang masuk banyak kejadian yang mengerikan , pemboman-pemboman terjadi di daerah Tanjung enim, Padang Lontar; serta pesawat-pesawat jepang seperti burung layang-layang banyaknya dari Singapura menuju kearah Jakarta dan Palembang.

Guru-guru kami pada waktu itu ialah Kepala sekolahnya adalah Kenasin, asal dari kikim tambik anak di desa banjarsari.; Cik Ming juga dari Kikim tambik anak di desa Banjarsari.
Encik Nurmah dari desa Merapi; dan Encik Heldah dari desa Merapi.
Kalau hari sabtu kami berbaris disuruh guru membawa saba batu untuk dibersihkan disungai langkuh dengan arang, agar kalau menulis di sabak lebih jelas. Pada waktu itu semua peralatan sekolah disediakan oleh sekolah seperti Sabak batu, grip dan kapur tulis .

Buku-buku bacaanpun disediakan oleh sekolah tetapi sifatnya hanya dipinjamkan selama belajar saja, setelah itu dikumpulkan kembali di lemari sekolah. Buku pelajaran kami untuk klas I terkenal dengan nama buku Tiga Sekawan.
Kalau sudah kelas II kami membaca buku Matahari Terbit dan ada pula buku pelajaran untuk membaca dan menulis Arab melayu.

Setelah menamatkan kelas V di SR banjarsari, kami harus melanjutkan sekolah ke Lahat, karena di SR Banjarsari belum ada sekolah kls VI.

 

56 Responses to “2. Desa Arahan”

  1. Budiman Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Yth Mamanda,
    Setelah mbace tulisan manda, nakanda tergelitik nak ngeruani manda, siape tahu keruan enggok ayahanda kami.Kalu dide salah manda di kantor pos lahat sekitar tahun 71-an, nah kire kire manda kenal dide enggok ayahanda kami Soelaim Abim ? ayahanda kami berdinas di LLAJ, biasenye dulu pos ngak LLAJ akrab,sebabnye kalo dek salah same same departemen perhubungan.
    Mungkin sampai disini dulu manda, semoga manda diberikan kesehatan dan salut lah nulis tentang daerah kite Lahat.
    Wassalamualaikum Wr.Wb
    Budiman Soelaim


  2. Untuk Nakanda Budiman Soelaim.

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Nakanda Budiman, selamat datang di pondok mamang “ Blog The 8th Generations of Kertamuda”, semoga kita, semua selalu berada dalam keadaan sehat wal ‘afiat.
    Aku kenal baik ngan bapang kaban Soelaim Abim karena kami dulu sering mengadakan pertemuan antar sesame unsur Departemen Perhubungan. Bahkan pada waktu Menteri Perhubungan Bapak GPH Djatikoesoemo datang ke Lahat, Briefing dengan Bapak Menteri diadakan di Kantor Pos dan Telegraf Lahat. Dan semua unsur dari Departemen Perhubungan hadir, baik dari PJKA.LLAJR, Telkom dan Pos dan Telegrap sendiri.
    Alhamdulillah kita dapat bersilaturahmi dan bertukar informasi.
    Sampai ketemu lagi,
    Wassalam,

  3. atika nitsya Says:

    Assalmualaikum Wr. Wb

    salam kenal untuk penulis. boleh saya panggil kakek?.
    saya atika nitsya, tertarik sekali untuk mencari tahu tentang informasi sehubungan dengan gumay.
    alhamdulillah mendapat gambaran tentang salah satu keturunannya.
    saya, putri dari Bahrun Indawan Kasim, cucu dari H. Abdul Roni Bidin Bin Bidin dan Hj. Masayu Bahya Binti Mgs. H. Hasyim dari Lubuk Sepang.
    ayah pernah cerita kalau kakek pernah menjadi bupati muda di Kabupaten Lahat
    adakah kiranya tahu tentang kakek dan nenek saya?
    saya,ingin sekali mengenal gumay lebih dekat.
    dan mendapat infonya lebih lengkap.
    mungkin sekian dulu.
    terima kasih.

    wasalam,


  4. 35.Untuk Cucunda Atika Nitsya Bahrun.

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih cucunda Atika telah singgah di pondok Kakek “Blog Website Kertamuda” untuk bersilaturahmi, semuga cucunda akan sukses selalu.dan semoga kita semua selalu berada dalam keadaan sehat wal ‘afiat.
    Benar kakek Atika H.Abdul Roni Bidin pernah menjadi Bupati Muda di Lahat. Beliau ini adalah adik Komisaris Besar H.M.Zen yang rumahnya di Jalan Benteng dekat SGA Negeri depan lapangan Tennis Lahat.Anaknya perempuan Ide Zen terkenal sebagai perias penganten Palembang di Jakarta.
    Kakekmu H.Abdul Roni itu pernah menjadi camat Merapi yang kantor camatnya ada di desa Arahan, tempat aku dibesarkan. Jadi aku paham dengan beliau. Sedang isterinya Hj.Masayu Bahya memang berasal dari dusun Lubuk Sepang. Begitu pula dengan kakekmu H.Abdul Ronipun , jeme lubuk sepang pule.
    Kalu cunda nak tau cerite Gumay secare lengkap sebaiknye menghubungi : ADI dengan kode : “Adigumay 01 @g mail. Com. untuk mendapatkan tulisan tentang Gumay, Atau melalui
    Ikatan keluarga Gumay di Palembang atau Ikatan keluarga Gumay Talang di Jakarta,
    Semoga tulisan ini dapat dibaca pula oleh Nakanda ADI dan dapat memberikan penjelsan seperlunya kepada cunda Atika.

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  5. lela Says:

    assalamua`alaikum
    senang juga rasanya bisa melihat sdkit hal tentang desa arahan di dunia maya. sebelumnya kenalke wak nama aku lela, asli jeme arahan, bapak aku As`ad mustofa anak H. Mustofa.
    tapi mak ini aku dang dide di arahan, kuliah di palembang..
    sebelumnye amen pas di dusun kerap dengar name wak galak di sebut2, tapi blm pernah nginak yang mane,. alhamdulillah pacak juge akhirnye bersua walau lewat foto.
    semoga wak sehat selalu,.amin..
    wassalamualaikum


  6. Untuk Cucunda Lela As’ad Mustofa.
    Di Palembang.

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih cunda Lela telah singgah di pondok nining “Website The 8th Generations of Kertamuda” untuk bersilaturahmi, semuga cucunda akan selalu sukses dalam kuliahnya serta dapat mencapai cita-citanya tepat waktunya dan semoga kita semua selalu berada dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Kalu jalan-jalan ke Bandung silahkan mampir di tempat kediaman nining di jalan Sekejati II no 29, Bandung 40284. Tlp. 022- 7302343.
    Jangan be-wak ngan aku, sebab kak Haji Mustofa itu kakangku, Bapang kabantu be mamang ngan aku. Walaupun belum nginak nining tapi gambarannya lah ada di Website, itulah jemenye.
    Memang dusun Arahan itu dusun betuah sejak dulu, selalu ditunggui oleh jeme alim dan jeme pintar. Insya Allah dimase ye akan datang dusun Arahan akan jauh lebih maju dan berkembang. Mbak ini akhi hampir diseluruh Indonesia la ade jeme ahahan ye merantau kesane.
    Kalau ade waktu silakan buka pule “Website Herdiansyah Bidawi”. Ade cerite adinda H.A.Bidawi Zubir, ye lah melang-lanmg buana ke-seantre jagad raya ini. Carenya mudah Tulis saje : “Desa Arahan Lahat” pada Google. Nanti keluar dan “Klik KakeK” ketemulah ye dituju.
    Selamat berlajar dan sukses.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
    Nining lanang di Bandung.

  7. Achmad Bastoni Muare Puntang Says:

    Assallammuallaikum Wr.Wb.
    Sebelumnye Dighi mohon maaf, Dighi ini begitu tertaghek dengah Website ini kene ade besinggungan dengan Dusun Lamanku ( Arahan ) yang mane Dighi ini di laherkan dan di besakan.saya mencucughkan aye mate dengan membace cerite – cerite, entah itu saudare mare dighi aku atau jeme jeme yang pernah ade di hati sanubari juge pernah menyayangi Dighi ini.
    Syukur Alhamdullillah dengan adenya Website ini akan kerinduan dusun laman terobati. Bersama ini pule Dighi perkenalkan, name Achmad Bastoni Bapang Muhammad Su’eh jeme Gedung Agung dalam ( Sengkuang ) Endung Jahibah Jeme Arahan. Sebelumya saye ucapkan terimakasih dan selamat atas adanya Webste ini……
    Wassallammuallaikum Wr. Wb.

  8. Achmad Bastoni Muare Puntang Says:

    Asslammuallaikum Wr.Wb.
    Maaf Neng,kalau lah mbuka blok ninieng ni cucuong minta tolong dengah Ninieng kalau bisa tulung agieh tau emeil dari Herwansyah cucu dari pak Indani Lahat tu, Neing
    Wassallammuallaikum Wr. Wb.

    Dari Achmad Bastoni Muare Puntang di Riau Daratan Hp. 0813 65 509 271


  9. Untuk Cucunda Ahmad Bastoni jeme Arahan.
    Di Riau .
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih cunda telah singgah di pondok nining “Website The 8th Generations of Kertamuda” untuk bersilaturahmi, semuga cucunda selalu berhasil dalam pekerjaannya serta selalu sehat wal ‘afiat dibawah lindungan Allah Swt. La lame die balik kedusun?. Kinai sesekali dusun laman di Ahahan dan sengkuang, apalagi dang musim dehian dan duku.
    Aku dide tau alamat e-mail Herwansyah, die dide nginjukkan alamatnya. Semoga die mbuka lagi Website ini dan tekinah ngan permintaan kaban.

    Haloo Herwansyah, Haloo Herwansyah ade kance kaban ye nak minta alamat atau E-mail atau Hp kaban. Tolong di-injuk tau kami.
    Ahmad Bastoni di Riau menunggu berita kaban HP-Nye no 081365509271. Silakan hubungan langsung ngan die. Terimakasih.

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
    Nining lanang di Bandung.

  10. Achmad Bastoni Muare Puntang Says:

    Assalammuallaikum Wr.Wb.
    Terimekasieh Neng, “sebelumnya cucuong minta maaf”,Nieng waktu ninieng KH. Muhammad Kertamuda meninggal dunia dulu ninieng baliek…..? Ame cucuong hanye dapat berita saje sandi umak ngah bak di Lahat.
    Sebab Ninieng KH.Muhammad Kertamuda tu selalu rajin nginjuk petuah nga kami dulu waktu kami masieh ngumpul di dusun laman dulu. Itu saje kudai neing kebile lagi cucuong sambung lagi…
    Wassallammuallaikum Wr. Wb.

    Sembah Sujud cucuong di Riau
    Achmad Bastoni Muare Puntang


  11. Ning balik ke dusun pada hari kedue dari Bandung. Salam buat kawan-kawan jeme kite ye ade di Riau Daratan. Wassalam.

  12. fakhrul yosdilah Says:

    Assallammuallaikum Wr.Wb.
    Sebelumnye Dighi mohon maaf, Dighi ini begitu tertaghek dengah Website ini kene ade besinggungan dengan Dusun Lamanku ( Arahan ) yang mane Dighi ini di laherkan dan di besakan.saya mencucughkan aye mate dengan membace cerite – cerite, entah itu saudare mare dighi aku atau jeme jeme yang pernah ade di hati sanubari juge pernah menyayangi Dighi ini.
    Syukur Alhamdullillah dengan adenya Website ini akan kerinduan dusun laman terobati. Bersama ini pule Dighi perkenalkan, name fakhrul yosdilah Bapang Muhammad Su’eh jeme Gedung Agung dalam ( Sengkuang ) Endung Jahibah Jeme Arahan. Sebelumya saye ucapkan terimakasih dan selamat atas adanya Webste ini……
    Wassallammuallaikum Wr. Wb.


  13. Untuk Cucunda Fakhrul Yusdilah.
    Jeme Arahan -Sengkuang.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih cunda telah singgah di pondok nining “Website The 8th Generations of Kertamuda” untuk bersilaturahmi, semuga cucunda selalu berhasil dalam pekerjaannya serta selalu sehat wal ‘afiat dibawah lindungan Allah Swt. La lame die balik kedusun?. Kinai sesekali dusun laman di Ahahan dan sengkuang, apalagi dang musim dehian dan duku.
    Barangkali cunda due behading ngan Ahmad Basoni Muara Puntang ye mbak ini akhi ade di Riaw Daratan. Selamat, sampaikan salamku ngan kakang kaban di Riaw.
    Wassalam Nining Lanang di Bandung.

  14. ardhie Says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    blog ini saya temukan dengan kata kunci “desa arahan, lahat” di google
    saya terharu membaca tulisan di blog ini, seperti membawa saya kembali desa itu
    tahun 2000 saya pindah tugas ke Muara Enim dari Kantor Pelayanan Pajak Baturaja tepatnya kantor Penyuluhan Pajak Muara Enim untuk menggantikan pegawai yang mau pensiun.
    selama 2 tahun dinas disana(thn 2000 s/d 2002) saya sering ke Arahan karena ada saudara yang dinas di Puskemas desa Arahan terutama pada saat musim buah. banyak kenangan selama dinas di sana

    Salam kenal Kek, (maaf saya panggil kakek karena seumuran dengan kakek saya)nama saya suardi sering di panggil ardi, orang tua asli Sekayu tp sudah lama tinggal di Palembang, istri saya orang Muara Enim (oleh – oleh selama dinas disana🙂 )
    skr saya dinas di bekasi, tapi tinggal di karawang (karena tahun 2004 s/d 2007 dinas di karawang)
    semoga sehat selalu….

  15. Herman M. Soleh Says:

    Assalamualaikum WW.

    Alam kenal ning. Sebelumnye minta maaf, aku nak ngenalka dighi kudai, aku asli jeme gumay ulu (Tanjung Aur) anye lahir di Pagar Alam. ceritenya niningku (H.Setip/Latief dan Hj. Sekindun) sandi sebelah umak pindah ke Pagar Alam. Niningku (Mesagus dan Selingin) sandi sebelah Bak pindahnye ke Dusun Pelajaran, kecamatan Jarai. anye umak nga Bak tinggal di Pagar Alam (parak Mesjid Agung). umak ngai bak akhirnye taun 1987 pindah ke Palembang, bak meninggal tahun taun 2006 umak masih di Palembang.

    Aku mak ini begawe di PTBA Tanjung Enim, disini ade juge karyawan ye tinggal di Arahan namenye Samiri mungkin nining kenal nga die. die PP ke Tanjung Enim tiap ari.

    Mbace cerite nining, aku teringat mungkin kenal ngai mamangan aku (almarhum) namenye H. Mustofa Kamil. Dulu die kuliah di FE UGM Yogya, mungkin di taun ye same ngai nining.

    Nining juge sempat cerite ttg Yaris Gumay, rumahnye di Palembang itu sebelahan ngai rumah Mang Mustofa, anye mak ini rumah Mang Yaris itu itu la di jual nga cine.

    mungkin sementare itu kudai ning, kel pacak disambung agi.


  16. Hallo Herman M.Soleh.
    Assalamualaikum WW.
    Terimakasih cunda Herman telah singgah di pondok nining “Website The 8th Generations of Kertamuda” untuk bersilaturahmi, semuga cucunda akan selalu sukses dalam pekerjaannya serta dapat mencapai cita-citanya. Alhamdulillah ade lagi jeme Gumay ye tandang ngan nining. Aku kenal baik ngan Samiri die tu masih keluarge nining, ade lagi yang masih keluarge nining ye begawi di TABA, yaitu Nur Muhamad, sepenggawian ngan Samiri. Bininyetu masih keponakan nining.

    Aku kenal baik dengan Mustofa Kamil, name itu dideasing lagi bagi nining. Ape lagi Yaris Gumay, dietu sekance ngan kau sejak di SMP Negeri lahat, humah kami same-same di Pasar Bawah Lahat. Same-same cakau petau sampai kekubah, behanyutan. Mbak ini alkhi Yaris Gumay menetap di Bandung bersame ngan nining. Humahnye di Jalan Parakan Asri no 9. Bandung 40266 Telepon. 022- 7531234.
    Sekali lagi terimakasih lah mampir di Pondok Nining.
    Wassalam.

  17. Herman M. Soleh Says:

    Asslamualaikum Wr Wb
    Ning tuape khabar, muge-muge sehat-sehat bae, mak-itu pule kami disini sekeluarge.

    Ning, kalu ngan Nur Muhammad aku keruan nian, rumah Nur Muhammad separakan ngan rumah aku apelagi adingnye ye ngiring bungsu (papang) kawin ngan kakang ku.

    Ning, kalu biniku aslinye jeme Tanjung Enim, anye lalahir di Palembang dan entueku la netap di Palembang pule. anakku 3 ughang, 2 betine nde bungsu lanang. masih kecik-kecik gale nde tue mpai 7 taun umurnye.

    sementare itu kudai Ning,
    Wasslamu’alaikum wr wb


  18. 63.Untuk Herman M.Soleh di Tanjung Enim..
    Assalamualaikum WW.
    Alhamdulillah nining mbak ini akhi sehat wal afi’at, semoga Herman dan keluargapun demikian juga amiin.Semoga Herman selalu sukses dalam pekerjaannya maupun dalam penghidupannya. Waktu Nur Muhammad sedekah ngantinkan anaknye , nining dide pacak ke Tanjung sebab nining waktu itu kurang sehat kalau bejalan jauh . Tapi waktu die nikahkan anaknye itu di Bandung aku lah hadir menyaksikannye. Bini Nur Muhammad itu keponakan biniku, die jeme Manggul Lahat.
    Kalau ketemu ngan Nakanda Samiri dan Nur Muhammad sampaikan salamku. Memang kalau Samiritu balik akhi ke Tanjung sebab humahnye di Arahan dekat setasiun. Tapi Arahan ngan Tanjung parak kalu ukurun jeme kota besar, hanye 26 km jalan elok pule.
    Selamat bekerja dan sampai dilain kesempatan.
    Wasslamu’alaikum wr wb

  19. arafat Says:

    Men nginak…silsilah aku be uwak dengan pak abbas ini..perkenalkan..name aku arafat,Putra dari H.Zawawi dan Halimah,H.Zawawi san di gedungagung dan Halimah san di arahan…Halimah ini adalah anak dari nenek Nawawi,Men bace cerite diatas….tersebut name uwak aku..yaitu Djamilah dan abbas nawawi…..senang rasanya ketemu didunia maya..sanak2 kami….akhir thn 2008 kemahi aku balek kearahan…umak msh ade..meski sakit2an….uwak abbas la ninggal…kami mak ini di surabaya….men ade sanak kite yg disurabaya….pacak hubungi aku….
    telponku 081553630699….
    aku dinas di pekanbaru mak ini hari…Semoga tetap tejalin hubungan antar keluarga…….


  20. Untuk anda Arafat
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Selamat bergabung dalam blog ini, semoga nakanda selalu berhasil dalam tugasnya. Banyak kawan kite ye telah begabung di blog ini, silakan berhubungan satu sama lain.
    Wassalam.

  21. Nyimas Leni Says:

    Saya Nyimas Leni putri dari Masayu Zubaidah adik dari Hj Masayu Bahya slm kenal.

  22. salikin gumay Says:

    Saya salikin gumay, asal Gumay tepatnye di desa muara tandi lahat damping nge humah pesirah gumay

  23. Hendry Gumay Says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb.
    Name aku Hendry Gumay.Aku manggil Nining atau Uwa ? Aku anak Amir Hamzah, cucung dari Nining Sanaf bin Dulamin.Mungkin ade yang keruan ? Wassalamu’alaikum Wr Wb.


  24. 19.Untuk Nyimas Leni,
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Selamat datang di Blog ini dan terimakasih telah mampir dipondok nining, Saran nining sebaiknya kalu ngenalkan diri agak lengkap datanya supaya sanak sedulur dapat mengenalnya lebih tepat. Umpamanya, lahir di mana , tempat tinggal, sekolah SD dimana atau SMP atau SMA disekolah apa, supaya kawan-kawan yang dulu pernah disekolah itu dapat dengan mudah dan pasti mengetahui, ooh itu kawan sekolahku dulu dsb.
    Selamat bergabung diblog ini.
    Wassalam.

    21.Untuk Nakanda Salikun Gumay.
    Assalamu’alaikum Wr.wb.
    Selamat bergabung di Blog ini dan selamat datang di pondong di pondok Wak. Kaban sisa di Gumay mane , Gumay Lembak. Gumay Ulu atau Gumay Talang?. Menurut dugaanku sisa di Gumay Talang. Silakan kawan-kawan dari gumay untuk saling berhubungan.
    Wassalam.

    23.Untuk Hendry Gumay.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Selamat datang nakanda Hedry Gumay dan selamat bergabung di Blog ini. Boleh manggil Nining karena umurku lah 73 tahun dan boleh pule manggil uwak. Silakan sanak sedulu dari Gumay untuk saling mengenalkan diri dan saling berkomunikasi. Terimakasih.
    Wassalam.
    25.Untuk Nyimas Leni’
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Lah banyak kawan-kawan dan sanak sedulur kite dari Gumay ye lah begabung di Blog ini, semoga ade yang nanggapi komentar dari Nyimas ini. Terimakasih.
    Wassalam/

    27.Untuk Nakanda Maryoto.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Selamat datang di Blog ini dan terimakasih lah begabung dengan kami.
    Silakan Ahmad Bostoni untuk menanggapi informasi dari nakanda Maryoto.

  25. Achmad Bastoni Says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Sebelumnya mohon maaf, aku ade tebace name saudare Arafat, ghase2nye aku kenal kalu dek salah anak wak Zawawi sandi Ds, Sengkuang tu bukan…..?
    Saudare Arafat seragi nga aku ye pejadinye same2 jeme Gd. Agung dan Arahan. Tetapi aku lahir di Ds. Arahan di tepi ayek Lematang (parak Tengkiling)he…he…. Seandainye tebace oleh saudare Arafat di Blog ninineng H.Abas ni, betul dide bahwa wak Halimah ye di maksud tu adelah ayuk dari mamang Kuan ye Ds. Arahan tu….
    Aku Achmad Bastoni ( Takluk Kuantan – Riau )
    Email : a_bastoni2000@yahoo.com
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  26. arafat Says:

    betul nian…achmad bastoni…cuman aku ngan kaban tu lupe2 ingat…bny kance aku dilembak..bename achmad…tuape kabar mamang kuan..???
    aku di surabaya..tapi mak ini lagi dinas di Pekanbaru…(bagan siapiapi)….
    kaban mak ini dimane..??

  27. Achmad Bastoni Says:

    Assallammu’allaikum Wr.Wb.
    Auw….Gi kecik dulu aku tedengagh name Arafat anak Wak Zawawi,kene bile ade sedekah di keluarge wak Zawawidi dusoun Gd. Agung kami selalu panggilan, Mengenai khabar mang Kuan aku dek keruan benau. kene la lame aku de’ balek kire2 sekitar 4 tahunan.
    Dan pule ame lah di Riau midang lah kebadah ku, di Taluk Kuantan – Riau kire2 3,5 jam sandi Pekanbaru.
    Wassallammu’Allaikum Wr.Wb.

  28. asim Says:

    as aku asim jeme pelimbang asli lahat desa arahan salam kenal saje tuapenye kabar jeme lahat semuge sehat 2saje aku anak jamainur ,sulimi jeme banjar sari arahan mungkin ade yg kenal udem kudai selamat ngetam saje salam mualaikum mak ba doakah aku ke ujianlah .salam kenal saje ,

  29. asim Says:

    as halooo,,, tuapenye kabar ceh terutame jeme lahat aku asim jeme palembang asli lahat tuapenye kabar jeme lahat lah udim blm ngetam mak aku disini sehat 2 saje . asuar ngan sanak 2 smoga sehat 2 saje mak ba, aku disini sehat saje ame hindu cungai bulan … dem kudai salam kenal saje ngan jeme lahat merinim .


  30. Untuk nakanda Asim jeme Palembang asli lahat.
    Assalamu’alaikum Wr Wb.
    Selamat tandang ngan kami di pondok ini, semoga ade kance-kance kite ye tandang pule ye kenal ngan asim. semoga kite semua sehat wal afiat dan sukses selalu.
    Wassalam.

  31. asim Says:

    halo… tapenye kabar jeme lahat merinim untuk wak H.abas AH kartamuda ./katonyo di bandung dimano ngapo aku telp nomornyo idak aktif aku asim di panyeleukan cibiru wak pck dak aku tandang kerumah wak. ?


  32. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Untuk nakanda Asim di Panyieleukan Bandung. Silahkan tandang kehumah tapi telpun dulu . takut kami dide di humah , karena kami hang due saje di humah. Tlp. no 022-7302343. atau HP no o81 21461036. kami tunggu.
    Wassalam.

  33. asim Says:

    haloo,……. tapenye kabar jeme lahat mak bak aku ke balek tgl 30 aku nak masuk stm merinim saje makmane ngan asuar lah di terime belom .,,? umunakah ngan asuar ngape aku sms dide di bls ./…….mak tapenye kabar di dusun /… semuge sehat 2 saje mak bak doa kah aku sehat 2 saje dem kudai salam saje ngan jeme lahat salam mualaikum ,………

  34. Andy Says:

    Assalamualaikum,wak Abbas. Aku andy,asal sandi lahat. Akunie anak johan dusun gunung kembang iligh (merapi). Endung aku jeme kikim dusun pagar jati.Raseku dulu ebak aku pernah cerite,nyebut name wak abbas nie.kalu wak abbas kenal dengan ebak aku johan.anye mak ini die la ninggal tahun 2007 dulu. Kalu bace kertamuda tu aku teringat dg kiaji Muhammad kertamuda pasih rumah kami ditalang jawe. Kurase mungkin ade hubunganye wak abbasnie dg kiaji Muhammad kertamuda tu? Klu adiengnye yg betine aq manggilnye bik fatimah. Senang pule rasenye,rupennye ade pule bahase lahat diinternet.hhh. Ngomong2 wak ade dide lokak gawean? Akunie mak ini dang nganggur. Nah untuk kance2 lain jeme lahat yg mampir ke web ini,yang nak bekance dengan aku hubungi be dino hp 085758534099.atau dialamat email: andyperdana34@yahoo.co.id. Semoga kite yang begabung disini pacak jd sanakanan gale.mohon maaf kalu ade kate2 aku yang kurang berkenan. Terime kasih bnyak atas perhatiannye.

    Salam,
    Andy


  35. Aku kenal dengan Johan ye begawi di Kantor Agame Lahat.Aku masih tehingat wajahnye
    Mbak ini akhi wak lah 20 tahun pensiun, jadi wak dide banyak keneksi lagi. Oleh sebab itu wak dide tekeruan lagi ngan urusan penggawian. Maafkan wak ni. Wassalam.

  36. asim Says:

    …? hloooo, tapenye kabar jeme lahat mang bastomi tu jeme mane aslinye aku ni asli jeme lahat ini no aku 087822202478 mang ame kebalek pailah aku ke balek ke lahat tgl 2 bln depan ame nak sehampak.,……..< bagi jeme lahat merinim salam kenal saje ini alamat mail aku andika_xtc@yahoo.co.id dem kudai salam mualaiku

  37. astek Says:

    mak aku lah lulus bhs indo 8 mtk 6 bhs igg 7 ipa 8 mak aku ke balek tgl 2 atau 3 tape nye kabar umak semuge sehehet saje aku nak nyambung ke stm 2 merinim mak ngape uji beldi aku nak balek di marahi bak pukoknye aku nak balek lah dide lagi tahan udem kudai salam ngan keluarge di dusun salam mualaikum ./,,,,,,,

  38. astek Says:

    mak ngape aku dide di ajung balek

  39. west Says:

    kumaha damang ieu sareng wak abas ame sedi panyeleukan ke huma wak naik mobil ape alamat huma wak tu dimane blok ape mangke aku pacak tandang aku ni asli jeme arahan sengkuang kalu nagn wak sapawi aku kenl jeme arahan ame nak nitip pesan ngan jeme 2 arhan aku kire 2 ke balek tgl 2 kele aku cucung sinue anak jamainur kalu di senakuang klo di arahan sapawi tu ninik aku .,.. sapawi yg parak dgn stasion arahan ,.wak aku minta alamat wak abas kartamuda klo kite ni masih gi kawan atau sedulur aslm,.

  40. asim Says:

    mak itu nian klo betemu ngan keluarge di ratau ase lulok keluarge diwek ,….

  41. astek Says:

    as,.. kendek wak abas kartamuda . wak ini aku asim selamat hari lebaran minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin ,,, itu saje wak semuge selelu sehat 2 saje amin ,.. waalaikum salam

  42. uadang Says:

    salam kenal saje ngan jeme lahat merinim ii aku jeme sepahang ./////.,.,.? base udiman tu anak samsudin jeme gedung agung dieni kance aku di merak dulu sape yang kenal ngan die tulong ijok tau aku./

  43. Salman Alfarisi Kertamuda Says:

    untuk ardhie masih tinggal dikarawang gak?,,ini dengan salman salam kenal

  44. malian Says:

    salam kenal saje, nenek puyangku dulu jg
    dari arahan, menahani aku tinggal di lampung, lah lame nian aku dek paca’ asli dusun sane, di lampung ade pule dusun yang namenye lemtang(tanjung Bintang) jamenye rate2 isa disane. itung2 aku saje lah generasi ke lime.

  45. Achmad Bastoni Says:

    Assallammuallaikum, Wr.Wb.
    Man, Tuape Khabar….. ? aku keruan nga kaba’mungkin kaba’ keruan ngaghi aku. Aku kawan nga Salabi , “aku jeme Arahan”, Ghumah kami di lembak di tepi ayek Lematang parak Ghumah mamang Herman ye begawi di kantor pos pusat di Palembang. Kalu di Lahat Ghumah kami di perumahan dinas kereta api ( RD. PJKA Lahat Jln. Merpati no. 66 A )Aku ma’ini aghi tinggal di Riau ( Kuantan Singingi ).
    Wassallammuallaikum wr.wb.

  46. Asim Says:

    Base jarot kace samsuden….anaknye marmayu suge,suri,asuar yang tekeruan badanye ujinye di rantau dang pcklek atau pecah gestapu… Itv saje salam sendi jeme sepahang badah un9usuti bwah mub.il lmb …. Ugeman jeme rantau asli. Para umah arsam tampal ban .

  47. fakhrul lematang Says:

    assalamualaiku wrwb.
    salam Kenal ning,base akune jeme dusun sengkuang name bapang ku Alm Masidin dulu kepala Desa Sengkuang ,dulu aku sekolah di smp mehapi depan kantor polisi,makiniahi menetap dibatam dan bini ku jeme jarai,aku nak naye ngan kamu kenal dide ngan niningan kami ye humanye di parak kantor pos Arahan dl namenya Kakek H Abdul Majid name anaknye mang Jalal dan bayak pule keluarge kami ye di mehapi,arahan dan gunung kembang kl kamu kenal tolong sampaikan salam kisandi aku cucunge karena kami la lame dide midang ke sane tuape badah jauh merantau ke Pulau Batam,terime kasih dan dengan adenye situs ini semoge tali silaturahmi kite terjalin baik walaupun badah jauh.terimekasih baynak neng salam saje ngan kance2 ku alumni SMP N Mehapi dulu.wasalam fakhrul jeme lematang


  48. aku ne jme arahan kang kebile balex kami lah hindu ngan kb tu to ; adyt from ; yufri xg tngl d bvcv sana , bwat yg knl dgn yuf salam hindu saje dari dusun arahan

  49. fahmi sa'i Says:

    asl_
    salut ng puyanG( bnw dde cz bi lela mustfa td pntw ne2k).
    aq dk sngje klik arahn td,,nmuka web ne..
    mdh2n ne jd wdah kndek jeme arahn ngenal sdkit sejarah kte tuk gnrsi brkutY..
    salam dari cu2ng sa’i bin h. abdullah


  50. assalamualaikum Wak H.Abbas Kertamuda yang terhormat :
    Jujur saja setelah membaca ulasan wak abbas sungguh terenyuh,seakan mata hati saya menangis. dg bgitu sederhana kalimat demi kalimat wak ceritakan kenangan selama di Ds,Arahan

    Saya Anton Syafri putra almarhum Syamlawi Bakrie ,yang thn 86 s/d 90 pernah pedidikan di akademi pelayaran Semarang yg pernah nemuin Wak abbas waktu di kepala Pos Giro diSemarang rumah dinas Pos di daerah dkat Rs Elizabeth saat itu,saya masih ingat saya pernah sholat manghrib berjamaah di rmh tsb bersama wak Hj Muhamad berserta istri dan satu lagi sy lupa ada satu orang yg namanya lupa.
    Kalo Kapal ku singgah di Semarang,sy smpatkan lewat di depan rumah dinas yg besar tsb disitulah pernah salah satu putra Arahan memimpin kepala Pos se Jawa tengah bangga sekali saya bisa bercerita dg rekan2 sy yg dari penjuru negeri ini bahwa wak abbas pernah menorehkan sejarah. Sudah 25 Tahun sy tidak bertemu lagi dg Wak Abbas
    Wak Abbas Yth: Terima kasih dulu wak pernah memberi sy Uang 55.000, begitu senangnya sy yg dlm perantauan di kash duit,wak mngkin lupa tp sy tetap mengingatnya,dan uang tsb sy manpaatkan untuk membeli buku utk kuliah sy waktu itu
    Saya sendiri saat ini masih mengarungi laut dan sudah 20 Thn mengabdi

    Maaf ya Wak Abbas, jgn marah atau trsinggung dg ulasan sy,tp inilah ungkapan sy yg sebenar benarnya ,Amiiin
    Semoga diberi kesehatan,kebaikan selalu dimudahkan segala sesuatunya Amiiinnnn
    Wassallammmm

    Tertanda Salam hormat saya dari atas Kapal KM.KELUD Passenger Ship PELNI LINES
    ANTON SYAFRI…………………………………………………………….


  51. assalamualaikum kakek H. abbas Kertamuda yg terhormat
    jujur saja saya terharu mendengar cerita dri kakek,
    perkenalkan saya asty cucu dari sehak desa arahan yang rumah nya sekrang di dekat stasiun arahan ( banjar sari )
    mungkin kakek abbas tidak bakal tau dengan cucunda,
    tpi cerita dari kakek sudh lebih dari cukup untuk menambah pengetahuan saya tentang desa arahan yang tadi ya tidak tahu sm sekalai dengan sejarah desa arahan.
    salam hormat dari cucunda
    semoga di berikesehatan, dan dimudahka segala sesuatu
    wassalammmm

  52. Darwan Says:

    Ass. Wr Wb. Senang rasenye mbace cerita uwak ape nining nih, aku gimapi pacak uwak/nining nih ade di bandung padahal kami dulu tinggal di Antapani bandungkisan ditaun 1991, minahi ghumah kami di daerah Holis bandung. Kenalkan nameku Ahmad Darwansyah pacak dipantau darwan saje dulu aku sekolah di Universitas Pasundan jl. tamansari Bandung bapangku jeme Banjarsari namenye Jainudin begawi di PTBA tanjung enim minahi lah pensiun. Ditanjung masih uwak ujiku Pak Arfan Deli jeme Banjarsari pensiunan PTBA ngatekah pacak ngan uwak/nining nih bahkan pernah betemu waktu uwak/nining jalan2 ke Tanjung nak nginak Tambang Arang katenya, Wak/nining aku begawi di Kementeriaan Keuangan di Dirjen Pajak dulu di bandung lah pindah2 tulah minahi aku dang dinas di Semarang lah setahun setengah…..salam kenal saje kisan di ponakan/cucung nih…….wassalammm

  53. Marwiyah A.s Says:

    ass. wr.wb neng senang rasenya pacak nginak poto nining , walaupun di gambar ,slam kenal isandi cucung di lematang ,lampung. name aku ni Marwiyah anak isandi Ahmad Sayuti, aku ni cucung sandi Hi.Muhammad Yusuf di lematang lampung.
    Neng selamat menunaikan ibadah puase 1433 H semoga kita dapat menjalankannya dengan hikmat dan semoga kita dpat betemu karena aku pacak cerite nining ni isandi abah aku dulu , menahi abah aku lah almarhum
    sekian wass. cucung yang di lampung.

  54. Zulbidin Zubir Says:

    Ass. W.W Mang, leluhur kami kisan di Banjarsari ade juge sanak kadang kami di Arahan teghingat amun balek ke dusun tughun di tasiun Arahan. Alm nining kami Abu Yazid, Alm bapang kami Amat Zubir begawi BPM same nga Basip bapang Marfu’ah ye diceritekan mamang. aku maini aghi tinggal di Bandung.

  55. redi aprianto Says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Injek nau aku bukak google pacak betemu dgn jeme arahan jeme suku muare puntang alhamdulilah aku lah banyak nengau cerite sandi jeme tentang dusun arahan apelagi tentang ayik langkuh yg jadi badah. Ndauh ikan parak hmah H.BIDAWI ZUBIR untuk masyarakat dusun arahan yang jauh jangan lupekan dusun laman suku muare puntang

  56. isniarisna Says:

    Halo lam kenal kakek aku cucu dari Malani dr Banjarsari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s