Basmallah

1. Kisah ini merupakan Autobiography dari penulis, dengan maksud agar anak cucuku akan terdorong untuk lebih giat belajar, bekerja serta berusaha dalam mengarungi kehidupan yang penuh tantangan dan persaingan, oleh karenanya sangatlah diperlukan keahlian dan keterampilan, keuletan serta ketekunan apabila ingin tetap maju dan survife agar tidak menjadi beban masyarakat. Jangan sekali-kali mengandalkan orang lain untuk maju dan berhasil, tetapi harus datangnya dari diri sendiri.

2. Kisah ini kubuat menjelang usiaku yang ke-70 tahun atas saran puteriku Hj. Dra.Fatchiah Ekowaty Kertamuda M.Sc, karena menurut puteriku tersebut mumpung ingatan masih segar atas segala peristiwa yang dialami dalam hidup.
Diharapkan dalam enam bulan semenjak dimulai penyusunan kisah ini telah dapat selesai.
Mengingat banyaknya peristiwa dan kesan penting yang terjadi serta lamanya masa yang harus diteliti wajarlah kalau penyusunan kisah ini akan memakan waktu berbulan-bulan.

3. Kisah ini kususun berdasarkan ingatanku yang rasanya masih segar serta jernih serta sebagian besar didukung pula oleh data secara tertulis dari setiap kejadian dan peristiwa.
Memang benar sebaiknya suatu kisah kehidupan pribadi hendaklah ditulis oleh pemilik kisah itu sendiri agar lebih pas dan sesuai pula dengan apa yang sebenarnya dialami dan dirasakan. Baik yang pahitnya maupun yang manisnya dapat tertuang dalam tulisan ini.

4. Pada mula penyusunan kisah ini ialah dengan cara memasukkan semua data dan peristiwa sesuai dengan ingatanku, yang menurutku penting untuk dikisahkan. Setelah itu dicocokkan dengan data tertulis jika ada, kemudian diperhalus baik kata-katanya maupun kalimatnya. Jika pada waktu penyusunan kisah ini ada yang tertinggal mengenai suatu kejadian langsung disisipkan pada kisah ini disesuaikan dengan waktu dan tempat kejadian.
Kalau dari hasil yang ditulis ini dirasakan ada kekurangan ditambah dan jika ada yang tidak pantas diceritakan maka dihilangkan. Sebelum kisah ini di bukukan aku meminta agar anakku Hj. Dra. Fatchiah Ekowaty Kertamuda M.Sc mau mengoreksinya, menambah jika masih ada yang perlu ditambah dan mengurangi bila tidak pantas untuk dikisahkan. Disamping itu agar tata letak cerita itu supaya menyambung dan ber urutan hingga enak dibaca. Demikian pula bagi anak-anakku yang lain yang ingin mengoreksi dan menghaluskan ceritanya memang amat sangat kuharapkan.

5 .Inti penting dari Kisah yang kutulis ini terletak pada Bab V, yang memuat kejadian kejadian yang kuanggap penting dan sulit kulupakan serta kesan-kesan yang khas selama bertempat tinggal atau berkunjung ke-tempat-tempat tersebut. Oleh sebab itulah maka sistimatika pada Bab V agak berbeda dengan bab-bab lainnya

Bandung, Juni 2006

Penulis,
Abbas bin Abdullah bin Abdul Hamid Kertamuda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s