III. Pindah ke Kota Lahat ke I. [1948-1953].

Saya dan kanda Mukhtar melanjutkan sekolah di kota Lahat untuk kls VI. Tepatnya tannggal 31-Juli tahun 1948. Pindah ke sekolah Rakyat no 1 [ terkenal dengan nama sekolah itam]. Setelah kurang lebih 3 minggu di sekolah itam itu, kami dipindahkan ke Sekolah rakyat no 3 di Talang jawa, karena kami dari sekolah didesa harus ditempatkan disekolah yang belum banyak muridnya. Pada waktu itu SR di Lahat hanya 3 buah. Sr. no I atau disebut sekolah Itam karena cetnya hitam ;letaknya di tengah kota dibelakang kantor Pos. dan khusus disediakn untuk murid laki-laki. Dan SR no 2. Berdekatan dengan SR no I khusus disediakan untuk puteri dan SR no 3 di Talang Jawa campuran laki-laki dan perempuan.

Pertama kali kami tinggal di Lahat ialah dipasar bawah, di rumahnya Na Lis, adiknya bernama Na Cik ibunya bernama Kim lok yang dulu keluarga ini memang tinggal di desa Arahan berdekatan dengan rumah kami di Arahan. Keluarga Kim Lok ini memang sangat baik dengan kelaurga kami, karena keluarga kami dianggap tua-tua mereka di desa Arahan.
Setelah itu kami pindah ke Bengkel Nung terletak bersebelahan dengan bioskop di Pasar.
Lalu kemuadian kami pindah mengontrak rumah di depan Penjara Lahat.

Pada waktu kami mulai masuk SMP kami mengontrak di Jalan Serelo ditempat embah buyut dekat rumah pak Yunus Guru Smp Negeri Lahat.
Pada mula kami sekolah ke Lahat hanya kami dua beradik saja yang melanjutkan ke SR kls VI .Setelah itu barulah banyak kawan-kawan yang sekolah ke Lahat dari desa Arahan, Merapi, Kebur dll.

Untuk menambah jajanan , kalau sore hari selepas sekolah aku bedagang Es mambo; Bahannya mengambil di Pabrik Es pasar baru. Hasilnya lumayan, kalau laku sepuluh dapat dua es berarti keuntungan 20 % sebagai upah jual.

Disamping itu kalau sore hari aku dan Mukhtar berkawan dan membantu Martin yang bekerja di Toko Roti Kim bi di pasar. Lumayan juga dapat sisiran untuk jajan dan rokok.
Kawan-kawan kami yang ngontrak di depan ubak lahat dari desa Arahan antara lain: Marudin, Suhibin, Kumaidi, Syamsuddin, Aribi, Mat sholeh; Dari Merapi Abdur Roni dan dari Kebur, Lautan Arsyad Arahan.

Setelah menyelesai pendidik SR kls IV. Aku meneruskan ke SMP di Jalan Serelo, yakni mulai Juli 1949, Setelah itu sekolah kami pindah ke Sukaratu untuk sementara sambil menunggu gedung Baru Smp Negeri sedang dibangun. Setelah selesai pembanguna Gedung SMPN di Gunung Gajah, maka kamipun pindah ke Gununng gajah, pada waktu itu kami telah naik kekelas III.dan tidak lama lagi akan menempuh ujian akhir SMP.
Akupun pindah tempat tinggal bergabung dengan kanda H.Muhammad di Lahat Tengah kurang lebih 4 bulan, kemudian aku pindah duluan ke Pasar bawah dimana Ayah kami telah membangun rumah di Pasar Bawah Lahat. Dan tak lama kemudian kanda H.Muhammad dan keluarga menyusul pindah ke Pasar Bawah ilir. Aku menempati kamar depan sekali sedang rumah besarnya ditunggu oleh kanda H.Muhammad.
Di Pasar Bawah aku mendapat kawan yang sama-sama sekolah di SMPN yakni Yaris Gumay. Kami berdua sering kalau minggu cari kayu api, sayur-sayuran seperti petai cine sampai ke dusun Kuba untuk bekal betanak karena kami betanak dewek.
Kalau sore hari setelah sekolah sekolah aku ikut kursus ngetik untuk memperlancar dan menambah keterampilan.Kursus negtik di Pemuda Pasar lama, dekat Masjid Agung Lahat.
Setelah lulus dari SMP Negeri Lahat, maka aku beranglkat ke Jogya bersama Mohamad Ali, budak Dusun Muara Lawai dusun besar [Seberang lematang]

 

136 Responses to “3. Lahat (1)”

  1. Icha Says:

    saya asli orang palembang kota. Tau lahat tapi ga pernah kesana katanya sih banyak tempat pariwisata yang bagus ada gunung dan air terjun. yah seperti di puncak sukabumi gitu lo. Saya kepinggin sekali jalan jalan ke lahat tapiwaktunya ga ada apa lagi saya udah menetap di jakarta sekarang. Tapi lain kali saya akan menyempatkan jalan jalan ke lahat. Love You Lahat & pagar Alam

    1. redi aprianto Says:

      Payo men nag jalan-jalan atau wisata kelahat ke diantar

  2. Peddy Says:

    aku jeme lahat asli.. lahir aku dipagaralam, dan besar dilahat sampai SMP. sma dan kuliah kuhabiskan di palembang. setelah kerja, aku berdomisili dijakarta smp sekarang. namun tiap libur kuhabiskan dilahat dan palembang krn jeme tue mase disane..
    dek kenade ka lupe betape alap nye lahat..
    Viva Lahat, Viva Indonesia

    1. Mr Says:

      halloo pak Peddy… mohon bantuan untuk Toko cake & Bakery yang enak di Lahat dimana y..? Urgent ! tq..:)


  3. 7. Untuk Sdr Peddy.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih atas tanggapan Anda pada Website Kertamuda, semoga kita semua selalu
    berada dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Mudah-mudahan Website Kertamuda ini dapat dijadikan
    salah satu media untuk bersilaturahmi antare jeme Lahat baik ye ade di perantauan maupun yang bertempat tinggal di Lahat.
    Pada saat ini ada perkumpulan jeme lahat yang telah mapan yang telah lama berdiri; anggotanya lebih dari 200 keluarga yang diberi nama : “ Himpunan Keluarga Seganti setungguan Bandung”. Pada waktu ini diketuai oleh Sdr Drs H.Zoelkarnaen MBA dan sekretarisnya Sdr Soedirman Yahim. Alamat Sekretariatnya ialah Jalan Kuningan Raya no 50 Bandung 40291
    Telepon 022-7279284.
    Sekiranaya Anda berkesempatan ke Bandung dapat bersilaturahmi drngan kawan-kawan sesame jeme Lahat di Bandung.

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


  4. Untuk Sdr Sdr di Jakarta.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih atas catatan Anda pada Website Kertamuda, semuga anda akan selalu berada dalam keadaan sehat wal afi’at serta sukses selalu. Karena Anda aslinya berasal dari Sumatera Selatan
    ada baiknya mengunjungi Lahat yang jaraknya hanya 220 Km dari Palembang, apalagi pada waktu ini jalan dari Palembang ke Lahat cukup bagus. Dari Palembang anda meliwati Kota Prabumulih dan Kota Muara enim dan kalau diwaktu musim buah-buahan disempanjang jalan antara Prabu Mulih hingga ke Lahat banyak sekali dijual buah durian, duku , rambutan dan lainnya. Sebelum memasuki kota Lahat kurang lebih 12 Km lagi ada sebuah jambatan panjang yakni jambatan Kebur. Tidak jauh dari situ ada jalan menuju ke tempat wisata sekolah Gajah di “Pehangai”. Setelah itu kalau anda menoleh kesebelah kiri akan terlihat sebuah bukit yang cukup indah yang dikenal dengan nama “bukit Tunjuk” , karena bentuknya seperti telunjuk. Bukit ini kalau dilihat dari arah tanjung Enim nampaknya seperti ibu jari , oleh sebab itulah orang Tanjung enim menamakannya bukit Jempul. Pokoknya banyak lagi pemandangan alam yang ada di Lahat dan sekitarnya. Cobalah datang dan berkunjung ke Lahat.

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  5. Anton A H Says:

    Di Bukit Serelo itu dulu tahu 1998-2000, terhitung sudah 5 kali saya menginap, dalam ragka mengajak adik-adik kelas mengenal alam bebas. Saat itu masih sekolah di SMU Negeri 1 Muara Enim, teribat kegiatan dasar-dasar pencinta alam dalam Laskar Muda Pencinta Alam (LAMPEA).

    Kalau hendak menginap (camping) di sana, naik saja kendaraan umum jurusan Lahat – Muara Enim, turunnya di Desa Ulak Pandan. Warga Desa yang ramah akan dengan senang hati menunjukkan jalan setapak yang dapat ditempuh menuju ke kaki bukit dari pinggir jalan raya. Lumayan jauh. Selain melintasi Desa tersebut sampai ujung, kita akan melewati jembatan gantung panjang menyeberangi Sungai Lematang. Dari jembatan itu ke kaki Bukit juga lumayan lah.

    Nanti ketemu lagi jalan aspal yang kalau ditelusuri akan mengantarkan kita ke sekolah Gajah itu.

    Dari “Pintu Rimba” nya, ke atas, dengan jalan yang mendaki terus, kira-kira satu – dua jam perjalanan kaki.

    Area Camping dapat sebelum punggung bukit, dapat juga turu lagi setelah punggung Bukit. Sedangkan untuk menuju puncak tertinggi yang masih dapat di daki, masih harus melewati lagi jalan menanjak curam yang dikelilingi rerumpunan rumput setinggi kepala. Di puncaknya, vegetasi yang tumbuh umumnya rumput Jepang. Untuk sapai ke puncaknya betul malah harus memanjat (climb), karea sudah berupa bat dan kemiringannya antara 75 – 90 derajat. Malah ada juga bagian-bagian yang membentuk “roof”.

    Dalam hari pertama perjalanan, sebaiknya berhenti saja di area camp da mendirikan penginapan sambil beristirahat. Perjalanan ke puncak dapat dilakukan esok harinya, karena hanya memakan waktu sedikit saja. Hanya saja memang paling meelahkan di bagian itu.

    Dari atas panorama sangatlah luar biasa dan membuat takjub. Kita bisa melihat aliran sungai Lematang yang meliuk-liuk, sapai batas pandang di daerah Muara Enim. Ke arah timur juga terlihat rimbunnya hutan perbukitan di Tanjung Enim sampai daerah Semendo. Jika sedang berada di atas, kita akan segera sadar betapa kecilnya kita :)

    regards,

    Anton
    antonario@telkom.net


  6. Untuk Sdr Anthon A.H.
    Terimakasih, Anda telah memberikan informasi yang sangat lengkap tentang sekolah Gajah di kaki “Bukit Serelo” atau Bukit Jempol atau Bukit Tunjuk dan sekitarnya. Bahkan arah dan jalan menuju tempat Camping dan puncak bukitpun dijelaskan . Mudah-mudah ada yang berminat untuk Camping ke Bukit serelo tersebut sambil melihat keindahan alam disekita bukit serta melihat sekolah Gajah yang ada di desa Perangai.
    Tks.

    Untuk Sdr Anthon A.H.
    Terimakasih, Anda telah memberikan informasi yang sangat lengkap tentang sekolah Gajah di kaki “Bukit Serelo” atau Bukit Jempol atau Bukit Tunjuk dan sekitarnya. Bahkan arah dan jalan menuju tempat Camping dan puncak bukitpun dijelaskan . Mudah-mudah ada yang berminat untuk Camping ke Bukit serelo tersebut sambil melihat keindahan alam disekita bukit serta melihat sekolah Gajah yang ada di desa Perangai.
    Tks.

  7. wuri Says:

    halooo, salam kenal.saya lahir di kota pagaralam 23 tahun yang lalu. saya tinggal di sana sampai smp. setelah smp saya meneruskan sekolah di bandung sampai sekarang. walaupun saya tinggal di bandung, saya selalu rindu dengan kota pagaralam dan lahat, saya selalu rindu dengan keindahangunung dempo dan air terjun lematang. saya juga selalu rindu lahat dan pagaralam karene cinta pertama saya cowok lahat yang sekarang berdomisili di pagaralam. saya berharap suatu saat dapat kembali ke sana. hoply.

  8. Ansori Mukhlis Says:

    Assalamulaikum,
    Salam Sujud Cucunda dengan neneknda H.Abbas AH. Kertamuda,

    Sebelumnya cucung nak ngenalkan dihi, name aku Ansori Mukhlis Alwi, anak dari Muhammad Alwi Noer (Arahan) & Husilah (Prabumenang), yang sampe mak ini ahi masih tinggal di Jambi. Kami ade enam bersaudara, lanang gale (Khairul saleh, Syahril Lubis, Ansori Mukhlis, Ahmad Farizal, Muhammad Sahdon & Amnu Rais). Kakang aku yang paling tue, Irul, mak ini jadi pegawai DEPAG Kec. Merapi, Lahat dan Adeng aku Sahdon begawi dan tinggal dilahat, Talang Jawe, sedang aku dewek tinggal di Palembang.
    Aku sangat bersukur pacak nemukan Website Kertamuda, sehingga kami terus bersilaturahmi dengan Neneng di Bandung, dan aku janji akan meneruskan Website Kertamuda ini dengan dulur-dulur aku yang laen. Akhir kate aku sangat berharap, neneng dan keluarge selalu sehat Wal a’fiat.

    wassalam,
    Mukhlis


  9. Untuk ananda Wuri jeme Pagaralam.

    Bandung, 2 September 2007.

    Assamalamu’alaikum Wr.Wb.
    Alhamdulillah kita dapat saling berkomunikasi melalui sarana internet ini, Semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah Swt.
    Terimakasih atas komentar ananda dalam Website The 8th generation of Kertamuda, semoga ananda selalu sukses dalam segala hal, baik dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang kehidupan pada umumnya.
    Tidaklah mudah untuk melupakan tempat kita di lahirkan dan dibesarkan karena pada umumnya disitulah kesan-kesan pertama kita yang mendalam terbentuk, begitu juga dengan ananda Wuri; sukar untuk melupakan Pagaralam dengan keindahan alamnya; gunung Dempo yang megah menjulang tinggi dibawahnya terbentang kebun teeh yang luas sejak beratus tahun yang lalu; Air Terjun sungai lematang yang sangat curam itu semuanya membawa kenangan kita pada masa-masa kecil kita, tempat kita bermain dan ber- rekreasi.
    Semoga ananda dapat berkunjung kembali ketempat yang indah dan mengesankan itu, untuk bernostalgia dengan pacar pertamanya jeme lahat itu.
    Selamat belajar dan berusaha.
    Assamalamu’alaikum Wr.Wb.

    Untuk Cucundaku Ansori Mukhlis, Generasi ke 10Th dari Keturunan Kertamuda.

    Bandung, 2 September 2007.

    Assamalamu’alaikum Wr.Wb.
    Alhamdulillah kita dapat saling berkomunikasi melalui sarana internet ini, Semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah Swt. Kita bersyukur kepada Allah Swt karena dapat dipertemukan melalui internet ini, nenenda rasanya belum pernah bertemu dengan cucunda sebelumnya, karena tempat kita berjauhan.

    Semoga cucunda selalu sukses dalam segala hal, baik dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang kehidupan pada umumnya.
    Cunda termasuk generasi ke sepulu dari keturunan Kertamuda. Dengan silsilah sbb :

    1.**. SILSILAH KERTA.

    **Depati Kerta Tua. anaknya ialah.
    **DEPATI KERTAMUDA. anaknya ialah: [Pertama].
    **Pangeran Kerta Guna. Anaknya ialah.[ke-2]
    ** Hulubalang Jumul. Anaknya ialah: [ke-3
    **.Samal.anaknya ada 3. ialah: ke-4
    1.Djenasin. **.2.Bilal Sanggun. Ke-5 3.Mendaur.
    Anaknya ada 2 orang yakni:

    1.H.Muhammad Said. **2. H.ABDUL HAMID. Ke-6
    Anaknya ada ada 4. Anaknya ada 3.

    1.H.Nawawi. **1.K.H.ABDULLAH MASRI. Ke-7
    2.Manawi. 2.Hj.Kasidap.
    3.Aminah. 3.H.Mohammad Ali.
    4.Fathimah.

    Anak Hi.Nawawi. Anak-anak K.H.Abdullah Masri.

    1.Salehah. 1.A.Mukti. 10.Fathmah.
    2.Salamah. 2.Moh.Nur. **] 11.H.Muhammad.
    3.Muhayyah. 3.Nuridah. 12.H.Hasan.
    4.Djamilah. 4.Siti Halimah. 13.Muchtar.
    5.Moh.Abbas. 5.M.Sholeh. **14.H.Abbas A.H.Kertamuda.
    6.Fathmah. 6.H.Ismail. 15.Asmah.
    7.Halimah. 7.Salamah. 16.Azhari.
    8.Nafsah. 8.Maimunah. 17.H.Usmawi.
    9.Faruq. 9.Muhammad. 18.Laisyi.
    19.Fathimah.

    2.Moh.Nur. **] [Generasi ke-8]
    anak-anaknya ialah:
    1.Seman.
    2.Romli.
    3.Syamsuddin.
    4.Maryam.
    5.M.Alwi. **]
    6. dst.
    5.M.Alwi. **] [Generasi ke-9].
    Anak-anak M.Alwi ialah:
    1.Khairul Saleh.
    2.dst.
    3.Ansori Mukhlis. [ Generasi ke 10.]

    —————————————————————-

    Anak-anak Hj.Kasidap. Anak-anak H.Moh.Ali.
    1.Hj.Basihah. 1.Fathimah.
    2.H.Moh.Yusuf. 2.Djawahir.

    3.H.Moh.Dahlan. 3.Ishaq.
    4.H.Hafsah. 4.Ja’cub.
    5.M.Nuh. 5.Hj.Ainah.
    6.Zainuddin. 6.Hamid.
    7.Ainun.
    8.Muzannah.
    9.Maknun.

    PENJELASAN:

    1.H.Abdul Hamid Lahir tahun 1837 dan wafat pada tahun 1942 di kampung Arahan dimakamkan didekat Masjid Arahan. berusia 105 Tahun.
    Istirinya bernama Hj.Aminah, puteri Depati Perbalam dari Sirah Pulau meninggal dunia pada tahun 1948 di desa Arahan dalam usia 92 tahun. Dikebumikan bersebelahan dengan suaminya dekat Masjid Arahan.

    2.K.H.Abdullah Masri, wafat tanggal 12 April 1958 di Pasar Bawah Lahat, dikebumikan di Talang Kapuk Lahat dalam usia 77 tahun.
    Isterinya:
    1].Rasunah meninggal dunia than 1927 dalam perjalananan menunaikan ibadah haji dan dimakamkan di Pulau Limau [Singapore] putera-puterinya ada 7 yakni yang no 1 s/d 7.
    2].Rentimun, meninggal dunia tahun 1910. Mempunyai seorang puteri yang no 8.
    3].Barunah. meninggal dunia tahun 1925 mempunyai seorang putera yang no 9.

    4].Hj.Najemah Azhari isteri yang dinikahinya di Makkah, meninggal dunia pada tanggal 14-05 -1981 di Pasar Bawah Lahat dan dikebumikan di Talang Kapuk Lahat. Dalam usia 71 tahun. Putera-puterinya ada 10 yakni yang 10 s/d 19.

    3.Hj.Kasidap.meninggal dunia di Kampung Lematang Tanjungkarang.
    Suaminya bernama H.Abdul Qodir meninggal dunia tahun 1965 di Tanjungkarang. Putera-puterinya ada 5 orang.

    H.Moh.Ali Wafat tahun l967 di Kampung Lematang, Tanjung Karang.
    Isterinya:
    I].Rus mempunyai seorang puteri yang no 1.
    2].Maimunah: mempunyai seorang putera yang no 2.
    3].Seningin, tidak mempunyai putra-puteri.
    4].Asinung. mempunyai putera-puteri 7 yang no 3 s/d 9.

    Silisilah diatas ini dibuat pada 12 Muharam 1388 bertepatan dengan tanggal 10 April 1968. Serta dirivisi kembali oleh kanda H.Muhammad A.Kertamuda sesuai dengan penjelasan terakhir yang diterimanya dari orang-orang tua yang sangat mengetahuinya.

    Distulis dan disusun oleh adinda H.Usmawi AH Kertamuda.
    Dalam penyusunan silsilah ini dibantu oleh,
    1.H.Nawawi bin H.Muhammad Said bin Bilal Sanggun bin Hulubalang Jumul.
    2.Hj.Najmah binti H.Azhari bin Syeih H.Soelaiman..
    3.Hj.Kasidap. binti H.Abdul Hamid.bin Bilal Sanggun bin Hulubalang Jumul.
    4.Moh.Nur bin K.H.Abdullah Masri Kertamuda.
    5.H.Muhammad.bin H.Abdullah Masri Kertamuda.
    6.M.Nuh bin H.Abdul Qodir.anak Hj.Kasidap binti H.Abdul Hamid.
    7.H.Abbas AH Kertamuda.bin H.Abdullah Masri bin H.Abdul Hamid.
    8.M.Abbas bin H.Nawawi.bin H.Muhammad Said bin Bilal Sanggung.

    Orang-orang tersebut diatas ikut serta menanda tangani lembaran ini. sebagai penguat dan saksi yang masih hidup pada waktu dokumen ini dibuat.. Namun pada dukumen itu masih ada kekeliruan setelah ditanyakan pada sesepuh dan pini sepuh yang masih hidup pada waktu itu. Oleh sebab itu dokumen tersebut telah diralat seperlunya, terutama yang menyangkut nama dan gelar.
    Inilah silsilah cunda tersebut. Semoga menjadi pegangan cunda.
    Salam buat ayahanda-mu M.Alwi Nur , dan keluarga besar kita yang ada di Jambi dan Palembang.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
    H.Abbas AH Kertamuda.
    Dan keluarga
    Jln Sekejati II No 29. Telepon: 022-7302343- HP 08121461036.
    Bandung 40284


  10. Untuk Cucundaku Ansori Mukhlis,

    Bandung, 2 September 2007.

    Assamalamu’alaikum Wr.Wb.

    Berikut ini nenek lanang sertakan foto-foto Moyangmu K.H.Abdullah Masri bin H.Abdul Hamid Kertamuda.

    K.H.Abdullah Masri, berdiri ke-5 dari kiri.Thn 1956.
    Ketika beliau menjadi Anggota DPRD Kab Lahat.

    K.H.Abdullah Masri, Cairo 1925. yang duduk pakai syal.No 1 dari kanan.
    Ketika beliau sedang kuliah di Al Azhar Cairo.

    K.H.Abdullah Masri dan isterinya Hj.Naajmah Azhari.

    Foto H.Abbas AH Kertamuda no 2 duduk dari kiri., ketika mengikuti Executive’
    Seminar di Postal Saving Bureau, Ministry of Poste and Telecommuni
    cations , Tokyo Japan. Pada tanggal 23 Oktober s/d 7 Nopember , 1988.

    Sampai ketemu di waktu lain.

    Assamalamu’alaikum Wr.Wb.

  11. pebri yansah Says:

    lahat emang kota yang indah banget…
    aku
    m.pebri yansah lahir lahat 16 feb 1980
    SEKOLAH : SD NU LAHAT
    SMP N 1 LAHAT
    SMU YPBI 10 LAHAT
    Setelah tamat sekolah aku gak mau sekolah lagi emang aku dulu orang males untuk sekolah sebab dulu aku pernah dak naik kelas waktu duduk di bangku SD..pokoknya orang tua aku tuuu…daaaa banyak rayuaaan suruh aku sekolah tapi akunya ogahan kayak gitu…setelah tamat smu aku ngangur sampe 3 bulan lontang-lantung tidak ada arah…terus lama kelamaan saudara aku marah2 kalau cak ini mending kau ikut aku ke jakarta kato dio…terus aku ke jakarta..di sano aku lngsung dapaet gawean..DI PERUSAHAAN KOREA…
    Sampe sekarang aku terus kerja di sana…cukup dulu …cape…mau kerja lagi nieee
    kalau ado yang mau kenalan hubungi aku
    no 081380869133 dan 02132071454


  12. 17..Untuk ananda Pebri Yansa di Jakarta.

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih atas tanggapan ananda pada Website “The 8th Generations of Kertamuda”, semoga kita
    semua selalu berada dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Mudah-mudahan Website Kertamuda ini dapat dijadikan salah satu media untuk bersilaturahmi dan saling bertukar informasi antare jeme Lahat baik ye ade di perantauan maupun yang tinggal menetap di badah kite. “ Atas perjuangan keras ananda dan tekad yang membaja ananda berhasil melepaskan diri dari keluh kesah dengasanak karena menganggur. Selamat atas keuletan dan keberhasilan ananda.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  13. ferry hidayat Says:

    assalamu’alaikum: aku ferry, anaknya alm. H.A. Fanani Zubir. Minta ke Nenenda Abas untuk diinformasikan silsilah keluarga kami. Aku paham bhs lahat tapi tidak paham mengucapkannya, maklum aku lah lama merantau sampai papua barat, skrg di tasikmalaya. terima kasih atas tanggapannya, semoga Nenenda sehat selalu..amien..


  14. Untuk Nakanda Ferry Hidayat di Tasikmalaya.

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih atas tanggapan nakanda pada Website “The 8th Generations of Kertamuda”, semoga kita, semua selalu berada dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Mudah-mudahan Website Kertamuda ini menjadi sarana komunikasi dan silaturahmi antar kita.
    Pertama-tama wanda ucapkan Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1428 H, Taqobbalallahu minna wa minkum. Kami lebaran akan mengikuti Pengumuman Pemerintah, yang Insya’Allah hari Sabtu nanti.
    Selanjutnya tentang Informasi “Silsilah keturunan”, pada waktu ini sedang digarap oleh adinda H.Bidawi Zubir. “ Coba buka Google, ketik “Desa Arahan Lahat”. Nanti pada urutan ketujuh atau kedelapan ada halaman “Kakek”. Klik halaman kakek tersebut akan muncul panduan silsilah dari ayah kau.

    Tetapi sebelum itu baiklah ku-informasikan sedikit tentang jenjang keturunan Ferry dari pihak ayah dan ibu sbb:
    Dari pihak ayah kau ialah: ayah kau adalah Fanany , Fanany adalah anak Zubir, Zubir anak H.Abduls Somad. Ayah kau 5 bersaudara yakni antara lain ialah M.Sholeh, A.Bidawi. Sedangkan ibu kau anak H.Mustofa, H.Mustofa ayahnya ialah H.Yahya. Saudara ibu kau antara lain, M.Arsyad, Idah, Salamah, dll]
    sedangkan Ibu dari Ibu Kau adalah Siti Aminah anak Harun [Hulu balang julukannye].
    Inilah sedikit silsilah keturunan semoga ada manfaatnya.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  15. ferry hidayat Says:

    Assalamu’alaikmu: Terima kasih tanggapannya. sekedar informasi, aku lah betemu ngan Pak Ahmad (BRI SIngaparna). Ceritanya, kami dang tugas bersama menangani nasabah BRI. Aku di DEPKEU bagian penanganan Kredit Bermasalah. karena kerjaan lah tuntas, obrolan berlanjut mengenai keluarga. Aku kaget, Pak Ahmad paca benau ngan dusun aku. Ternyata, kami masih bersaudara dari pihak Istri Pak Ahmad. itulah dunia, semakin kecil saja. Amun kisahku di Sorong lain lagi. Aku Nak kawin, sedangkan ayah-ibu idak paca datang karena mslh kesehatan ayah. Aku coba cari orang2 palembang se Kota Sorong, ternyata banyak sekali. Ada Jaksa, pegawai Pertamina, kapal ikan, dll. termasuk pimpinan DOK Pertamina, Pak Faisal, ternyata orang lahat. Pak Faisal ini tadinya kira aku nak minta kerjaan. setelah aku jelaskan, dia senang. Dia minta aku panggil dia Mamang. Jeme ini ilok nian, bos tapi idak sombang dan tidak satupun orang Papua berani berkelahi ngan dia krn dia jagoan Kempo. Jadilah kami serombongan, jeme lahat-palembang se Kota Sorong, pergi melamar ke rumah istriku padahal betemu baru hari itulah. Alhamdulillah, aku ingat kata ayah, apapun niat perbuatan baik pasti Allah memuluskan jalan. Oh iya, kemarin kami buka bersama dengan Ba’ Haji Bidawi di Depok. Beliau msh gagah dan sehat, bahkan nyetir mobil sendiri dari Ciputat..

  16. m.taufiqqurrahman abd. Says:

    assalamualiakum nenenda yang terhormat aku nak numpang nulis dikit ame kate jeme tak kenal make tak tak sayang,base aku ni jeme tanjung sakti lahat asli tepatnye di dusun masam bulau,nak nanyekah ade dide perkumpulannye jeme tanjung sakti makini aku kuliah di uin jakarta.tangapan aku tentang kota lahat “empok lok mane kina dek ka pacak nak ngurup kanye,nak alam ape nak karok kota lahat di sanelah bada kite tumpak,same ini nek aku nak nanyoke makmane nian ceritenye puyang idung abang,kareno aku ladem ke sane aye lum tau ceritenye.terime kasih


  17. Untuk cunda Taufiqqurrahman Abd. Di Betawi.

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih atas tulisan cucunda pada Website “The 8th Generations of Kertamuda”, semoga kita, semua selalu berada dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Mudah-mudahan Website Kertamuda ini menjadi sarana komunikasi dan silaturahmi antar kita.
    Alhamdulillah cunda dari dusun Masam Bulau Tanjungsakti, mbak ini lah kuliah di UIN Betawi; Dulu waktu nenenda galak ke Tanjung sakti tahun 1970-an ngikuti rombonagan Bapak Bupati Mocktar Majid , meninjau dusun-dusun di Tanjungsakti, jalan ke Tanjung sakti masih sangat sulit. Jambatan masih banyak ye tebuat dari batang niuw , oleh sebab itu mobil harus sangat berhati-hati takut kecebur ke sungai; Rombongan kami terpakse nginap di Kehinjing karene kemalaman di jalan. Pada waktu itu di Kehinjing kalau malam sangat dingin beselimut karung due lembar masih dingin. Tapi kini Alhamdulillah semua jalan telah mulus, semua sudah beraspal, jambatan-jambatan lah elok gale; bahkan sudah sampai ke Manna hhubungan lancar. Hampir selusuh desa di daerah Tanjungsakti lah dapat aliran Listerik.
    Perkumpulan khusus jeme Tanjung Sakti ame di Bandung dide bedia, karena begabung ngan Himpunan Keluarga Seganti Setungguan [HKSS}, alamat Sekretariatnye: Jln Kuningan Raya no 50 Antapani Bandung 40291 ; Tlp 022-7279284.
    Disamping itu ade pule perkumpulan Khusus Pagaralam dan sekitarnya: Alamatnye ialah Ir.H.Sabidi Ismail. Jln Surya Sumanteri no 21, Bandung 40164. Tlp.022-2013613.
    Mengenai “Puyang Idung Abang” aku kurang paham, memang tekenal dalam legenda puyang idung abang ini tapi aku kurang yakin apekah legenda itu benar atau tidak. Disamping itu perlu diingat sebelum kite di jajah Belande dulu daerah Bengkulu termasuk Tanjung sakti dan sekitarnya pernah dikuasai oleh Inggris , sebelum itu oleh Portuges; sehingga masih ade peninggalan portugis atau Inggir di daerah itu termasuk sapi yang lain dari sapi kite biase. Yang lanang luluk sapi Metador di Spanyol. Hal ini perlu cucunda tanyekan ngan jeme tua-tue dibadah kite.
    Di daerah Tanjung sakti cukup menarik karena banyak Objek Wisata ye menarik, seperti Ayek panas; Ayek tehejun dan bahkan Megalite dan lain-lain.
    Kirenye cukup sekian,
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  18. nurul hidayat Says:

    caknye… ame dek salah… kalo salah mohon maaf.. cucung kamu.. ade bename muhammad ziad.. kance aku…sman2 lahat lulus.. taon 95…. kuliah di unsri ,,, salam bae, aku diwek budak sukaratu lahat

  19. Marelly Says:

    aku asli jeme lahat sekarang menetap di Purwakarta, Insya Allah kalu maen ke Bandung pacak besilaturahmi. Mbace cerite dipucuk, ade name Mat Soleh, itu maseh ade hubungan keluarge luloknye ngak kami.
    Keluarge kami asli lahat di Banjarnegare (sebrang lematang), Name Buyut kami Anco..,nineng kami Rohani.

    Wasalam

    Marelly


  20. Untuk Cucunda.Nurul Hidayat.

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih cunda Nurul yang telah singgah di pondok nining “Website Kertamuda” untuk bersilaturahmi, semuga cucunda akan sukses selalu.dan semoga kita
    semua selalu berada dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Kalu jalan-jalan ke Bandung silahkan mampir di tempat kediaman nining di jalan Sekejati II no 29, Bandung 40284. Tlp. 022- 7302343.
    Nining waktu masih sekolah di SMP dulu tinggal di Sukaratu ; nyiwe kamar persis didepan ubak , humanye Cik Isa. Dan juga waktu nining sekolah SMP kelas II tahun 1952 sekolahnya di Sukaratu, waktu itu Sekolah SMP Negeri di Gunung gajah dang di bangun , kami dipindahkan dari Gedung Pemuda jalan serelo depan Kantor Pos ke Sukaratu. Sampai lain waktu,
    Wassalamu’alaikum Wr.wb.


  21. Untuk Cucunda.Marelly di Purwakarta..

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Cunda Marelly, selamat datang di pondok nining “Website The 8th Generations of Kertamuda”, semoga kita, semua selalu berada dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Mudah-mudahan Website Kertamuda ini menjadi sarana komunikasi dan silaturahmi antar kita. untuk bersilaturahmi, semuga cucunda akan sukses selalu, baik dalam kehidupan berkeluarga maupun sebagai pelajar, sebegai pekerja dan Kalu jalan-jalan ke Bandung silahkan mampir di tempat kediaman nining di jalan Sekejati II no 29, Kiaracondong, dekat SMA-12 Bandung 40284. Tlp. 022- 7302343.
    Walau lah netaap di Purwakarta jangan lupe ngan dusun Banjar negare , dusun laman ye sangat mengesankan, ayek lematangnye jehijih, jambatan gantungnye selalu tekenang , tapi sayengnye mbak ini ahi lah dikatik lagi, lah diganti ngan jambatan mubil.
    Cukup sekian sampai lain kali.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  22. herwa_djulimin Says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    salam kenal…aku herwansyah lahir di arahan. anak dari djulimin(penanggiran) umak namenye marlianah(banjarsari) bapak aku begawi di stasiun banjarsari. cucung sandi Alm Indanilazi adik dari Indawan(lahat). mak ini aku tinggal di depok nga kakak..begawi di jakarta PT. Mabua Harley Davidson Jakarta.
    trus aku empai ka nginak situs ini, ribang benau asenye pacak berhubungan.
    aku tuh caknye keruan dengan name H Abbas AH Kertamuda dide asing nga namenye.
    huma kami tu parak nga huma H.A Bidawi Zubir.
    ahirnya semoga situs ini tetap ade tulah.
    semoga wak sehat selalu,.amin..

    wassalamualaikum


  23. 40.Untuk Cucunda Herwansyah jeme Arahan.
    Di Depok.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih cunda Herwansyah telah singgah di pondok nining “Website The 8th Generations of Kertamuda” untuk bersilaturahmi, semuga cucunda akan selalu sukses dalam pekerjaannya serta dapat mencapai cita-citanya. Nining mantau kaban cucung saje karena nining lah tue umur lah 73 tahun. Maafkan nining karena agak terlambat menanggapi kemontar cucunda, sebab lagi berada di luar kota maklum libur panjang sih.
    Syukurlah ame cunda lah begawi di Jakarta dan tinggal di Depok, lah betebaran kemane-mane jeme Ahahan, tapi tetap jangan lupe ngah badah balik, dusun Ahahan. Kalau kaban mbukak lagi “Website nining ni “, cube buka bab Pembinaan Keluarga”. Disitu ade cerite budak mude di daerah kite dijaman kami 60 tahun yang lalu, ape masih ade mbak ini atau lah behubah. Pokoknye ame waktu itu adat-istiadat seperti itu asyiiiik.
    Wassalam, sampai dilain kesempatan.
    Nining.

  24. Rina Says:

    assalamu’alaikum wr.wb

    cucung dek sengaje bace blog nining kertamuda.
    cucung jeme lahat, bak jeme nantal n umak jeme merapi (gunung agung) skrg ini merantau dijkt.sak di kecik sampai tamat sma tinggal disane kota yang paling belagak dek bedie duenye..(kalu bukan kite jeme lahat siape lagi yang nak muji)
    kbile balik ke lahat ning??

    wassalam


  25. Untuk Cucunda Rina jeme Lahat.
    Di Betawi.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Alhamdulillah , cunda Rina telah merantau di kota Metropolitan Jakarta; Terimakasih telah singgah di pondok nining “Website The 8th Generations of Kertamuda” untuk bersilaturahmi, semuga selalu berhasil dalam pekerjaannya serta dapat mencapai cita-citanya. Kalau diteliti lah banyak nian jeme Lahat ye merantau cakau makan di badah jeme dan nginak rangak jeme. Tapi tetap saje dide lupe badah balik, uji pepatah setinggi-tinggi bangau terbang baliknye ke kubangan juge. Aku lah 2 taun dide ke Lahat karena satu setengah tahun ye lalu dioperasi due kali, jadi nyehatkan badan kudai. Biasenye nining tiap tahun balik ke Lahat. Mudah-mudahan kalau badan lah sehat nian galak belanju ke Lahat. Kalau kaban mbukak lagi “Website nining ni “, cube buka bab Pembinaan Keluarga”. Disitu ade cerite budak mude di daerah kite dijaman 60 tahun yang lalu, ape masih ade mbak ini atau lah behubah. Pokoknye ame waktu itu adat-istiadat dibadah kite seperti itu asyiiiik bagi budak mude.

    Wassalam, sampai dilain kesempatan.
    Nining.

  26. RUDY GUMAY Says:

    MANG ABAS SAYA RUDY GUMAY, SAYA BERASAL DARI MARGA GUMAY LEMBAK DUSUN TALANG SAWAH. SAYA INGIN MENDAPTAR SEBAGAI CALON WAKIL BUPATI LAHAT LEWATBANTUAN CALON PERSEORANGAN.BAGAIMANA CARANYA MOHON BERI PETUNJUK. SAYA MEMPUNYA PROGRAM LAHAT BANGKIT 2008. 1.BIAYA PENDIDIKAN KULIAH GRATIS UNTUK PENDUDUK ASLI LAHAT, 2.PENERBITAN PERDA LAHAT TENTANG TENAGA KERJA LOKAL YANG SALAH SATU ISINYA SEMUA PERUSAHAAN TAMBANG DI LAHAT AGAR MEMPKERJAKAN PENDUDUK ASLI LAHAT, INTINYA SAYA INGIN MENERAPKAN KEBIJAKAN PRO MELAYU SEPERTI NEGARA MALAYSIA. SAYA PUNYA VISI DAN MUSI LAHAT MENJADI NOMOR 2 DI SUMSEL SETELAH PALEMBANG.KENAPA MANG abas tidak mencalonkan sebagai bupati lahat. Mohon di balas

  27. RUDY GUMAY Says:

    MANG ABAS PACAK DIDE LAHAT KITE NIH MENJADI KABUPATEN TERMAJU DI SUMSEL.RUDY GUMAY 085880295729/08170834522


  28. Untuk Nakanda Rudy Gumay.

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Sukurlah kalau nakanda Rudy mau jadi calon Bupati Lahat untuk pemilihan yang akan datang. Karena memang saat ini calon independen mulai populer , menurut kabar di Kota Bandung saje bermunculan calon independent, melebihi calon dari Parpol. Disamping itu ade trend baru yaitu para pemilih menginginkan wajah baru dan masih segar, penuh inisiatif dan berjiwa muda. Untuk menjadi calon independen ada syarat tertentu khususnya tentang dukungan menjadi calon. Hal ini bergantung pada jumlah pemilih disuatu daerah. Untuk jelasnya tanyakan saja pada KPU setempat syarat-syarat yang diperlukan.
    Kalau mamang sudah tua, tidak menginginkan sesuatu jabatan apapun lagi di Pemerintahan. Cukuplah mamang sudah bertugas selama lebih dari 35 tahun di pemerintahan. Sekarang tinggal mempersiapkan diri mencari bekal untuk pulang kekampung akherat.
    Pada waktu mamang masih mude, mamang cukup keras dalam bekerja; Hampir semua kecamatan di Sumbagsel telah kukinai, mulai dari Muko-moko di Bengkulu, Siulak deras di Kerinci, Belalau di Lampung sampai ke membalaong di Belitung telah kudatangi. Begitu pula di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogyakarta, hampir semua kecamatan yang jumlahnya lebih dari 450 kecamatan di kedua Propinsi itu sudah kujelajahi. Barangkali itu sudah cukup untuk mamang. Pernah aku membuka kantor sekali gus sebanyak 66 kantor di pusatkan di kota Kendal jawa Tengah dan diresmikian sendiri oleh Menteri Soesilo Soedarman Almarhum.
    Tentang Kabupaten Lahat , dapat saja menjadi kabupaten termaju sesudah Palembang asalkan diusahakan pendapatan daerah tinggi, dibuka semua potensi yang dapat menopang pembiayaan APBD, seperti pertambangan, batu bara, minyak, marmar dan sebagainya, digalakkan perkebunan, karet, kelapa sawit , kopi , coklat dsb. Karena untuk maju perlu duit, untuk pembangunan pendidikan, pembangunan fisik, dan pembangunan kesejahteraan rakyat dsb. kiranya cukupsekian sampai dikesempatan lain.
    Wassalam.

  29. Achmad Bastoni Muare Puntang Says:

    Assalammuallaikum Wr. Wb.
    Neing, Amu ji Cucoung ade iluk nye pule amu ninieng cube – cube ngikut betarung dalam pilkada. kene ibarat niuw semakin tue banyak santannye, apelagi jiwa kepemimpinan lah tetanam di dighi ninieng tu.
    Wassallammuallaikum Wr.Wb.

    Putra Muare Puntang di Riau


  30. Untuk Cunda Achmad Bastuni Muare Puntang.
    Assalammuallaikum Wr. Wb.
    Niningni termasuk generasi ye kedaluwarsa, untuk jadi pemimpin sebab bukan masenye lagi. Inilah masenye untuk jeme mude ye masih energik, masih lincah dan masih fresh belum terkontaminasi oleh debu-debu zaman yang carut marut, seperti ye dialami nining ini. Jeme tue macam nining ini paling-paling sebagai penasehat. Kalau ade jeme tua masih nak jadi pejabat, perlu eling, ingat dan sadar. Kapan lagi memberi kesempatan untuk anak mude??. Terimakkasih atas saran cucunda.
    Selamat berkarya buan cunda.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  31. Achmad Bastoni Muare Puntang Says:

    Assallammuallaikum Wr. Wb.
    Maaf Nieng cucuong numpang lewat negal di Blog Ninieng ni kalu – kalu di bace li pak Rudi Gumay Lembak, kami nginjuk masukan ke Beliau apelagi die kah calon jadi jeme no.1 atau no.2 di Bumi Seganti Setungguan. Kami selaku jeme asli putra Daerah Bumi Seganti Setungguan menyambut iluk siape kina ye kan jadi Bupati atau wkl. Bupati Kab.Lahat, ape lagi Visi dan Misi ye di sandang oleh pak Rudi sangat Ilouk nian pecak nye di bace dan di pandang oleh kami, “akan tetapi tolong bangkietkan batang tehendam daerah kite ye selame ini rasenye kurang semarak mengenai kebudayaan asli daerah kite” contohnye lagu – lagu asli daerah lahat banyak nian pecaknye ye berubah dari kate – kate ye sebenaw nye. Contoh lagu Mamak oi Mamak, banyak orang mengartikan kata – kata itu Ibu dalam bahasa Indonesia tetapi makna ye sesungguh nye adelah paman atau mamang lakinye Ibuong atau Bibi.Jadi supaye generasi ye akan datang tu tetap pacak ngerti dengan bahase asli kampung halaman ye sesungguh ye.
    Itu saje Nieng Guresan ku ini, muhun maaf kalu ade kate – kate ye salah, pade Tuhan ku muhun ampun.
    Wassallammuallaikum Wr. Wb.
    Putra Muare Puntang di Riau

  32. Rustan Anani Says:

    Aku jeme Lahat asli. Sekolah dari SD – SMA di Lahat. SDN 8, SMPN 3, dan SMAN 1 Lahat. Rumahku dulu di Gang Lematang, Pasar Bawah Ilir, Lahat. Sejak 1992 (awal kuliah di Ekonomi UGM) sampai sekarang saya di Jogja. Ngajar di SMAIT Abu Bakar Jogja. Istriku Orang Pacitan.
    Aku lak lame dide balik ke Lahat. Ade rase rindu di hati. Bagi yang ingin kenalan denganku , hubungi di emailku abu.taufiq@yahoo.com
    Terime kasih.


  33. Untuk nakanda Rustan Anani di Ngayojokarta Hadiningrat.
    Assalammuallaikum Wr. Wb.
    Terime kasih nakanda lah singgah di pondok mamang, semoga nakanda selalu sukses. La lame juge kaban merantau ke Yogya sejak 1992. Sesekali perlu dikinai kampung halaman kite, ape lagi kaban lah bebini ngan jeme Pacitan, pacak-pacak lupe balik ke puhuk diwik. disamping ngabiskan rase rindu , pacak pule perkembangan dusun laman kite. Aku la lame juge dide ke Jogya, mbak ini akhi Jogya lah jauh behubah, jika dibandingkan pade waktu aku sekolah di Jogya dulu tahun 1953- 1956. Dulu SMA Negeri hanye ade 3 yakni SMA-A; SMA-B dan SMA-C. SMEA sutik di gowong lor, STM sutik di Jetis. Mbak ini alhamdulillah sekolah lah begitu banyak, mulai dari jenjang SMP sampai ke perguruan Tinggi. Aku dulu sekolah di SMA “College de Brito” Bintaran Kulon, nak masuk ke SMA/B Negeri dide buleh, karena rayon Sumatera Bagian Selatan bukan di Yogya tapi di Jakarta. Sekali lagi terime kasih lah mampir,
    Wassalam.

  34. tony Says:

    Ass. Saya tinggal di jkt. Ortu dari palembang Tg. Sakti. Saya berharap, kance2 dari palembang terutama dari tg sakti membuat 1 kesatuan, semisal IKATASTI di jkt. Dimane kite pacak bertemu kenal. Sesame neneng besanak.
    Terime kasih…(friendster : tony_to_ny@yahoo.co.id)


  35. 58.Saya kira usul yang diajukan oleh nakanda Tony, sangat bagus untuk menghimpun saudara-saudara yang berasal dari Tanjung saksi dan sekitar, terutama diperlukan untuk baik dikala mendapat kesenangan maupun kesulitan. Hayo siapa yang akan mempeloporinya, silakan.

  36. Rustan Anani Ahmad Says:

    Terime kasih Mamang Abbas,karene telah membuat blok ini. Empuk dikit, pacak ngubati hinduku nggak kampung halaman, terutame, aku pacak menuliskah base lahat di sini, yang lak lame dide kutuliskah, karene jarang nulis surat ke Lahat, karene perkembangan jaman, surat digantikan telepon, terutame HP.
    Terime kasih pule untuk Achmad Bastoni yang telah ngihim email ke aku. Kutunggu kumunikasi selanjutnye.
    Untuk kance-kance yang ndak kenal, kutunggu di emailku abu.taufiq@yahoo.com atau ke 081 391 050 325. Siape tau ade yang ke Jogja, pacak singgah ke tempat aku.
    Itu saje kudai dari aku.
    Salam untuk jeme lahat di mane saje badahe.
    Terime kasih.

  37. herwa_djulimin Says:

    assalamualaikum wr,wb.

    tuape kabar nining mbak ini ahi..?
    semoga sehat selalu..dan selalu dalam lingdunganNYA..amin.

    aku la udem bace bab Pembinaan Keluarga..lemak benau asenya..
    anye aku dide ngalami ye lok itu..mbak ini ahi ame betandang ke huma gadis di dusun tu la betemu di ruang tamu ame dide di teras. dide di baleng duahe lagi..
    nining kebile rencane ka balek ke dusun arahan..?

    trus aku tu nak betanye. kire-kire ame di jakarta di mane bada perkumpulan jeme arahan. ade dide kire2..
    kalu lemak asenya ame pacak bekumpul sesame jeme arahan di jakarta..

    itu saje kudai..aku terimekasih nian jadi pacak behubungan nga sesame jeme arahan.

    assalamualaikum wr,wb.
    herwansyah
    email : herwan_djulimin@yahoo.com


  38. 59.Untuk Cucunda Herwansyah Djulimin.
    Di Depok.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Alhamdiulillah pada waktu ini nining dan keluarga berada dalam keadaan sehat wal ‘afiat, semoga Herwansyah dan keluargapun demikian juga hendaknya amiin. Kami empai balik sisa di Jakarta kehumah anak di Gintung-Ciputat dan di Jatiwaringin , Bekasi selama 3 minggu. Inilah penggawian jeme tua lah pensiun, nginai anak dan cuucu ye betebaran.
    Aku lahlame juge dide balik ke Arahan, sejak opperasi prostat tahun lalu, nining belum pacak bejalan jauh , sebab masih belum kuat untuk duduk lame-lame di kendaraan. Walaupun naik pesawat ame nak ke Lahat cukup lame duduk. Sisa di Bandung ke Bandara Soekarno Hatta saje kurang lebih 3 jam, lalu dari Palembang ke Lahat kurang lebih 5 jam di mobil. Jadi belum pacak ke Lahat.
    Ye galak balik ke Arahan adinda H.Bidawi Zubir; Die empai minggu lalu balik sisa di Arahan, ngawinkan anak Pawi, katenye di Arahan lah dibangun Gedung Perpustakaan , terletak di halam Depan masjid Arahan, yang Insya Allah bulan Agustus yang akan datang akan diresmikan oleh Bapak Bupati lahat. Insya Allah ning akan mewakafkan buku-buku untuk perpustakaan tersebut pada waktunye nanti.
    Kalu kaban nak tau tentang perkumpulan jeme Arahan di Jakarta , betanye ngan dinda H,Bidawi itulah, sebab die sangat mumpuni nga jeme kite. Alamatnnye ialah Komplek Perumhan Pejabat Departemen Agama, Bambu Apus Ciputat. Tlp. HP.08128518042. Kalau ade waktu silahkan buka pule “Website Herdiansyah Bidawi”. Ade cerite adinda H.A.Bidawi Zubir, ye lah melang-lang buana ke-seantre jagad raya ini. Carenya mudah Tulis saje : “Desa Arahan Lahat” pada Google. Nanti keluar dan “Klik Kakek” ketemulah ye dituju.
    Syukurlah kalu kaban lah mbace Bab Pembinaan Keluarga, tentang cerite adat bujang gadisdidaerah kite 60 tahun ye lalu,. Menurut nining adat itu amat sangat mengesankan dan menyenangkan, bagi bujang gadis. Kalah jika dibandingkan dengan kite pacaran dikota-kota besar di Jawe pada waktu itu, walau pun kite pacak nuntun bioskop bersama, ke tempat wisata, beboncengan besepeda dll; tapi dide bekesan seperti kite betandang ngan gadis dan ngumong di baling duahe, dengan penuh rasa cemas dan was-was, kalau kalau kalah saingan ngan bujang lain. Kalau pacaran ngan gadis di Jawe, hal itu sudah lumrah, terbuka dan terus terang, tidak ada yang tersembunyi baik dari pihak gadis maupun pihak bujang, kalau galak dikatekan galak, kalau dinda dikatekan dindak. Tapi kalau begadisan dibadah kite sangat beda, ape ye di umongkan belum tentu ya, kadang-kadang hanya sebagai pemanis umungan saje. Dihati belum tentu. Inilah ye membuat was-was .
    Cukup sekian sampai di lain kesempatan.


  39. 60.Ayo sanak sedulur baik yang ade dirantau maupun ye ade di Kabupaten Lahat, silakan saling berkomunikasi sesamenye, dengan kawan-kawan yang telah memberikan alamat baik email maupun Hpnya.
    1. Rustan Anani Ahmad. HP 081391050325. Alamat Email abu.taufiq@yahoo.com Tinggal di Yogyakarta. Asal dari Lahat.Pasar bawah ilir.
    2. tony_to_ny@yahoo.co.id), tinggal di Jakarta. Asal dari Tanjungsakti Lahat.
    3.ADI dengan kode : “Adigumay 01 @g mail. Adi ini adalah generasi Muda Gumay.
    4.Ahmad Bastoni di Riau, berasal dari desa Arahan Muara Puntang HP-Nye No 081365509271.
    Silakan berkomunikasi .

  40. Marthin Says:

    aku jeme lahat anye la tinggal di palembang sejak umur 1 tahun, anye aku hapat pule balek ke dusun, dusun aku di muara danau kecamatan kota agung. Salam saje untuk kance2 gale di dusun, kalu ade kesempatan memajuka lahat, aku siap selalu. prinsip ku. antak ka lemak nanggung kudai pesan neneng baghi.

  41. Marthin Says:

    oi kelupean hp ku. 0711 7732796


  42. 62.Untuk Marthin jeme Muare Danau, Kota Agung.
    Hallo Marthin. Selamat datang dan selamat bergabung di pondok Nining.. Ayo sanak sedulur baik yang ade dirantau maupun ye ade di Kabupaten Lahat, silakan saling berkomunikasi sesamenye, dengan kawan-kawan yang telah memberikan alamat baik email maupun Hpnya.
    1. Rustan Anani Ahmad. HP 081391050325. Alamat Email abu.taufiq@yahoo.com Tinggal di Yogyakarta. Asal dari Lahat.Pasar bawah ilir Lahat..
    2. tony_to_ny@yahoo.co.id), tinggal di Jakarta. Asal dari Tanjungsakti Lahat.
    3.ADI dengan kode : “Adigumay 01 @g mail. Adi ini adalah generasi Muda Gumay.
    4.Ahmad Bastoni di Riau, berasal dari desa Arahan Muara Puntang Kecamatan Merapi Timur Lahat. HP-Nye No 081365509271. tinggal di Riau daratan.
    5.Marthin jeme Muare Danau, Kota Agung Lahat. tinggal di Kota Mpek-mpek Palembang hp /Tlp. 0711 7732796.
    Wassalam.

  43. Anton A H Says:

    assalamualaikum wr wb.

    wak abbas, mohon maaf kalau tulisan ini tidak searah dengan tema tulisan wak, dan lalu sulit ditanggapi. wak saay ingin bertanya, apakah di waktu kecil dulu saat masih tinggal di kabupaten lahat, wak pernah mendengar tentang Tanjung Enim di kabupaten LIOT? kalau kita perhatikan bersama, etnis asli kabupaten Muara Enim dan Lahat itu bahasa dan morfologi tubuhnya kan sama. secara awam dapat kita katakan kalau nenek moyang mereka pun mungkin saja sama.

    nah, apakah wak pernah mendengar mengenai adanya keramat-keramat tertentu berusia ratusan tahun di Lahat? atau wak bisa menceritakan sebuah kisah “asal usul” yang walaupun tidak ilmiah tapi dapat menjawab tanda tanya mengenai bagaimanakah terbentuknya etnis kita penutur bahasa dusun yang sama ini?

    di Tanjung Enim wak, ada 2 buah keramat. yang satu terletak persis di tepi sungai Enim seberang barat, yang satu lagi ada di tengah hutan di seberang timur sungai. keduanya berupa sesuatu yang ditutup cungkup seperti rumah-rumahan dan dibungkus pula dengan kelambu. cungkup itu berukuran sekitar 2 x 2 meter atau kurang sedikit lah. dulu ada saja orang-orang tertentu yang datang ke sana untuk memberikan sesaji dengan maksud untuk meminta sesuatu. tapi sekarang sudah jarang yang begitu.

    suatu ketika saat saya masih kecil saya pernah berkesempatan masuk ke dalam cungkup tersebut dan melihat ada apa di dalamnya. ternyata ruangan gelap itu berlantai tanah, dan justru tanahnya itulah yang dikeramatkan karena membentuk semacam bentuk tertentu yang kalau dihubung-hubungkan dengan cerita mitosnya adalah sebuah jejak kaki raksasa. kaki raksasa yang meninggalkan jejak itu masing-masing adalah milik 2 orang puyang bernama Puyang Pandak Sakti dan Puyang Pelawe. Namun versi yang lain mengatakan kalau kedua jejak kaki itu pemiliknya adalah satu orang, dan terbentuk akibat pijakan kedua kaki orang itu saat akan melompati sungai Enim.

    sebagai orang yang beragama, saya tidak memasukkannya ke dalam iman saya. namun fenomena dua keramat tersebut dan adanya cerita itu saya simpan terus sebagai khazanah kebudayaan tua peradaban sungai Enim yang saya cintai.

    sebagaimana kita tahu kalau melihat dari foto udara tidaklah jauh letak Bukit Serelo (Bukit Tunjuk/Bukit Jempol)dengan Tanjung Enim. tidak pula jauh dengan Semendo yang penuh peninggalan masa lalu. hutan rimba yang membentang di antara tiga titik: Lahat, Tanjung Enim dan Semendo juga meskipun sangat tegas sebagai hutang belantara purba yang lebat namun bukanlah pula sebuah wilayah yang begitu rapat vegetasinya. ini memungkinkan bagi komunitas awal yang pernah hidup di tiga titik tersebut untuk saling melintas dan berhubungan. tengoklah batu-batu besar yang ada di sekitar Bukit Serelo, atau Bukit Besak di sebelah barat Bukit Serelo (yang di kakinya terdapat Desa Perangai dan Sekolah Gajah), di antaranya banyak sekali yang membentuk gambaran-gambaran binatang, manusia, dll yang sifatnya hidup dan sedang melakuka aktivitas, walaupun tidak mengandung unsur pahatan dan ukiran sama sekali. tapi saya menduga kuat adanya campur tangan manusia dalam menjadikan bentuk-bentuk tersebut yaitu dengan cara mengangkat dan memindahkan batu-batu sesuai imajinasi mereka, yang mungkin dilakukan sebagai upaya untuk membuat sarana peribadatan.

    saya sangat mendambakan, suatu ketika akan ada yang dapat mencoba mengungkapkan secara metodis dan menyajikanya kepada publik, atas seperti apakah kehidupan mula-mula di wilayah yang dialiri sungai-sungai panjang Enim dan Lematang ini jauh sebelum kedatangan Belanda ke nusantara, atau jauh sebelum kedatangan agama Islam.

    warisan-warisan leluhur itu yang sampai sekarang masih terus dinikmati masyarakat Lahat dan Muara Enim berupa pohon-pohon Duku dan Durian yang berbuah sepanjang musim, serta adanya situs-situs keramat itu menjelaskan kepada kita semua bahwa sebuah sistem masyarakat yang ada kini adalah hasil perkembangan dari suatu kehidupan perintis yang tentunya masih sangat primitif dan animis.

    kalau wak abas atau teman-teman ada cerita-cerita rakyat atau mitos-mitos rakyat semacam itu, mohon dapat dibagi dengan menulisannya di blog wak abbas ini.

    demikian saya kemukakan, atas perhatian wak abbas dan teman-teman saya mengucapkan terima kasih.

    wassalamualaikum wr wb.

    -Seorang warga DKI asal Tanjung Enim-


  44. asal Tanjung Enim-
    64.Untuk Anton A.H..di Betawi.
    Assalamualaikum WW.
    Selamat bergabung di Blog ini.
    Semoga ada kawan-kawan kita yang dapat menanggapi apa yang dimaksudkan oleh nakanda Anton ini, baik yang menyangkut cerita-cerita rakyat dibadah kite yang dikeramatkan atau yang tidak dikeramatkan. Seperti cerite disepanjang sungai Muara lawai dimana disitu ade z
    Sejenis kera yang disebut we-we yang sering menangis persis seorang bayi yang ditinggalkan oleh orang tuanya, warnanya putih. Silakan kawan dari Muara Lawai atau sekitarnye yang mengetahui legenda yang menarik itu. Demikian pula orang dari Muara puntang tentang cerita “Batu puteri”, mungkin cerita lengkapnya ada yang mengetahuinya??.mengapa dia menjadi batu, ataukah karena disumpah oleh sepahit lidah??. Nakanda Anton memang wak dulu sering wak gimude bekeliling, termasuk ketanjung, tapi waktu itu belum tetarik nga cerite-cerite atau legenda. Dan setelah menamatkan SMP di Lahat terus merantau ke Jawe, sehingge cerite-cerite dibadah kite agak kurang, tapi kalu cerite keramat di jawe tentunya banyak ye aku tau.
    Memang penduduk LIOT dan Lekipali termasuk Ogan Ulu, adat istiadatnya , bahasa dan lain-lain hampir same kecuali di beberapa daerah tertentu seperti di Semendo ade lain dikit. Sebab kesemuanya berasal dari suku Melayu dan mungkin pula disamping rumpunnye same juga moyangnyapun masih satu keturunan.
    Ayo, kawan-kawan yang mengetahui legenda- lama coba ceritakan umpamanya tentang asal usul “Kota Prabu Mulih”= Raja yang pulang , desa “Prabu Menang= Raja yang menang” dsb. Yang Anda kketahui.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  45. TASWIN Says:

    ASS NING, NUMPANG BECETITE DIKIT……AKU JEME TANJUNG SAKTI DUSUN TG.BULAN BAPANGKU NAMENYE NUHI, AKU SD,SMP DI TG SAKTI DAN NERUSKAH SMA DI PELIMBANG, LAH TAMAT SMA LAME LUNTANG LANTUNG DIK KERUAN TUJUAN. ANYE SYUKURKAN COBE2 KULIAH AGI SETAHUN. LAH TAMAT KULIAH SEMPAT PULE NGANGUR 2 TAHUN, TAPI SYUKUR TAHUN 1998 AKU DAPAT GAWE DI PADANG SAMPAI MBAK INI.ANYE WALAU DI PADANG AKU MASIH BALIK TIAP TAHUN KEBETULAN LAH BEKELUARGE JEME PADANG, ANYE JANGAN DIKECEKKAH AMBIK ANAK, SETEKAH AKU COBE2 BUKA INTENET… KELUAGH SITUS NENING LANANG, MAKENYE COBE NULIS2 DIKIT, DALAM KESEMPATAN INI AKU DIDE KAH BANYAK KOMENTAR, DAN AKU BEAGHAP SEMUGA SILATUHAMI KITE WALAU BEJAUHAN TETAP TEJALIN, MUNGKIN INI SAJE NENG, AKU LAH TEKANTUK MAKLUM LAH JAM 3 SUBUH, SALAM U/ KEKANCEKHGAN, WAK MAMAK2 DAN IBUNG2 DI DUSUN LAMAN.

  46. TASWIN Says:

    LUPE DIKIT NING, KALU2 DUN SANAK ADE WAKTU UNTUK SMS-AN INI HP KU 085658448626 DAN EMAIL WIN_LAHAT@TELKOM.NET. SEMOGE LAHAT TAMBAH MAJU SAJE DAN NENENG PANJANG UMUR.

  47. terti Says:

    ASS. AKU JUGE JEME LAHAT, TEPATE ISAK NDAI DS MUARA TEMIANG, MERAPI. UMAK JEME PAGUN DUSUN AYIK LINGKAGH. SENANG SEKALI PACAK BECERITE SESAME JEME PERANTAUAN. SEKARANG MERANTAU DI PELIMBANG. SEJAK LAHIR LAH ADE DI PELIMBANG TAPI DUSUN LAMAN MASIH TETAP DI KENANG. SALAM UNTUK SELURUH KELUARGE DI SINI.


  48. 65. Untuk cunda Taswin di Ranah Minang.
    Assalamualaikum WW.
    Selamat bergabung di Blog ini.
    Walau kaban ngatekan bukan tambik anak, tapi setidak-tidaknya lah jadi urang Semando. Ape lagi jaman mbak ini akhi. Dik katik lagi istilah tambik anak tanam batu sebuhuk tanah seputih tulang. Dimane lemak disitu badah kite, jurai sesame. Cuma jangan lupe badah mandian gi kecik dulu. Semoga selalu berhasil dimane saje kite berusaha. Kalu kaban ade waktu cobe contac Tony_to_ny@yahoo.co.id), tinggal di Jakarta. Asal dari Tanjungsakti Lahat. Kalu-kalu ade kabar sisa di dusun laman . Selamat berkomunikasi dan sampai berjumpa lagi dilain kesempatan.
    Wassalam Nining lanang di Bandung.

    66.Untuk Terti di Palembang..
    Assalamualaikum WW.
    Selamat bergabung di Blog ini.
    Kalau kaban sisa di dusun Muare Temiang, berarti sekecamatan ngan nining dulunye , yaitu kecamanatan Merapi. Tapi mbak ini akhi kite lah pisaah kecamatan, Muare Temiang masuk kecamatan Merapi Ulu [Barat] dan kami masuk kecamatan Merapi ilir [Timur]. Walau bepisah kecamatan tetap saje luluk dululah asenye karena adat istiadat kite same, logat bahasa same ayik ye diminum same lematang. Mbak ini akhi daerah kite lah banyak kemajuan dan bakal lebih maju lagi dengan adenye kegiatan pertambangan batu bara, pembangunan PLN tenaga uap dan perkembangan perkebunan. Bupati barupun bakal dipilih dalam waktu singkat.
    Selamat bekerjada dan sukses.

  49. Achmad Bastoni Says:

    Ass…..Wr.Wb.
    To. Ninieng sekeluarge di Bandung, kirenye selalu dalam keadaan sehat walafiat.
    Cucunda di Riau mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa, buat Ninieng di Bandung dan Adesanak puhuk jauh dan puhuk parak baik di rantau dan di Dusun laman.
    Wass…..Wr.Wb.

    Achmad Bastoni
    di Taluk Kuantan ( Riau )


  50. Untuk Cunda Ahmad Bastoni di Teluk Kuantan, Riau.
    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nining sekeluargapun mengucapkan “Selamat berpuasa, semoga semua amal dan ibadah kita akan menjadi mabrur [diterima oleh Allah Swt].
    Begitu pula kepada segenap sanak dulur dan kawan-kawan yang pernah singgah bergabung di bloq ini, kami sekeluarga mengucapkan Selamat berpuasa bagi yang melaksanakannya dan mohon maaf lahir dan bathin.
    Kel H.Abbas AH Kertamuda di Bandung.

  51. Patra Says:

    Assalamualaikum,wr,wb,,,perknalkh nameku Patra Aku njak di Dusun Gunung Raya Tanjung Sakti…Alahkah lemak pule kekancean ye di Bandung ni,payulah amu ade ye ndak becerite dikit ttg Bandung galak aku mbacenye email saje kesini andesgurtas79_tasti@yahoo.co.id,,oi au pak Haji Abbas sdikit aku ndak becerite ttg Tanjung Sakti 2008 ini,kecamatannye lah dibagi 2 Tj.Sakti Pumu ngah Tj.Sakti Pumi,lah tambah maju Tanjung mbak ini kecik besak,tue mude,lah be hape merate,,,amu jalan lah tambah licin,amu pegawai2 kantorane tambah necis,,amu ade kekancean ye ndak sms an ngah aku ini nmre 085669277168 (promosi,he,he,he.) ude ini saje selamat menunaikan ibadah puasa 1429 H.

  52. adi Says:

    Ass,

    Lame dek bekunjung ke site Wak.

    Mokasih Wak atas info mail-nye.
    Cuma ade Rudy Gumay ye ngontak aku Wak.
    Di searching “google”, Rudi adalah seorang pengacara.

    Siapapun beliau, semoga apa yang di cita – citakannya dan yang diperjuangkannya adalah untuk kemajuan daerah kite. Amien

    Wassalam,

  53. tanjung Says:

    terime kasih wak la buat web ini…jadi kite enjak di kab lahat pacak becerite liwat web ini. name ku win jeme sindang panjang kecamatan tanjung sakti ..anye mbak ini di jakarta dang nyari luka idup di jakarta. entah lebaran nginak pecae dide tau balek. ame ade cerite tentang daerah kite tolong email kesini au kance boy_pb2001@yahoo.com

  54. liska Says:

    Asss. .. Ning tupa kabar? Sehat gale kabr keluarge disane? kenalkah aku liska jeme Bintuhan Pagar alam.

  55. liska Says:

    terime kasih ning la mbuat web ini… name aku liska, ndung ga bapang ade didusun aku makini begawe dibatam biase nyari duit mangke pacak idup…

  56. Achmad Bastoni Says:

    Assallammuallaikum Wr. Wb.
    Nieng, tekadang cucuong sepadei benai mbace tulisan ninieng, dan tentang pindah ke Lahat 1 tu. Ade ye tesentak di hati sanubari ni, maksud ninieng kance2 ninieng ye sandi Arahan bename Marudin dan Kumaidi tu, benau nieng Marudin Almarhum yang pernah begawi di kereta Api dan name anaknye Amran ye begawi di Pusri, dan Kumaidi tu anak dari Nenenda tercinta almarhum H.Syamsudin(Syamidi)dan almarhumah Syaimah.
    Itu saje kudai nieng, ………..
    Wassallammuallaikum Wr. Wb.
    Dan Salam hangat dari
    Achmad Bastoni Putra Muare Puntang
    di Teluk Kuantan ( Riau )


  57. Untuk Nakanda Patra.Jeme Tanjung sakti.
    Alhamdulillah , kalu Tanjung sakti lah banyak sekali kemajuannya, mudah-mudahan penduduknye lebih bersemangat untuk memajukan daerahnye. Dulu Pumu dan pumi itu masih marge, temasuk daerah terpencil sebab jalan belum elok. Aku selalu tehingat ngan keadaan di ditahun 1975 di Pumu, rombongan Bupati Lahat Muchtar Majid dengan kepala-kepala dinas dan instansi kabupaten berkunjung kedaerah ini. Malam itu kami mengadakan pertemuan dengan masyarakat di daerah Pumu di ibukota marge Pumu, tapi aku lupe name dusunnye. Bagi kami ye dide temasuk inti Pemerintahan Kabupaten, agak bebas kesane kesini tempat duduk.Saya dengan Drs M.Saleh Bina, dosen IAIN cabang Lahat waktu itu [Sekarang sudah pensiun, Pensiunan Kanwil Departemen Agama Sumatera Selatan dan Lampung], sempat ngobrol dengan beberapa muda mudi di dusun itu, maklumlah kami masih mude-mude dan masih bersemangat untuk bercengkarama dengan muda-mudi. Dalam obrolan tersebut ade 2 gadis belia yang ikut ngobrol bersama kami disertai dengan permintaan yang amat sangat agar kami mau membawanya keluar dari dusunnye untuk berusaha memperbaiki nasibnya didaerah lain. Kami jelaskan kepadanya bahwa kami tidak mungkin dapat membawa mereka, karena kami adalah rombongan bersama Bupati, nanti apa kata para pejabat yang beserta kami.
    Kejadian seperti ini terjadi lagi ketika kami dengan Bupati Jepara meninjau pulau Karimun Jawa yang cukup sulit perhubungannya kedaerah itu. Hubungan kapal laut antara jepara dengan Karimun seminggu sekali memakai kapal kecil. Dan dua minggu sekali dengan kapal besar dari Semarang ke Karimun. Pada waktu perismian kantor Pos Karimun Jawa, saya sempat didatangi oleh beberapa gadis agar bisa dibawa keluar dari pulau itu, dengan alasan nasib kami tidak akan berkembang jika tetap tinggaal di pulau ini. Tetntu saja permohonannya tidak mungkin dapat kami penuhi dengan berbagai pertimbangan.
    Inilah sedi8kit kesamaan antara Karimun Jawa dengan Tanjangsakti pada waktu itu.
    Alhamdulillah kini keadaan telah sangat berubah menuju kemajuan, jalan sudah mulus ber-hotmix , hanya beberapa jam saja sudah sampai ke Lahat. Ini patut kita syukuri.
    Halo Sanak sedulur, silakan saling berkomunikasi antare sesame kite dibawa ini ade beberapa name dan alamat yang bisa dihubungi.
    1. Rustan Anani Ahmad. HP 081391050325. Alamat Email abu.taufiq@yahoo.com Tinggal di Yogyakarta. Asal dari Lahat.Pasar bawah ilir Lahat..
    2. tony_to_ny@yahoo.co.id), tinggal di Jakarta. Asal dari Tanjungsakti Lahat.
    3.ADI dengan kode : “Adigumay 01 @g mail. Adi ini adalah generasi Muda Gumay.
    4.Ahmad Bastoni di Riau, berasal dari desa Arahan Muara Puntang Kecamatan Merapi Timur Lahat. HP-Nye No 081365509271. tinggal di Riau daratan.
    5.Marthin jeme Muare Danau, Kota Agung Lahat. tinggal di Kota Mpek-mpek Palembang hp /Tlp. 0711 7732796.
    6.Patra dari dusun Gunung Raya Tanjung sakti, Lahat.Email andesgurtas79_tasti@yahoo.co.id, dan HP no085669277168.
    Ahirnya aku ucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa dan selanjutnya Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, mohon maaf lahir dan batin.
    Wassalam dan maaf.

  58. Rustan Anani Ahmad Says:

    Untuk jeme kite gale dimane saje badahe, “Selamat Puase dan Selamat Lebaran 1429H. Mohon maaf atas kesalahan. Untuk Bastoni di Riau, maaf dide sempat balas SMS, terime kasih SMS-nye di awal puase.” Mungkin ade yang ingin tau aku. Aku jeme lahat asli, tinggal di Jogja. Bapangku Jeme Lesung Batu, Pagun. Endungku asalnye dari Talang Sejemput. Untuk kance-kance yang mungkin kenal denganku, hubungi aku di 081391050325. Itu saje kudai dari aku. Untuk Mamang Abbas, semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
    Riaye kali ini aku dide mudik ke Lahat, tapi insyaAllah mudik ke tempat mentue di Pacitan, Jawa Timur.


  59. 69.Untuk Nakanda Patra.Jeme Tanjung sakti.
    Alhamdulillah , kalu Tanjung sakti lah banyak sekali kemajuannya, mudah-mudahan penduduknye lebih bersemangat untuk memajukan daerahnye. Dulu Pumu dan pumi itu masih marge, temasuk daerah terpencil sebab jalan belum elok. Aku selalu tehingat ngan keadaan di ditahun 1975 di Pumu, rombongan Bupati Lahat Muchtar Majid dengan kepala-kepala dinas dan instansi kabupaten berkunjung kedaerah ini. Malam itu kami mengadakan pertemuan dengan masyarakat di daerah Pumu di ibukota marge Pumu, tapi aku lupe name dusunnye. Bagi kami ye dide temasuk inti Pemerintahan Kabupaten, agak bebas kesane kesini tempat duduk.Saya dengan Drs M.Saleh Bina, dosen IAIN cabang Lahat waktu itu [Sekarang sudah pensiun, Pensiunan Kanwil Departemen Agama Sumatera Selatan dan Lampung], sempat ngobrol dengan beberapa muda mudi di dusun itu, maklumlah kami masih mude-mude dan masih bersemangat untuk bercengkarama dengan muda-mudi. Dalam obrolan tersebut ade 2 gadis belia yang ikut ngobrol bersama kami disertai dengan permintaan yang amat sangat agar kami mau membawanya keluar dari dusunnye untuk berusaha memperbaiki nasibnya didaerah lain. Kami jelaskan kepadanya bahwa kami tidak mungkin dapat membawa mereka, karena kami adalah rombongan bersama Bupati, nanti apa kata para pejabat yang beserta kami.
    Kejadian seperti ini terjadi lagi ketika kami dengan Bupati Jepara meninjau pulau Karimun Jawa yang cukup sulit perhubungannya kedaerah itu. Hubungan kapal laut antara jepara dengan Karimun seminggu sekali memakai kapal kecil. Dan dua minggu sekali dengan kapal besar dari Semarang ke Karimun. Pada waktu perismian kantor Pos Karimun Jawa, saya sempat didatangi oleh beberapa gadis agar bisa dibawa keluar dari pulau itu, dengan alasan nasib kami tidak akan berkembang jika tetap tinggaal di pulau ini. Tetntu saja permohonannya tidak mungkin dapat kami penuhi dengan berbagai pertimbangan.
    Inilah sedi8kit kesamaan antara Karimun Jawa dengan Tanjangsakti pada waktu itu.
    Alhamdulillah kini keadaan telah sangat berubah menuju kemajuan, jalan sudah mulus ber-hotmix , hanya beberapa jam saja sudah sampai ke Lahat. Ini patut kita syukuri.
    Halo Sanak sedulur, silakan saling berkomunikasi antare sesame kite dibawa ini ade beberapa name dan alamat yang bisa dihubungi.
    1. Rustan Anani Ahmad. HP 081391050325. Alamat Email abu.taufiq@yahoo.com Tinggal di Yogyakarta. Asal dari Lahat.Pasar bawah ilir Lahat..
    2. tony_to_ny@yahoo.co.id), tinggal di Jakarta. Asal dari Tanjungsakti Lahat.
    3.ADI dengan kode : “Adigumay 01 @g mail. Adi ini adalah generasi Muda Gumay.
    4.Ahmad Bastoni di Riau, berasal dari desa Arahan Muara Puntang Kecamatan Merapi Timur Lahat. HP-Nye No 081365509271. tinggal di Riau daratan.
    5.Marthin jeme Muare Danau, Kota Agung Lahat. tinggal di Kota Mpek-mpek Palembang hp /Tlp. 0711 7732796.
    6.Patra dari dusun Gunung Raya Tanjung sakti, Lahat.Email andesgurtas79_tasti@yahoo.co.id, dan HP no085669277168.
    Ahirnya aku ucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa dan selanjutnya Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, mohon maaf lahir dan batin.
    Wassalam dan maaf.
    70.Untuk Nakanda Adi.
    Syukurlah kalu lah ade ye ngehubungi, walau gi suhang. Cobe kaban ye ngehubungi kance-kance , ini daftarnye ye dapat dihubungi.
    1. Rustan Anani Ahmad. HP 081391050325. Alamat Email abu.taufiq@yahoo.com Tinggal di Yogyakarta. Asal dari Lahat.Pasar bawah ilir Lahat..
    2. tony_to_ny@yahoo.co.id), tinggal di Jakarta. Asal dari Tanjungsakti Lahat.
    3.ADI dengan kode : “Adigumay 01 @g mail. Adi ini adalah generasi Muda Gumay.
    4.Ahmad Bastoni di Riau, berasal dari desa Arahan Muara Puntang Kecamatan Merapi Timur Lahat. HP-Nye No 081365509271. tinggal di Riau daratan.
    5.Marthin jeme Muare Danau, Kota Agung Lahat. tinggal di Kota Mpek-mpek Palembang hp /Tlp. 0711 7732796.
    6.Patra dari dusun Gunung Raya Tanjung sakti, Lahat.Email andesgurtas79_tasti@yahoo.co.id, dan HP no085669277168.
    7. Win jeme sindang panjang kecamatan Tanjung sakti, saat ini berdomisili di Jakarta. emailnya boy_pb2001@yahoo.com
    Ahirnya aku ucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa dan selanjutnya Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H, mohon maaf lahir dan batin.
    Wassalam dan maaf.
    71.Untuk nakanda Tanjung, jeme Sindang panjang Tanjung Sakti dan di Jakarta.
    Terimeksih lah begabung gan kami di blog ini, mudah-mudahan di jakarta dapat lukak ye elok, cobe bace ye diceritekan oleh sedulur kite Patra, tentang kemajuan di kecamatan Pumu dan Pumi Tanjung. Segale lah elok, kamajuan pesat dan penduduknye riang karena jalan lah elok mulus dan hotmix lagi.
    Selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat Idul Fitri 1 syawal 1429 H. kite saling memaafkan.
    Wassalam.
    72.Untuk Cucunda Liska.Jeme Bintuhan Pagar-Alam, sedang merantau di Batam.
    Alhamdulillah kabar baik, sehat wal ‘afiat semoga cunda Liska demikian juga hendaknya. Maaf agak terlambat menanggapi tulisan Liska, maklum bulan puase, sibuk nyaipkan bahan ceramah dan kultum di Mesjid.
    Salamat datang di pondok Nining dan selamat bergabung di Blog ini. Hebat juge jeme Bintuhan, melanglang buana cakau rial sampai ke Batam, ini patut diacungi jempol.. Memang mbak ini akhi jeme Kabupaten Lahat/Pagaralam lah jadi jeme perantau, hampir setiap pelosok Indonesia ini lah ade jeme Lahat /Pagaralam.
    Selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat Idul Fitri 1 syawal 1429 H. kite saling memaafkan.
    Wassalam.
    73.Untuk cunda Achmad Bastuni di Teluk Kuantan Ridar.
    Memang ye kaba sebutkan itu dulunya same-same ngan Nining sekolah di Lahat, tinggal didepan ubak [penjara], di bawah huma. Mbak ini akhi humah itu masih ade sebagai peninggalan sejarah para pelaajar sisa di dusun Arahan. Dulu ye sekamar ngan Kumaidi itu Suhibin anak Madli. Ye sekamar ngan Marudin ialah Mat Sholeh anak Penggawe Zubir, kakang Bidawi. Ade jeme Merapi namenye A Bdul Roni sekamar ngan Lautan Arsad jeme kebuw. Sedang aku sekamar ngan kakangku diwe Hasan. Jadi di bawah Humah itu ade 4 kamar diisi gale oleh jeme Marge Merapi.
    Tuape kabar kaban di Teluk Kuantan, lah bebini ngan jeme riaw tulah kaban. Name Teluk Kuantan , same dengan nama daerah di Malaysia. Dide ka belanju kedusun lebaran ini??. Kalau nining tetap saje di Banudng, kan nunggu kedatangan anak cucung dari Jakarta dan lain-lain.
    Selamat berpuasa dan beberapa hari lagi kite kan mengakhiri bulan Ramadhan, oleh sebab itu Nining ucapkan Selamat Idul Fitri l syawal 1429 H. Mohon maaf lahir dan bathin.
    Wassal bil maaf.


  60. 74.Hallo Rustan Anani Ahmad di Solo.
    Dide ka mudik ke Lahat riaye ini, ka kumah mentua di Pacitan. Selamat menikmati liburan lebaran Idul Fitri di kampung halam SBY. Mudah-mudahan bisa bertemu ngan bapak Presiden yang sedang mudik pule.
    Selamat Idul Fitri dan selamat bersenang-senang bersama anak isteri di kampung halaman.Kami dari jauh ikut berdoa agar liburan nakanda menyenangkan .
    Wassalam.

  61. marelly(iie) Says:

    Assalamualaikum Nining Abas,
    Semoga sampai ngak aghi ini Nining maseh sehat wal afiat..
    Maaf ning, lame cucunda dek behusek kesini, kene gaian ye padat niat.
    Nining Riaye di Bandung? Insya Allah cucunda nak behusek ke humah nining. Ade niningku pule dikomplek Pindad bandung (nining san di bapangku..jeme Karang Raje-Tanjung Enim)
    Semoga Allah senantiase memberikan berkah dan rahmat bagi Nining dan keluarge besak Kertamuda.

    Wasalam

    Marelly
    Purwakarta


  62. 75.Untuk Marelly Purwakarta
    Alhamdulillah nining waktu ini sehat wal afiat, Silakan singgah dikediaman nining di Jln Sekejati II no 29 Tlp 7302343. Nining dide balik ke dusun, karena anak cucu ye kan datang ke Bandung. Terlebih dahulu nining uca[pkan Selamat Idul Fitri 1429 H.
    Kepada Segenap pengunjung Blog ini kami sekeluarga besar mengucapkan taqobballahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum dan mohon maaf lahir dan bathin.
    Dari keluarga H.Abbas AH Kertamuda.
    Jln Sekejati II no 29,Bandung. Tlpn 022-7302343. HP 08121461036.

  63. hengki Says:

    assala mualaikum,tuape kabar nining??minal aidzin wal faidzin,mohon maaf lahir dan batin.maaf ning akuni empai saje nemuka website nining ni….name aku ni HENGKI ERIFIANTO aku ni jeme lahat pule tepate di dusun TANDA RAJA kec KIKIM TIMUR.huma jeme tuwe aku di depan stasiun BUNGAMAS….aku ni dang merantau ke batam.buleh dide aku ngikut di blok nineng ni???kalu ade yang kenalan ngahi aku kirim bae email >>anak_kancil1nc4h@yahoo.co.uk
    kalu ade jeme lahat yang di batam,yang nak kenal ngahi aku.kite buka pekumpulan jeme lahat…..cocok dide neng……..


  64. 76.Untuk Cucunda Henki di Batam.
    Selamat datang dan selamat bergabung di blog ini, same-same Selamat Idul Fitri 1 syawal 1429 H. Halo Sanak sedulur, silakan saling berkomunikasi antare sesame kite dibawa ini ade beberapa name dan alamat yang bisa dihubungi.
    1. Rustan Anani Ahmad. HP 081391050325. Alamat Email abu.taufiq@yahoo.com Tinggal di Yogyakarta. Asal dari Lahat.Pasar bawah ilir Lahat..
    2. tony_to_ny@yahoo.co.id), tinggal di Jakarta. Asal dari Tanjungsakti Lahat.
    3.ADI dengan kode : “Adigumay 01 @g mail. Adi ini adalah generasi Muda Gumay.
    4.Ahmad Bastoni di Riau, berasal dari desa Arahan Muara Puntang Kecamatan Merapi Timur Lahat. HP-Nye No 081365509271. tinggal di Riau daratan.
    5.Marthin jeme Muare Danau, Kota Agung Lahat. tinggal di Kota Mpek-mpek Palembang hp /Tlp. 0711 7732796.
    6.Patra dari dusun Gunung Raya Tanjung sakti, Lahat.Email andesgurtas79_tasti@yahoo.co.id, dan HP no085669277168.
    7.Hengki, dari dusun Tanjung Raje Kikim Timur, sedang merantau di Batam. email >>anak_kancil1nc4h@yahoo.co
    Sanak sedulur dari Kabupaten lahat yang sedang berada di Batam dan sekitarnya silakan mengadakan pertemuan untuk mempererat silaturahmi sesame dirantau.
    Wassalam

  65. marelly Says:

    Assalamualaikum Nining Abas,
    Minta maaf kene kemahi dek pacak behusek, endung ngak bapangku datang san di lahat, aghi ni behangkat ke solo. Kemahi cucung sempatka nelpon nining, endung ku ternyata dulu bekas murid nining (namenye Nelly Ama) kemahi la ngobrol ngak nining. Waktu aku becerite ngak jeme tue aku, die langsung ngumong, bahwa die keruan ngak nining, dan adeng nining (Fatimah) kance endungku.
    Insya Allah lain waktu cucunda sempatkan behusek ke humah nining.

    Wasalam

    marelly/iie

  66. Achmad Bastoni Muare Puntang Says:

    Assalammullaikum Wr. Wb.

    Maaf Nieng cucoung de’ sempat nak ngumung2 nga ninieng di blog ni selame bulan puase nga riaye ni.
    Sebab cucuong terlalu sibuk dengan gawian selame due bulan ni, dari persiapan menyambut puase dan menyambut takbir dan open house di ghumah pak Bupati di mane bada cucoung begawi ma’ini aghi,cucoung begawi di Sekretariat di Kuantansingingi ini. Jangan kan nak baliek ke dusun laman ( Lahat ) bekumpul nga keluarge saje dek ta’u waktu itu.
    jadi Nieng lebih ilouk telambat sedikit dari pade di’de same sekali ye Nieng, Cucoung sekeluarge di Riau mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

    Wassallammuallaikum Wr. Wb.


  67. 77.Untuk Marelly di Purwakarta.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Alhamdulillah nining sempat berbincang-bincang dengan salah seorang murid nining di PGA/SMP dulu yaitu Nelly, aku agak tebayang sedikit wajahnye, ye lah lebih 30 tahun dide betemu. Memang die tu tahu ngan adingku Fatimah , ye mbak ini ahi ngajar di SD Lahat. Selamat bekerja dan dilain waktu kalu ade kesempatan dan waktu behusik ke Bandung.
    Wassalam.

    78.Untuk cucoung Ahmad Bastuni di Kuantansingingi Riau.
    Terime kasih , nining juge mohon maaf lahir bathin. Alhamdulillah cucung lah begawi di Kantor Bupati Kuantan, rajin-rajin begawi, jaga kejujuran dan tingkatkan keterampilan serta jangan ceriwite kance begawi dan loyal kepada atasan sepanjang seusai dengan aturan.itulah modal untuk maju. Selamat bertugas sampai dilain kesempatan.
    Wassalam.

  68. yuli said Says:

    Assalamu’alaikum.
    Neng,ini aku yulli yang nelpon neneng dr jakarta.aku seneng nian bace blognye neneng,ase kompol didusun saje.walau aku dide lahir dan dide tinggal di lahat,tapi aku ngerase jeme lahat.ame dulu aku hapat balek ke dusun ndung bapang di sukaratu lahat.Bapangku Said anak Nenek Lani,Ndung ku Hasina anak Abdul Hamid/Neneng Hap.Nengnini nmr telpon ku 021-71555108


  69. Untuk Yulli Said di Jakarta.
    Assalamu’alaikum Wr.W,
    Terimakasih yulli lah nelpon nining dan lah mbace blog ini, aku pacak badah kamu galak balik di Sukaratu , karena aku sering kesitu.
    Selamat bekerja semoga sukses selalu.
    Wassalam.


  70. Untuk Yulli Said di Jakarta.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terime kasih lah nelpon nining dan lah nginjuk tanggapan atas blog nining semoga Yulli selalu sukses dalam pekerjaannya. Sampai lain waktu.
    Wassalam.

  71. dika Says:

    nek, aku dika lahir di muara enim, ibuku asli lahat dan ayahku asli pagar alam desa pajar bulan,,
    sekarang aku tinggal di bandung ikut ayah karena ayah di tugaskan di bandung.. aku tinggal di lahat sampai umurku 3 th.
    nek aku mau nanya soal mitos buah linggo di desa saung naga,,dan buah itu dak boleh di makan sm kluargaku katanya puyangku dulu berasal dari buah linggo itu, bener dak nek??
    klo bisa tolong critain ya nek..
    terima kasih


  72. 80.Untuk Dika di Bandung..
    Selamat datang di blog ini dan terimekasih lah begabung ngan kami. Tentang buah linggo nining kurang tau asal usulnye dik boleh dimakan, karene di badah kami kecamatan Merapi khususnye marge puntang suku merapi dide katik larangan makan buah linggou tersebut. Aku kerap makan buah langgou waktu aku masih gi kecik. Memang ade larangan bagi ye ade ilmu kebal jangan makan buah itu karena kalau kite makannye tawawlah ilmu kebal kite itu, itu cerite jeme tue-tue dulu.
    Barangkali ade ye pacak ngan riwayat buah liggou itu , silakan untuk menjelaskannye dalam blog ini. Khususnye sanak sedulur kite ye berasal dari daerah kikim, appe lagi ye berasala dari Saung Nage. Berikut ini kesebutkan jeme-jeme kikim ye ade di Banung, mungkin die pacak ngan cerite itu.
    1.H.Achmad Bachsin, Jalan Pasir Jaya IX/2 Pasir luyu bandung, tlp 022-5203078. 2.H.Achmad Marzuki, Drs Jln Sukarajin I Gang Sukadamai 9 Bandung. Tlp 7201677. 3.H.Anis Fahrudin Jln Pratista BaratA no 86 Antapani, bandung. Tlp.7272061. 4.H.M.Sui Abib jln Saturnus Utara XVII – no 7 Margahayu raya Bandung. Tlp no7505714. Barangkali dengan 4 name beken ini dipastikkan die mengetahui dengan baik riwayat atau mitos buah Linggou tersebut.
    Wassalam.

  73. yongki yuwono Says:

    assalamualaikum,nemukah blog ini seghase badan di lahat..aku jeme lahat asli empok ujung nameku yuwono. bapangku ( Mochtar bin siamun(Alm)jeme kikim dusun tanjung alam. endungku (Siti aminah) jeme ds Kebur. maaf kudai sebelumnye aku harus manggil be mamang atau wak ? ilok e mungkin be mamang kudai..
    mang…H.M Sui Abib itu yang dulu begawe di kantor P&K Lahat ame dek salah masih sanak kami…anye usurannye aku dek ngerti nian.. ame nyelah aku manggilnye mamang. aku mak ini tinggal di jakarta..biniku jeme bandung..jadi ghapat ke bandung..terime kasih nian, mamang mbuat blog ini jadi kami yang mude mude ini pacak besilahturahmi sesame jeme kite di rantau dan kami yang mude mude juge pacak betanye banyak tentang asal muasal kami…itu kudai mang..wassalam


  74. 81.Untuk Yongki Yuwono di Jakarta.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimekasih lah begabung ngan kami di Blog ini, mudah-mudahan ade informasi ye pacak dimanfaatkan dalam blog ini. Benau H.M.Sui Abib itu dulu begawi di kantor P & K Lahat , untuk mengembangkan karier diri dan anak-anak die pindah ke Bandung ini. Alamatnye seperti tertulis sebelumnye dan ade no tlp ye pacak dihubungi. Selamat begabung dan sukses selalu dalam tugas dan pekerjaan.
    Wassalam.

  75. anton Says:

    Ada yang bisa jelaskan silsilah Sandarangin tidak ?Saya keturunan Sandarangin tapi tidak paham sama sekali silsilah kami.


  76. Untuk sdr Anton.
    Saya sendiri tidak paham dengan silsilah Sandarangin. Siulakan bagi kawan-kawan yang tau dengan sildsililah Sandarangin untuk menjelaskannya bagi saudara kita Anton.
    Wassalam.

  77. Khairudin Says:

    Asalamualaykum Wak?
    Aku nak ngenalka dighi.
    Name ku Khairudin (Rudin) Lahir di Ds.Tl.Tengah-Kec.Kikim-Kab.Lahat.SUMSEL.
    Dulu sekolah SMP di SMPN1 Bungamas, SMEAN di Lahat tamat taun 1994, maini begawe di perusahaan Migas didaerah Riau. Alamat Email “kersiu73@rocketmail.com”. terime kasih ya wak……kebile kina aku becerite lagi nga kance2 disini


  78. Untuk nakanda Khairudin di Riau.
    Terimakasih lah begabung di blog ini, mudah-mudahan ade kance kaban ye mbace blog ini dan menghubungi kaban.
    Selamat bertugas.
    Wassalam.

  79. Khairudin Says:

    Asalamualikum wak, tape kabar keluarge kite disini.Harapa kami sehat2 bae & mase smangat. Salam sukses nga kance2 dimane bae bada/yang sempat mbace bloc ini salam.

    Putra Kikim Barat Lahat.
    KHAIRUDIN (Rudin)
    Di Lirik – Riau.

  80. Khairudin Says:

    Ma’af Kelupean. Aku naklbetanye. lukmane care masuka FHOTO Kite di Block ini? Terima kasih ya wak. Wassalam


  81. 82.Untuk Khairudin di Lirik Riau.
    Alhamdulillah saat ini sehat wal afiat, semoga kalian di Riaupun lebih dari itu.Khusus mengenai care masukkan fotoke blog ini, aku hubungkan ngan ahlinya yaitu :Fitriansyah Kertamuda di Jakarta. Yan. Tolong beritahu caranya untuk memasukkan foto ke blog ini.Bapak dik tau. Wassalam

  82. Rustan Anani Ahmad Says:

    Assalamu’alaikum …..
    Betemu lagi nggak aku lewat blok ini.
    Tuape kabar Mamang Abbas? Juge Ahmad Bastoni di Riau. Semuge sehat gale dan selalu istiqomah.
    Demikian pule untuk kance-kance yang lain.
    Untuk Adi Gumay; Tuape kabar? Katenye ndak betemu nggak aku? Kutunggu-tunggu terus lo. Tugas akhirnye lak udim belum? Kalu belum, cepat selesaikah.
    Itu saje dari aku. Semoga kite selalu dalam lindungan Allah SWT.

  83. Achmad Bastoni Says:

    Assallammuallaikum Wr.Wb.
    Selamat Berjumpe Kembali, buat Adisanak,Kelawai, Mamak2, dan Ibung2 sandi Bumi Sriwijaya Khusus nye bumi Seganti Setungguan,yang selalu setie begabung di Blog Ninieng H.Abas Kite ni.
    Di Blog ini aku tebace ade name Yongki Yuwono, bukan kah Yongki ini pernah sekolah di SDN no.13 Lahat di Talang Jawe bepara’an dengan SDN No.3 Lahat……?
    Aku Achmad Bastoni, kalau memang benar kita pernah satu gudep di ke Pramukaan di Lahat dulu.Ini kudai sandi dighiaku di Riau, salam buat Nenenda H.Abas sekeluarge dan Adunsanak yang ghapat begabung di sini.
    Wassallammuallaikum Wr. Wb.

  84. Rustan Says:

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Alhamdulillah kite betmu lagi di blok ini.
    Mengenai pertanyaan Dika di Bandung, tentang dik boleh makan buah linggo, memang ade pernah kudengae. Anye, menurutku, mungkin itu tergantung pada diri kite ndak percaye ape dide. Tapi, sebagai jeme beagame Islam, mungkin lebih baik kite renungkah, apekah larangan seperti itu logis/masuk akal ape dide. Aku juge pernah diberi jimat-jimat oleh jeme tetue di dusun ketika akan merantau ke Jogja. Katenye supaye dide diganggu jeme. Juge jimat tersebut jangan sampai lengit/hilang atau rusak karene akan menimbulkan balak. Anye aku akhirnye memutuskan untuk memusnahkan jimat tersebut. Dengan membace Bismillah …, jimat yang wadahnye botol kecil itu kubanting sampai pecah. Ternyate dide terjadi ape2 denganku sampai kini. Namun, untuk menghormati jeme tue kite, kalu dinasihati jangan makan linggo, jawab saje “ya”, supaye die dide tersinggung. Setelah itu, mau makan atau tidak, itu terserah kite. Tapi kalu aku rasenye kurang percaye dengan hal itu. Karene, semua manusie asalnye dari Nabi Addam dan Siti Hawa. Maaf nian untuk tulisan ini, bukan berarti aku sombong, sok menasihati. Kite tetap hormati sejarah nenek moyang kite, tapi kite juge harus tetap menjage aqidah Islam kite. Sekali lagi maaf nian untuk semuanye kalu pendapatku ini kurang berkenan.

  85. Khairudin Says:

    kalu dilarang makan linggo alngka rugie, masalahnye kalu linggo benio/santan gulai makan lemak benae. ha ha ha

  86. hermin syahri Says:

    kalu nak betemu lagi ngaghi kance2 lame, begabunglah di milis jeme kite. ini alamate :

    http://groups.yahoo.com/group/warga_lahat

    salam

  87. yongki yuwono Says:

    assalamualaikum. mang tuape kabar… mudah2an sehat waalfiat…lah lame dek bekunjung ke sini…mang bulan kemaghi aku cuti ke lahat allhamdulilah..bada kite pecaknye betambah makmur….
    ndek ahmad bastoni nyelah aku sak di SD 13 Lahat…au aku masih tenghingat …tuape kabar…? ini alamat Email aku yongkiyuwono@yahoo.co.id mangke pacak besilahturahmi agi


  88. Untuk nakanda Yongki,
    Selamat datang di pondok mamang
    . Alhamdulillah kami sehat walafiat. Akupun empai balik bulan Januari lalu sisa di Pagaralam, lahat dan tahun baru di Palembangg.
    Semoga sukses selalu.
    Wassalam.

  89. Nyimas Leni Says:

    Ass, Saya Nyimas Leni Putri dari Masayu Zubaidah Adik dari HJ Masayu Bahya,klo ada informasi tentang perkumpulan gumay beritahu, saya skrng tinggal di Bogor masih famili dng Tamrin koni desaku di Lubuk Sepang Lahat rumah kami diatas,kite jeme lahat harus tau silsilah puyang kite, mks.

  90. mario Says:

    aku maryoto sandi lahat tamat stmn lahat thn 90 jur.TPl.kalu Ahmad Bastoni kanceku dulu dari jur.listrik tlg hubungi aku.aku dang di lahat tp pertengahan bulan ini aku mgk ke amrik lagi.
    salam sandi jeme lahat


  91. 19.Untuk Nyimas Leni,
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Selamat datang di Blog ini dan terimakasih telah mampir dipondok nining, Saran nining sebaiknya kalu ngenalkan diri agak lengkap datanya supaya sanak sedulur dapat mengenalnya lebih tepat. Umpamanya, lahir di mana , tempat tinggal, sekolah SD dimana atau SMP atau SMA disekolah apa, supaya kawan-kawan yang dulu pernah disekolah itu dapat dengan mudah dan pasti mengetahui, ooh itu kawan sekolahku dulu dsb.
    Selamat bergabung diblog ini.
    Wassalam.

    21.Untuk Nakanda Salikun Gumay.
    Assalamu’alaikum Wr.wb.
    Selamat bergabung di Blog ini dan selamat datang di pondong di pondok Wak. Kaban sisa di Gumay mane , Gumay Lembak. Gumay Ulu atau Gumay Talang?. Menurut dugaanku sisa di Gumay Talang. Silakan kawan-kawan dari gumay untuk saling berhubungan.
    Wassalam.

    23.Untuk Hendry Gumay.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Selamat datang nakanda Hedry Gumay dan selamat bergabung di Blog ini. Boleh manggil Nining karena umurku lah 73 tahun dan boleh pule manggil uwak. Silakan sanak sedulu dari Gumay untuk saling mengenalkan diri dan saling berkomunikasi. Terimakasih.
    Wassalam.
    25.Untuk Nyimas Leni’
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Lah banyak kawan-kawan dan sanak sedulur kite dari Gumay ye lah begabung di Blog ini, semoga ade yang nanggapi komentar dari Nyimas ini. Terimakasih.
    Wassalam/

    27.Untuk Nakanda Maryoto.
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Selamat datang di Blog ini dan terimakasih lah begabung dengan kami.
    Silakan Ahmad Bostoni untuk menanggapi informasi dari nakanda Maryoto.

  92. Achmad Bastoni Says:

    Assallammuallaikum Wr.Wb.
    Ialah To, aku ndak bisa pulang……….
    selamat berlayar kembali kenegeri paman Sam, kawan.
    Aku hanya dapat kirim do’a dari sini……
    Wassallammuallaikum Wr.Wb.

  93. delan Says:

    Assalamualaikum.
    perkenalkah name aku delan, jeme lahat asli.neneng aku jeme seberang, bapang dusun Banjar Negare, Endung Dusun Tanjung Payang.
    Sampai mak ini jeme tue masih di Lahat tinggal di Kapling, aku merantau di Jambi.
    Salam kenal gegalenye kundang sanak jeme kite.

  94. Angga Arnaldi Says:

    Haaloo kance-kance gale ak juge jeme lahat besak di lahat sekolah di lahat, ame makini ak di pulau dewata merantau, ak rindu nga dusunku lahat alhmdllah tiap tahun balek, bravo gale kandek jeme lahat

  95. delan Says:

    Untuk Yuk Mareli..
    dek sengaje kite same-same betemu di blog nining Abas ini, kubace ade komentar atas name Mareli dan untungnye isinya ade pule Name Nek ucun (Ama) itulah Name nining Lanang kite.
    Nining Abas terimekasih semoga blog ini tambah banyak diisi oleh jeme kite lahat.wassalam…

  96. Rudy Gumay Says:

    Assalamu’alaikum.Wr.Wb

    Tuape kabar mang abas, lukmane lah balek dari umroh sak di mekah.Aku Rudy Gumay jeme gumay lembak dusun talang sawah yang dulu sms mamang, aku liwat email ini, aku kinta jelaska behape banyka susun gumay yang ade di tige magra gumay itu, tolong di balas ke email aku rudygumay@yahoo.co.id


  97. Untuk Rudy Gumay.
    Alhamdulillah kamipegi balik Ziarah ke tanah suci, sehat dan dide ade halangan.
    Sulit membayangkan kepuasan batin dalam melaksanakan Umroh yang merupakn perjalan rohani itu. Berbeda kalau kite Tour ke Jepang, Korea, Hawai dll. Ade kepuasan tersendiri, menyaksikan keagungan ciptaan Allah di Tanah Haram. serta mengambil manfaat yang besar dari karunia Allah yang dilimpahkan ditanah haram tersebut. Satu kali sholat Maghrib di Masjidil Haram dinilai pahanya sama dengan 273 tahun sholat di Masjid di badah kite. Kite duduk-dudk saje di Masjidil haram memandang Ka’bah mendapat 20 rahmat dari Allah. Itulah antare lain kelebihannye.
    Semoga Rudy tergerak hatinya untuk Ziarah ke Baitullah al Haram ini.
    Wassalam.

  98. Hendry Arahan Says:

    Assalamu’alaikum, WW
    Nenenda yang terhormat, semoga nenenda dan keluarge di Bandung sihat dan dalam lindungan Allah, SWT.
    Dang ngawinkan ading aku Nisma Binti H.Supawi Ma’in di Masjid Taqwa di dusun ahahan, aku mehase bangga dan senang ati kene di depan mesjid la ade perpustakaan, ku dengau Wak Bidawi yang mempelopori pembangunannye, cuma ku kinak buku yang ade masih dikit nian, untuk segale jeme ahahan dirantau dan dimanepun betepik, tolong kina’i dusun kite, ame ke balik bawe la buku-buku kendik kite sumbangkan ke perpustakaan di depan mesjid tu, mangke jeme yang ade didusun pacak mbacenye, dan saran juge nga kapoh nining, wak, mamang, kakang, kelawai, muanai, ading-ading yang la behasil nulislah yang membuat motivasi generasi mude kite didusun untuk rajin belajau dan ade semangat untuk behasil lulok tetue kite dulu. Dan kalu ade saran atau ide-ide mangke dusun kite lebih alap dan ilok silakan disampaikan dan kite diskusikan di Blog Nenenda Abbas ni.
    Akhirnye salam hormat dan salam sayang ku untuk segale jeme ahahan dimanekina betepik.
    CP. hendry_arahan@yahoo.com

    Wassalam


  99. Untuk Hendry.
    Bagus saran kaban, semoga himbawan ini akan mendapat sambutan dari para perantau dari dusun Arahan. Selamat bertugas.
    Wassala.

  100. adilahat Says:

    mampir kuday…
    adi jeme lahat pule
    lam knal


  101. Untuk Adi, jeme lahat.
    Silakan adi singgah di dangau nining, ame nak minum ngambik diwik dilabu tegantung. Ade pule pisang hebus ditungku. nak ngguling ade bantal dipagu dangau. Jeme mane kaban?.

    1. adilahat Says:

      amen bapang jeme Bali, amun endung jeme LAhat, nineng jeme Pagar Gunung…


  102. Untuk Rudy Gumay.
    Kalu kaba ingin menambah penjelesan tentang Gumay, mbak ini lah tersedie “Website Gumay”
    [WWW .GUMAY ONLINE . COM]. silakan membandingkan dengan konsep ye ade ngan kawan-kawan.
    Terime kasih.


  103. Untuk Adi jeme Lahat.
    Lah lengkap kabantu, jeme lahat, jeme Bali, jeme Pagun. Biasenye ame blasteran pintar dan banyak akal, mudah-mudahan demikian.
    Selamat selalu dan semoga sukses.

  104. rian Says:

    doain saje cuii ax pacak majukah kota lahat dari oplos band


  105. Mudah-mudahan kota Lahat terus berkembang dan maju dan generasi muda penuh inisiatif dan gagasan yang mengaumkan. Brapo Lahat.

  106. agus pagun Says:

    ai jeme kite, aq agus, aq tgl d jkt ujung mneng skrg… q ribang benae pacak nginak jeme2 betukiskah pkai bhase dusun gale ceh… q dri lesung batu, pagunnnn … yg knl q jeme lsg bau, slm bwt nining lanang n beine yahhh…. q dide blk thn ini… slm pule nde knce2 sd yg lah lame dide btemu. dlu nmenye sdn 12, grunye satirin dkk… i love u all…. i love my village…


  107. Sdr Agus jeme Pagun di Bewtawi.
    Selamat begabung di blog ini,mudah2an tehase balik kedusun. Jadi kabantu jeme lesung batu, lah lam dide balak ke pagun, lanjui kampung laman ye mbesakkan kite.
    Wassalam.

  108. Salman Alfarisi Kertamuda Says:

    Assalamu’alaikum,
    Yai,minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir bathin..maaf yai kalo aku cuma bisa tulis comment aja gak bisa ketemu langsung karna waktu dan tempat yang gak memungkinkan. lebaran ini aku pulang ke lahat jadi gak bisa ke bandung,alhamdulillah keluarga di lahat sehat semua…

  109. Salman Alfarisi Kertamuda Says:

    oh iya untuk yang ngebaca, saya anak dari Kafrawi H.M. Kertamuda…salam kenal


  110. Salman , selamat brgabung di Balog ini. dan salam kami untuk Salaman dan pacarnya.
    Wassalamu ‘alaikum Wr.wb.
    Yai.

  111. yayang Says:

    ass, aku jeme lahat asli, aku minta tolong keremi aku lagu lahat UMAK OI UMAK untuk tugas sekolah aku yo, tolong kiremi ke nomor 085838162651.
    Tlong yo


  112. Silakan bantu sanak kite ye minta dikihimi lagu lahat, “Umak Oi Umak”.ame aku dide hafal nian. Silakan ye pacak kihimi. Terimakasih.
    Wassalam,

  113. Achmad Bastoni Says:

    Ass.Wr,Wb
    Maaf dieng Yayang, lagu nyetu umak oi…umak ape mamak oi…mamak ( mamak = “mamang kance Iboung” ujie jeme di kalegh, kite ma’ini aghie = mamang atau Oom je jeme kota ).itu dek yayang, teghingat dikit lirik nye tu ame dek salah ” Didusoun ditinggal kundang…di rantau ampe melayang…..dst.
    Wass.Wr.Wb.

  114. juli herwansyah Says:

    assalamualaikum neng…
    tuape kbr neng,sihat2 saje? td aku tebace dgn dg dialog2 nining dg jeme2 kite lahat lainye,
    nanggapi ferry hidayat(comment no.13)yg pernah tinggal di sorong papua,pak faisal riva’i kepala dok pertamina itu jeme manggul lahat,kakang kandungnye bupati lahat ma’ini yaitu pak wari riva’i…

    1. juli herwansyah Says:

      aku pribadi mehase bangga dgn nining abbas ni,sumber ispirasi buat kami jeme mude penerus generasi lahat buat lebih semangat lg berjuang dan berusaha menggapai kesuksesan. Semoga Allah SWT selalu menyertai nining & keluarge besak,Amin.
      Wassalammualaikum …

  115. juli herwansyah Says:

    secare pribadi aku mehase bangga dg nining abbas,yg berhasil dalam karir di instansi krja,jd sumber inspirasi bagi kami jeme mude generasi penerus lahat utk lebih bersemangat l;g dlm berusaha menggapai kesuksesan. Semoga Allah SWT selalu bersame nining & keluarge besak,Amin.
    Wassalammu’alaikum …

  116. Armansyah Says:

    kepada Yth, Mamanda Abas Kertamuda.
    aku asli jeme Arahan,nama ayahku azoli abas Ibuku Sukirah sekarang beliau berdua bermukim di Arahan, Aku sekarang bekerja di BMKG Bandara Radin Inten II tanjungkarang,Aku Ingin sekali tahu banyak tentang sejarah orang Merapi khususnya Arahan, apakah benar orang merapi/arahan masih satu keturunan dengan orang Gumai ? demikianlah pertanyaan dari ananda,salam hormat buat mamanda Abas..


  117. Untuk Nakanda Armansyah.
    Terime kasih lah begabung di Bloq nining, sepengetahuanku jeme Arahan bukan seketurunan dengan dengan jeme gumay. Kite keturunan tersendiri, bukan jeme gumay dan bukan jeme besemah.kita termasuk kelompok jeme lematang.
    Wassalam.

  118. joni erwansah Says:

    Nameku JONI ERWANSAH aku asli jeme lahat.dusun suka marg( paye stasiun),merapi anak muhamad nur ,mak ini aku di jakarta tapi masih hapat balik ke dusun dgn ade situs ini tambah tehingat ga dusun. aku sma ypbi 10 angk92.


  119. Nakanda Joni Erwansah, jeme paye Suke cinte. Selamat bergabung di Bloq ini, Tuaape penggawian kaban di Jakarta ape masih sekolah?.
    Mudah-mudahan nakanda sukses selalu.
    Wassalam.

  120. aap Says:

    Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

    Sebelumnya perkenalkan nama saya Abdullah Shaleh Dian Nasehat Musabbina biasa dipanggil aap. Dari keterangan yang saya baco (lemaknyo panggil apo yo? untuk sementaro bapak be yo, tapi agak canggung kareno lebih tuo dari kakek saya, hehe) bapak adalah teman kakek saya (saya biasa panggil beliau nenek cik) Saleh Bina.

    Saya bersyukur bisa menemukan blog ini (gara-gara cari “biografi” kakek saya), sehingga bisa bersilaturahmi dengan bapak dan saudara-saudara sekalian disini.

    Seperti yang disindir ditulisan dan komentar dari bapak, ya sebagai kaula muda, saya juga masih menggebu-gebu dalam “mencari” jati diri, memperbanyak pengetahuan dan pengalaman, sebenarnya saya pengen banyak belajar dari pengalaman kakek saya itu, karena dengan banyaknya pengalaman yang beliau peroleh dari masa perjuangan sebagai mahasiswa, partai politik, akademis, pemerintahan, sampai pada pimpinan wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan, namun apa mau dikata, ALLAH telah memanggil beliau pada tanggal 28 Mei 2009 sewaktu saya masih dalam bangku kuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

    Sungguh merupakan suatu kehormatan bagi saya jikalau dapat bersilahturahmi serta menimba ilmu dan pengalaman dengan bapak dan saudara-saudara sekalian.

    Mohon maaf kalau saya tidak membaca info di blog ini, jikalau diperkenankan, bapak sekarang tinggal di Bandung ya, alamatnya dimana pak? kalo memang jodoh, ketika saya bermain ke bandung, InsyaALLAH saya mampir untuk bersilaturahmi.

    Buat saudara-saudaraku yang ingin bersilaturahmi, ini kontak saya:

    fb: facebook.com/aapdnm
    tw: twitter.com/aapdnm
    ym: aap_dnm
    hp : 085740012567


    1. Untuk Cucunda Aap,
      Kakekmu itu Saleh Bina adalah kawan akrab neneng baik dilahat maupun dipalembang..
      Sering Kami jalan bersama sama mengikuti bupati Lahat kepolosok sekitar tahun 70-an begitu juga waktu dipalembang kami saling kunjung mengunjungi dan bersama sama mendiskusikan masalah keagamaan..
      Kalau ingin tau lebih lanjut tentang hubungan kami berdua tanyakan saja kepada istri kakekmu Saleh Bina Orang Wonosobo.

      Alamat Nenek Dibandung.
      Jalan Sekejati II No 29 Bandung 40284
      Tel 022 7302343

  121. kriting.susi Says:

    mamang aja turu bae delengan kabare keluargae mamang kang ning pelangon bokat lagi kesusahan mikiri mamang .bokat mamang wis due rabi kabar nang beritae ka by donita panga tika to mamang kriting


    1. Untuk Kriting.susi
      Terima kasih telah mampir di blog kami

  122. ANGGIA MURNI Says:

    Ass. Bpk.H. Abbas. Mohon informasinye kance2 di Blog ini kalu ade ndek kruan dek bradek sanak famili kami sandi pughuk Merapi & sekitarnye. Bapangku jeme Gunung Liwat Pagaralam, ame ndungku NURHANAWATI (Almh)anak HUD SOLEH (Sirah Pulau) dengan BAKIAM (Gunung Kembang).Salah satu nining puyangku namenye DUANCE, ame sanak famili ndek lain dide faham nian, soale kami deng berading lahir dan besak di Pagaralam. Tolong nian ame ade ndek kruan. Aku anak tue, jadi ingin ngeruankah sape nian dek bradek sandi sebelah ndung ku.


    1. Untuk Nakanda Angia Murni,
      Terima kasih sudah mampir di blog kami.
      Aku nie besak dirantau, jadi dide keruan lagi,
      sebaiknya nakanda sesekali pegi ke sirah pulau, PASTI jeme sane tau dek beradek ndung kabantu

  123. Marthin Says:

    assalamu alaikum ning, la lame nian aku dide ngikuti blog neneng nih, aku marthin kemahi, jeme mardanau, ketagung, ( no. 40 ) nak ngasih tau dikit mak ini aghi aku la tinggal di sekayu ( muba ) la 2 tahun, kalo pacak ngusul ning, lokmane kalo sanak/ dulur nih buatka grup di facebook, mangke kite yang ade di blog ini pacak jadi member di grup nining kite nih, selain silaturahmi pacak tambah ilok, sesame kite pacak pule saling ngina’i dai2 kite nggak info/biodata kite, mangke pacak saling hubungi/kontak….

    itu saje ning
    wasalamu alaikum wr wb

  124. ernita three shu santy Says:

    as..
    warga lahat,salam kenal denganku..
    saat ini q tinggal medan sedang meneruskan kuliah. kalau orang tua di aceh tenggara,NAD.
    saya tahu tentang lahat dari mama dan papa. begitu indahnya lahat jdan sekitarnya. q penasaran ingin kesana.
    mama asli dari :
    Dusun : Muara Tiga/ Padang Masat
    Kec : Kota Agung
    Kab : lahat

    pi,syangya mama dan keluarga tidak pernah kesana lagi..
    sudah 19 tahun..

    keluarga mama semua berada disana..
    q belum pernah bertemu mereka,
    apalagi,q ingin sekali bertemu kakek tercinta..
    q ingin dipeluk kakek,..
    q ingin punya kakek sperti cucu yang lainnya..

    walau q tidak pernah bertemu kakek dan keluarga,,
    q tahu mreka sangat merindukan kami..

    q ingin,spa yang tahu alamat di atas..
    tolong beritahu kakek dan keluarga disana y..
    kalau kami baik-baik saja..

    mama bilang..
    kakek namanya : Bpk.Tamrin
    dan Salah satu paman : Bpk.Herham

    siapa yang mengenal nama dan alamat diatas..
    tolong beritahu saya ya!
    aku kangen mreka!
    aku ingin bertemu mreka…
    salam kangenku buat keluarga..
    ummachhhhhhhhhhhh…..

    no Hp q : 081362578265
    088260045342
    atau email q y : meymeynaga@yahoo.com

    Trimaksih semua!!!


  125. Cheapest Kasper Suits…

    [...]these are some web page links to internet sites I always connect to for the fact we believe there’re well worth browsing[...]…

  126. repeiandi Says:

    mang Abdul Roni, uan aku, di la meninggal dunia


  127. Aku pule keturunan sandi,gunung kerte kikim lahat,cucong Pangeran H.Muhammad Ali,Pasirah saat dizaman belanda.Hp.0821883393488.


  128. ralat diatas no.hp.082183393488.wslm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.